Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Tiba-tiba Pendiam? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 17/01/2021, 08:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya seperti manusia, kucing juga memiliki kepribadiannya masing-masing ada yang lebih ramah daripada yang lain, ada yang lebih pendiam, ada yang lincah.

Namun, yang dikhawatirkan adalah ketika ada kucing yang biasanya mudah bersosialisasi tiba-tiba menjadi lebih pendiam. Jika kucing Anda tiba-tiba seperti ini, ada beberapa alasan salah satunya adalah kucing sedang dalam keadaan sedih atau depresi.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (17/1/2021), dalam kebanyakan kasus, pemilik kucing tidak mengetahui mengapa kucing mereka sedih atau depresi.

 

Baca juga: Benarkah Insting Kucing Bisa Prediksi Datangnya Gempa Bumi?

Akan tetapi, dengan memerhatikan beberapa tanda, Anda dapat lebih bisa mengidentifikasikan penyebab kucing depresi.

Tanda-tanda kucing depresi

Jika kucing mengalami depresi, petunjuk yang paling terlihat adalah kucing mengeong lebih atau kurang dari biasanya. Hal ini merupakan indikasi yang sangat jelas bahwa kucing mungkin sedang tidak bahagia.

Suara-suara yang tidak menyenangkan ini biasanya terdengar melengking dengan nada sedih. Kucing lain yang biasanya bersuara bisa jadi pendiam, sedangkan kucing pendiam bisa mengeraskan volume.

Terkadang bahasa tubuh kucing Anda dapat memberi petunjuk tentang ketidakbahagiaan mereka dan ada banyak posisi mata, telinga, bulu, dan tubuh yang dapat menunjukkan hal ini.

Baca juga: Telinga Kucing Kotor? Begini Cara Membersihkannya

Telinga tertahan, ekor terselip, bulu berdiri tegak, dan tanda tubuh lainnya adalah bentuk komunikasi diam yang mungkin membuat kucing Anda sedih.

Lebih agresif

Kucing yang sedih cenderung lebih reaktif dan bertingkah laku dengan agresif atau ketakutan. Jika Anda melihat perubahan perilaku yang membuat kucing Anda ketakutan atau agresif secara tidak normal, ia mungkin sedih.

Selain itu, tanda-tanda kucing sedih mungkin kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya melibatkannya, menjadi tertutup, dan bersembunyi.

Kucing yang lebih pendiam bisa menjadi lengket atau menuntut dan ketakutan terhadap orang asing yang tampaknya dimiliki oleh semua kucing bisa meningkat saat kucing bersedih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com