Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2020, 15:39 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pawculture

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pada akhirnya kamu tertarik untuk menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan sebagai teman di rumah, maka ketahuilah segala sesuatu yang diperlukan.

Sebab, kamu tidak bisa asal memasukkan kucing ke rumahmu dan menjadikannya hewan peliharaan begitu saja.

Ada beberapa langkah penting yang harus dipersiapkan saat ingin memelihara kucing untuk pertama kali.

Baca juga: 7 Tips Aman Pelihara Anjing dan Kucing di Rumah

Berikut 6 tips penting untukmu yang baru pertama kali ingin memelihara kucing, dilansir dari Pawculture, Rabu (4/11/2020).

1. Lakukan riset

Memelihara kucing sama seperti berkencan dengan calon pasangan, ada yang cocok dan ada yang tidak cocok. Sebelum melihat kucing satu per satu, teliti kucing seperti apa yang mungkin paling cocok untuk rumahmu.

Jika kamu mengadopsi seekor kucing, bicaralah dengan staf penampungan yang merawat kucing. Cari tahu kucing mana yang santai, yang selalu siap bermain, maupun malas-malasan. Pilihlah mana yang sesuai dengan

2. Siapkan tempat kucing buang kotoran

Jika belum pernah memiliki kucing sebelumnya, kamu mungkin berasumsi bahwa kamu dapat membeli kotak pasir, meletakkannya di dekat kucing dan membiarkannya.

Baca juga: Kucing Sulit Buang Air Kecil? Hati-hati Gejala FLUTD

Hal yang demikian akan menjadi kesalahan. Meskipun kucing umumnya teman sekamar yang santai, mereka bisa pilih-pilih untuk urusan buang kotoran.

“Masalah terbanyak yang saya lihat pada kucing baru yang memasuki rumah cenderung berkisar pada kebiasaan buang air. Aturan praktisnya adalah satu kotak kotoran ekstra per jumlah kucing di rumah. Dan ketahuilah di mana kamu meletakkannya," kata Dr Belinda Parsons, dokter hewan di Australia.

Hindari area tinggi atau bising di rumah. Jika tempat buat membuang kotoran khusus mereka tidak tenang, kucing akan menemukan tempat yang lebih nyaman untuk urusan buang air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com