Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Bau Rokok pada Pakaian dan Karpet

Bau rokok juga bisa menempel pada sejumlah benda dan permukaan di rumah, seperti pakaian. Jika tidak segera dibersihkan, residu nikotin akan mulai menumpuk di pakaian seiring berjalannya waktu. 

Namun, menghilangkan bau rokok pada pakaian bisa sedikit sulit meski telah mencucinya.  

Ada beberapa metode mudah menggunakan perlengkapan rumah tangga biasa untuk menghilangkan bau rokok pada pakaian, tapi prosesnya bisa memakan waktu lama untuk mendapatkan kembali kesegarannya.

Jika pakaian diberi label hanya dry clean, ikuti langkah-langkah untuk mengangin-anginkan pakaian di luar atau di dalam ruangan.

Anda juga dapat menggunakan peralatan pembersih kering rumahan untuk menyegarkan kain atau membawa pakaian ke pembersih profesional.  

  • Keluarkan pakaian

Gantungkan pakaian yang terkena bau rokok di udara terbuka atau ruangan yang banyak tanaman hijau.

Gunakan kipas angin untuk menciptakan pergerakan udara. Lamanya waktu yang diperlukan untuk mengangin-anginkan pakaian bergantung pada seberapa jenuh pakaian tersebut dengan asap dan seberapa sensitif Anda terhadap baunya.

Lamanya waktu Anda mengudara pakaian bisa hanya beberapa jam hingga dua minggu. 

  • Bungkus pakaian 

Selanjutnya, cara menghilangkan bau rokok pada pakaian adalah membungkusnya. Jangan menyimpan pakaian yang berbau rokok menyengat tanpa membungkusnya.

Gunakan wadah tertutup untuk memerangkap bau dengan memasukkan pakaian ke wadah plastik tertutup atau kantong plastik kuat yang berisi sekotak baking soda. 

Seperti diketahui, baking soda ampuh menyerap bau. Biarkan wadah tertutup rapat selama sekitar satu minggu.  

  • Steam pakaian

Gantung pakaian di kamar mandi dan nyalakan air panas di shower untuk menghasilkan uap, kemudian diamkan pakaian di dalam uap selama 15-30 menit, dan keringkan.

Jika memiliki steamer pakaian portabel, gunakan untuk menghilangkan bau rokok dari pakaian, kain pelapis, dan karpet. 

Anda tetap perlu membersihkan pakaian (atau kain pelapis/karpet) untuk menghilangkan bau rokok sepenuhnya dari pakaian. 

Cara menghilangkan bau rokok pada pakaian dengan mencuci 

  • Rendam pakaian dalam baking soda dan larutan air

Untuk menghilangkan bau rokok, rendam pakaian yang bisa dicuci di wastafel atau mesin cuci berisi air hangat dan 236 mililiter baking soda sebelum dicuci. Biarkan merendam pakaian selama semalaman. 

  • Masukkan ke mesin cuci 

Setelah direndam, cuci pakaian sesuai petunjuk label perawatan pakaian menggunakan detergen tanpa pewangi.

Tambahkan 236 mililiter cuka putih suling ke dalam siklus pembilasan dan hentikan siklusnya. Biarkan cucian terendam selama satu jam dalam larutan cuka dan air sebelum menyelesaikan siklus pembilasan.

Jika pakaian harus dicuci dengan tangan, ikuti rutinitas biasa Anda, tetapi tambahkan cuka ke dalam air bilasan. 

Jika harus mengeringkan pakaian dengan pengering pakaian, gunakan pengaturan suhu rendah karena panas yang terlalu tinggi justru dapat menyebabkan sisa molekul bau menempel pada serat.

Sinar ultra violet dari sinar matahari akan membantu menghilangkan bau rokok dari pakaian. Namun, sinar matahari yang cerah dapat menyebabkan pewarna memudar, jadi gantungkan warna gelap di tempat teduh.

  • Gunakan pengharum kain

Terakhir, cara menghilangkan bau rokok pada pakaian adalah menggunakan pengharum kain. Jika bau asap rokok masih tertinggal pada pakaian, gunakan penyegar kain dengan formula beraroma atau tanpa pewangi untuk menutupi bau tersebut.

Beberapa formula atau semprotan dalam pencucian mengikat molekul bau. Semprotkan pakaian di luar ruangan dan biarkan terus mengudara.

Namun, hal itu bisa dilakukan jika paparan asapnya singkat. Berikut cara menghilangkan bau rokok dari karpet dan kain pelapis. 

1. Sesegera mungkin, kosongkan semua asbak dan buang ke kantong sampah.

2. Buka jendela sebanyak mungkin dan nyalakan kipas sirkulasi untuk membantu masuknya udara segar.

3. Tuangkan sedikit cuka putih sulingan murni ke dalam mangkuk atau cangkir kecil dan letakkan di ruangan yang terkena dampak.

4. Buang tirai, karpet kecil, bantal, dan selimut yang bisa dicuci dari ruangan ke dalam mesin cuci.

5. Taburkan baking soda kering pada karpet. Biarkan baking soda menempel di karpet selama sekitar satu jam, lalu sedot debu. Pastikan membuang kantong vakum atau mengosongkan cangkir vakum setelah membersihkan karpet. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/19/184700676/cara-menghilangkan-bau-rokok-pada-pakaian-dan-karpet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke