Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aturan Desain Kamar Tidur Kecil agar Tampak Lebih Besar

Ada beberapa cara membuat kamar tidur kecil tampak menarik serta nyaman. Aspek paling penting adalah mendesain sesuai kebutuhan Anda, menggunakan warna favorit, dan pencahayaan tepat, dan furnitur yang dipilih.  

Menciptakan aliran yang baik ini sangat penting untuk keseluruhan nuansa kamar tidur dan ini dapat dicapai dengan mengikuti aturan desain di bawah ini.

Aturan desain untuk kamar tidur kecil adalah titik awal sempurna untuk mengetahui cara memastikan ruangan terlihat seperti permata berharga.

Aturan desain untuk kamar tidur kecil lebih penting diikuti dibanding ruangan lainnya.

Nah, dilansir dari Ideal Homes, Sabtu (17/2/2024), berikut aturan desain kamar tidur kecil agar tampak lebih besar menurut para ahli desain. 

Faktanya, salah satu aturan desain favorit kami adalah ide cat kamar tidur kecil. Ini melibatkan memasangkan warna cat gelap di bagian bawah ruangan untuk memperkuat ruang dan menarik perhatian dengan warna lebih mudah. 

Patrick O'Donnell, duta merek Farrow & Ball—produsen cat dan wallpaper asal Inggris—menyarankan mempertimbangkan Railings yang selalu populer dengan warna biru halus untuk tampilan sedikit lebih lembut. 

Untuk pengalaman warna yang benar-benar mendalam, catlah kayu dengan warna yang sama, terutama jika kamar tidur kecil memiliki plafon cukup rendah karena ini akan membantu menonjolkan ketinggian ruangan. 

Kemudian gunakan warna lebih lanjut pada tempat tidur dan sentuhan pola untuk daya tarik ekstra. Keduanya akan mengalihkan perhatian mata dari dimensi ruangan sekaligus menjaganya tetap nyaman dan unik.  

Merampingkan hiasan jendela

Selanjutnya, aturan desain kamar tidur kecil agar tampak luas adalah merapikan hiasan jendela. Penting memastikan kamar tidur kecil terasa "ringan". 

Ketika berbicara tentang ide tirai kamar tidur,menggunakan tirai yang berat dapat memakan cukup banyak ruang secara visual.

Sebagai gantinya, pertimbangkan tirai, daun jendela, atau tirai pucat yang menyatu dengan skema kamar tidur. 

Rebecca Knight, Deputi Editor Digital Ideal Home, menjelaskan di kamar tidur kecil, Anda tentu tidak ingin menyita ruang yang tidak perlu dengan tirai berukuran besar. 

"Meski hal ini pasti akan menjadi sebuah pernyataan jika ingin kamar tidur kecil berfungsi, tetap gunakan tirai, penutup jendela, atau tirai tipis yang berukuran ramping," ujarnya. 

Anda tetap dapat membuat pernyataan dengan cetakan atau warna yang berani, tetapi tanpa mengorbankan ruang apa pun. 

Anda harus memilih barang-barang yang sesuai dengan ruangan dan memberi penyimpanan kunci tanpa mengorbankan ruangan yang dimiliki.

"Penting memanfaatkan setiap inci yang tersedia, terutama di kamar tidur," imbuh Jonathan Clark, Direktur Kreatif di Shelved.

Dengan menyimpan unit penyimpanan kamar tidur di satu dinding saja, Anda membebaskan ruang dinding tambahan untuk sandaran kepala besar, karya seni, dan furnitur kamar tidur lainnya.

Selain itu, unit penyimpanan dari lantai ke plafon dapat memungkinkan Anda menghemat ruang lantai yang berharga dengan menggunakan ruang vertikal. 

Hindari lampu besar 

Menghindari memakai lampu besar juga menjadi aturan kamar tidur kecil agar tampak lebih luas. Ini berarti tidak ada cahaya besar. 

Jo Plant, Kepala Desain di Pooky, mengatakan menciptakan suasana ideal di kamar tidur kecil melibatkan penataan pencahayaan secara strategis untuk menghadirkan harmoni kehangatan, kenyamanan, dan fungsi. 

"Ini sangat penting di kamar tidur karena Anda memerlukan kombinasi solusi tugas dan pencahayaan sekitar untuk bersantai, membaca, serta berpakaian."

Di dekat tempat tidur, pilih liontin kecil di atas meja samping tempat tidur sebagai alternatif yang menarik untuk lampu meja atau lampu dinding.

Tidak hanya menciptakan titik dekoratif lainnya, tetapi juga mengosongkan ruang di meja samping tempat tidur  yang ideal jika Anda kekurangan ruang di permukaan. 

Menurut Chelsea Clark, Kepala Merek di Lucie Annabel, mengatakan wallpaper berfungsi baik menambah daya tarik instan pada kamar tidur kecil dan membantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas melalui penempatan yang cermat

"Wallpaper tebal dan kalem cocok digunakan di kamar tidur kecil," ucap Chelsea. 

Fitur dinding dapat digunakan untuk menciptakan titik fokus di ruangan yang lebih kecil, membantu menipu mata, dan menciptakan ilusi ruangan yang lebih panjang, lebih tinggi, atau lebih luas dengan menarik perhatian ke satu sisi ruangan.

Pilih desain dengan warna yang Anda sukai dan hadirkan nuansa tersebut ke dalam aksesori untuk kohesi.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/17/081500376/5-aturan-desain-kamar-tidur-kecil-agar-tampak-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke