Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Rumah Harum Sepanjang Hari

Namun, membuat rumah harum memiliki tantangan. Sebab, ada banyak bau dan aroma tidak sedap di setiap ruangan yang perlu diatasi. 

Aroma dan wewangian benar-benar dapat mengubah perasaan Anda sehingga harus berhati-hati dan mempertimbangkan membuat rumah wangi sepanjang waktu, setidaknya memastikan menghilangkan bau tidak sedap.

Dengan merangkul beragam teknik wewangian, Anda dapat membuat rumah tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga beresonansi dengan aroma yang menyenangkan dan bertahan lama, menciptakan pengalaman indrawi yang mendalam bagi Anda dan tamu.

Nah, untuk membantu Anda, dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (29/11/2023), berikut lima cara membuat rumah harum sepanjang hari. 

Bunga adalah cara klasik dan elegan untuk menambahkan keharuman di ruangan mana pun. Ada beberapa tanaman bunga yang memiliki aroma harum, seperti mawar, melati, freesia, lavender, lilac, dan peony. 

Letakkan tanaman bunga di lokasi strategis di seluruh rumah, seperti pintu masuk, meja kopi, atau meja samping tempat tidur.

Selain itu, ada pilihan tanaman herbal yang dapat mengharumkan rumah, seperti mint dan rosemary. Kedua tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk hidangan. 

Pot pourri  

Selanjutnya, cara membuat rumah harum sepanjang hari adalah menggunakan pot pourri. Caranya, mendidihkan sepanci air, lalu masukkan irisan jeruk, batang kayu manis, dan rempah-rempah, seperti rosemary.

Hal ini tidak hanya menambah aroma harum, tetapi juga kesegaran di seluruh rumah.

Untuk membuat campuran diffuser, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda ke dalam minyak pembawa, seperti air atau minyak jojoba.

Letakkan diffuser di lokasi sentral, seperti ruang tamu atau lorong, agar aromanya meresap ke udara. Anda juga bisa menyesuaikan wewangian minyak esensial, tergantung pada musim dan waktu dalam setahun.

Rangkullah aroma segar dan citrus pada musim panas, bertransisi ke aroma yang hangat dan nyaman, seperti kayu manis atau vanila, selama bulan-bulan yang lebih dingin. 

Linen dan semprotan ruangan 

Parveen Garg, Manajer di Ola Clean, menyarankan berinvestasi pada linen berkualitas dan semprotan ruangan sebagai cara membuat rumah harum sepanjang hari. 

"Berikan sedikit semprotan pada jok, gorden, bahkan seprai untuk menambah kesegaran," kata Parveen.

Pilih aroma yang menenangkan, seperti chamomile, untuk kamar tidur dan aroma  menyegarkan, seperti jeruk, untuk ruang keluarga.

Selain itu, dapat membuat semprotan ruangan sendiri di rumah. Campurkan air suling, minyak esensial, dan sedikit witch hazel ke dalam botol semprot. Kocok dengan baik sebelum digunakan dan semprotkan ke udara sesuai kebutuhan.

Cara lainnya adalah menjaga seprai, handuk, dan pakaian tetap wangi dengan menambahkan lembaran pengering atau sachet beraroma ke dalam laci atau lemari. Pilih aroma yang melengkapi skema wewangian rumah secara keseluruhan. 

Ada berbagai cara mengharumkan ruangan dengan baking soda, salah satunya meletakkan mangkuk kecil berisi baking soda di area yang rentan terhadap bau tak sedap, seperti di kulkas dan menggunakannya untuk menyegarkan kain.

"Taburkan baking soda ke karpet, kasur, atau kain pelapis, diamkan selama beberapa jam, lalu sedot debu," kata desainer interior, Elizabeth Grace.

Bisa pula menaruh sedikit baking soda di dasar tempat sampah. Setiap kali mengganti lapisan tempat sampah, taruhlah baking soda di bawahnya karena dapat mendisinfeksi dan menetralisir semua bau.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/29/081700776/5-cara-membuat-rumah-harum-sepanjang-hari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke