Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Tanaman Anggrek Berbunga Lebih Banyak

Namun, ada kesalahpahaman umum tentang tanaman hias tropis ini, yakni begitu bunganya mati, tanaman anggrek juga akan mati. 

Padahal, hal ini sangat jauh dari kebenaran. Seperti banyak tanaman lainnya, anggrek mekar secara teratur sepanjang hidupnya dengan setiap periode mekar berlangsung antara dua hingga tiga bulan.

Anggrek phalaenopsis adalah spesies anggrek yang paling sering dijual di pembibitan dan toko-toko bahan makanan serta biasanya hanya mekar satu atau dua kali dalam setahun.

Namun, varietas anggrek lain mungkin mekar lebih teratur. Meski secara teknis tidak dapat memaksa anggrek untuk menumbuhkan lonjakan bunga baru, Anda dapat menyediakan kondisi yang tepat untuk mendorongnya mekar.

Jadi, alih-alih membuang anggrek baru setelah selesai mekar, berikut cara membuat tanaman anggrek berbunga lebih banyak disadur dari The Spruce, Rabu (22/11/2023). 

Letakkan tanaman anggrek di samping atau tepat di depan jendela yang terang, tetapi hindari sinar matahari langsung yang akan menghanguskan daunnya.

Guankan kaca film atau tirai tipis  untuk meredam sinar matahari yang menyengat jika diperlukan. 

Beri pupuk secara teratur

Selanjutnya, cara membuat tanaman anggrek berbunga lebih banyak adalah memberikan pupuk secara teratur.

Memberikan anggrek nutrisi tepat sangat penting untuk mendorongnya berkembang serta berbunga. Untungnya, Anda dapat dengan mudah menemukan pupuk yang dirancang untuk anggrek di sebagian besar supermarket, pembibitan, dan pusat-pusat taman.

Berikan tanaman anggrek pupuk setiap tiga sampai empat minggu selama musim panas,  kemudian hentikan pemupukan selama musim gugur, musim dingin, dan musim semi.

Meski pemupukan itu penting, terlalu banyak pupuk akan menghasilkan dedaunan yang berlebihan dan tidak ada bunga yang mekar, bahkan pupuk yang terbakar.

Jadi, penting tidak melakukan pemupukan saat bukan musim panas. 

Untuk hasil terbaik, jaga tingkat kelembapan antara 60-70 persen. Inilah sebabnya mengapa ruangan yang lembap secara alami di rumah, seperti kamar mandi, adalah lokasi yang populer untuk meletakkan tanaman anggrek. 

Letakkan tanaman pada suhu rendah

Meletakkan tanaman pada suhu rendah juga menjadi cara membuat tanaman anggrek berbunga lebih banyak.

Anggrek mekar selama akhir musim gugur, musim dingin, dan awal musim semi sebagai akibat dari paparan suhu yang lebih rendah serta hari yang lebih pendek.

Selama merawat tanaman anggrek dengan benar, Anda akan melihat tanaman mekar kembali selama bulan-bulan ini setiap tahun tanpa banyak bantuan, terutama jika Anda mengalami musim dingin. 

Jangan takut menempatkan tanaman anggrek di dekat jendela selama bulan-bulan ini atau pindahkan ke ruangan yang lebih dingin di rumah guna membantu mendorong pembungaan.

Pastikan tidak membiarkan tanaman anggrek berada pada suhu di bawah 10 derajat Celsius karena merupakan tanaman tropis.

Tergantung pada spesies anggrek yang dimiliki, Anda mungkin akan berhasil menginduksi pembungaan di luar periode pembungaan regulernya dengan memaparkannya pada suhu yang lebih dingin. 

Biarkan tanaman pulih

Terakhir, cara membuat tanaman anggrek berbunga lebih banyak adalah membiarkannya pulih. Seperti semua tanaman, anggrek membutuhkan periode pemulihan di antara masa berbunga agar tetap sehat dan kuat.

Seindah apapun mekarnya, tidaklah realistis bagi tanaman anggrek untuk berbunga sepanjang waktu. Bersabarlah dan fokus menyediakan kondisi yang dibutuhkan tanaman anggrek. Anda pasti akan mendapatkan banyak bunga yang indah jika melakukannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/22/081500676/5-cara-membuat-tanaman-anggrek-berbunga-lebih-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke