Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Tanaman yang Tumbuh Subur di Bawah Sinar Matahari Langsung

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebun dengan sinar matahari penuh benar-benar diberkati. Meski benar bahwa ada tanaman untuk setiap ruang, area yang terkena sinar matahari penuh adalah yang paling mudah diisi.

Untuk menentukan berapa banyak sinar matahari yang Anda miliki di taman, perhatikan cahayanya sepanjang hari setelah pepohonan berdaun. 

Sinar matahari penuh berarti sebuah kebun mendapat enam hingga delapan jam sinar matahari langsung pada siang hari.

Sinar matahari langsung berarti cahaya tidak disaring melalui dedaunan atau apa pun. Tanaman dengan sinar matahari penuh tumbuh baik dalam kondisi ini dan ada banyak tanaman yang cocok dengan kondisi ini.

Tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung juga cenderung toleran terhadap kekeringan, yang membuatnya lebih mudah dirawat dan baik untuk lingkungan serta menghemat tagihan air. 

Tentu saja, ada beberapa tantangan potensial dalam menanam tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung. 

Tempat yang cerah bisa menjadi sangat panas dan kering. Awasi tanaman dari tanda-tanda stres akibat panas, terutama di bawah terik matahari sore, dan pastikan mendapatkan cukup air. 

Tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung merupakan anugerah bagi dunia tanaman serta ada banyak bunga dan sayuran yang bisa dipilih.

Nah, dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (18/11/2023), berikut beberapa tanaman luar ruangan yang menyukai sinar matahari penuh, baik tanaman bunga maupun sayuran. 

Marigold

Marigold menjadi tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung. Marigold merupkan ssatu tanaman semusim yang paling ceria dan dapat menjauhkan kelinci dari petak-petak sayuran dengan baunya yang pedas. 

Helenium 

Tanaman tahunan ini menghasilkan pertunjukan bunga kuning ceria yang berkelanjutan. Daun Helenium ringan dan berbulu.

Verbena 

Verbena bisa menjadi tanaman tahunan, tetapi untuk tempat yang panas dan cerah. Verbena menghasilkan bunga-bunga kecil yang halus dalam berbagai warna. 

Petunia terlihat paling baik dalam wadah atau di sepanjang tepi tempat tidur. 

Bunga matahari

Bunga matahari mudah ditanam dari biji dan akan memberi Anda bunga yang mekar pada akhir musim panas dan musim gugur.

Mawar lumut

Terakhir, tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung adalah mawar lumut. Tanaman tahunan berbunga dan tumbuh di bawah sinar matahari penuh ini berasal dari Amerika Selatan.

Bunga mawar lumut memiliki kelopak bunga yang halus dan kasar serta tersedia dalam berbagai warna.  

Tanaman keras untuk sinar matahari penuh

Tanaman tahunan atau perennials akan tumbuh kembali dari tahun ke tahun, yang berarti tanaman akan bertahan lebih lama.

Tanaman ini juga memberikan kesempatan baik untuk menggunakan spesies asli dan menarik penyerbuk. Ini adalah beberapa tanaman keras yang mendapat sinar matahari penuh untuk dicoba:

Bee balm

Bunga-bunga yang tidak biasa dari bee balm akan membawa semua penyerbuk ke taman  sekaligus menambahkan warna-warna cerah.

Geranium 

Jenis geranium yang kuat ini tumbuh di gundukan dan memiliki periode berbunga yang panjang. Sebagai bonus, tanaman geranium memiliki aroma yang harum.

Daylily 

Nikmati bunga lili warna-warni yang melimpah dari awal musim panas dengan bunga daylily. Tanaman daylily mudah tumbuh dan pembagian yang teratur memungkinkan Anda  menyebarkannya ke lebih banyak area taman.

Lavender 

Di iklim lebih hangat, lavender menjadi tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung, bahkan kering sebagai tanaman tahunan. 

Lavender akan memberi Anda aroma yang indah dan ramuan yang dapat digunakan. 

Beberapa sayuran musim dingin, sayuran berdaun hijau, selada, lobak, daun bawang-lebih baik tumbuh di tempat teduh parsial, terutama pada musim panas.

Namun, kebanyakan tanaman sayur tumbuh paling baik dengan setidaknya enam jam sinar matahari langsung. Berikut tanaman sayur yang menyukai sinar matahari penuh:

Berkebun di bawah sinar matahari penuh adalah impian sebagian besar tukang kebun. Tempat teduh penuh matahari jauh lebih sulit, jadi jika memiliki tempat cerah, nikmatilah. 

Apabila tidak ada satu pun dari tanaman ini yang Anda sukai, periksa label tanaman di toko tanaman setempat.

Ada banyak tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung di luar sana. Pastikan menjaga tanaman tetap disiram dengan baik, terutama selama hari-hari terpanas pada musim panas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/18/080000376/catat-ini-tanaman-yang-tumbuh-subur-di-bawah-sinar-matahari-langsung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke