Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Normalkah Anjing Memakan Kotoran? Ini Penyebab dan Cara Menghentikan

Tentu saja, hal ini membuat manusia atau pemiliknya jijik. Namun,

Lantas, normalkah anjing memakan kotoran? 

Dilansir dari AKC, Senin (21/8/2023), berikut seputar hal anjing memakan kotoran. 

Jika memiliki anjing peliharaan yang memakan kotoran, jangan putus asa. Ada beberapa cara menghentikan kebiasaan anjing memakan kotoran melalui perubahan perilaku. 

Meski coprophagia pada anjing belum diteliti secara mendalam oleh para ilmuwan, anjing memakan kotoran adalah fenomena yang relatif umum terjadi pada anjing. 

Dalam sebuah studi pada 2012 yang dipresentasikan pada konferensi tahunan American Veterinary Society of Animal Behavior, para peneliti yang dipimpi Benjamin Hart dari University of California, Davis, Amerika Serikat, menemukan penyebab anjing memakan kotoran.

Ada 16 persen (satu dari enam) anjing diklasifikasikan sebagai pemakan kotoran "serius", yang berarti tertangkap basah sedang makan kotoran sebanyak lima kali.

Sebanyak 24 persen  anjing dalam penelitian ini (satu dari empat) terlihat makan kotoran setidaknya sekali. 

Hart menyimpulkan anjing memakan kotoran segar adalah cerminan dari kecenderungan bawaan dari leluhur anjing yang hidup di alam liar. 

Hal ini bertujuan melindungi anggota kawanannya dari parasit usus di dalam kotoran yang terkadang bisa jatuh di sarang atau area peristirahatan. Bisa dikatakan S\sudah ada dalam DNA anjing untuk memakan kotoran.   

Penelitian ini terdiri atas dua survei terpisah yang dikirim ke sekitar 3.000 pemilik anjing. Memakan kotoran sebenarnya tidak terlalu menjijikkan dari sudut pandang anjing.

Anjing berevolusi sebagai pemulung, memakan apa pun yang ditemukan di tanah atau tumpukan sampah sehingga tindakan anjing memakan kotoran berbeda dengan kita.

Dalam bukunya Handbook of Applied Dog Behavior and Training, ahli perilaku hewan, Steven R. Lindsay, mengatakan coprophagia mungkin merupakan salah satu dari beberapa perilaku bertahan hidup dengan nafsu makan yang telah berevolusi mengatasi kesulitan kelaparan secara berkala.

Dengan kata lain, saat makanan langka, Anda tidak boleh pilih-pilih. 

Untuk beberapa spesies, seperti kelinci, memakan kotoran adalah cara sangat normal untuk mendapatkan nutrisi utama.

Faktanya, jika mencegah kelinci melakukan hal ini, hewan mamalia ini akan mengalami masalah kesehatan, bahkan pada kelinci muda akan gagal berkembang.

Untungnya, anjing tidak perlu mendapatkan nutrisi dengan cara ini. Namun, memakan kotoran adalah perilaku anjing yang normal dan alami pada beberapa tahap kehidupan.

Induk anjing akan menjilati anaknya untuk mendorong mereka membuang dan membersihkan kotoran anaknya dengan memakannya, kira-kira sekitar tiga minggu pertama setelah melahirkan. 

Anak anjing juga secara alami akan melakukan perilaku ini, memakan kotoran mereka sendiri (autocoprophagia), kotoran anjing lain (allocoprophagia), juga kotoran kucing serta hewan lainnya.

Beberapa anjing menganggap kotoran kuda dan kotoran angsa sangat menarik. Tidak berbahaya bagi anak anjing untuk memakan kotorannya sendiri, tetapi mengonsumsi kotoran hewan lain dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi anak anjing jika kotoran hewan tersebut terkontaminasi parasit, virus, atau racun.

Dalam kebanyakan kasus, perilaku anjing memakan kotoran akan menghilang sebelum anak anjing berusia sembilan bulan.  

  • Suplementasi vitamin

Ada teori lama yang mengatakan anjing memakan kotoran karena kehilangan sesuatu dalam makanannya sehingga multivitamin anjing dapat membantu.

Kekurangan vitamin-B, khususnya, telah menjadi tersangka utama dan penelitian telah mendukung hal ini.

Pada 1981, para ilmuwan menunjukkan aktivitas mikroba tinja yang mensintesis tiamin, sebuah vitamin B. Penelitian lain menemukan nutrisi lain yang hilang. 

  • Suplemen enzim

Selanjutnya, cara menghentikan anjing memakan kotoran adalah memberikan suplemen enzim. Diet anjing modern lebih tinggi karbohidrat dan lebih rendah protein dan lemak berbasis daging daripada diet nenek moyang anjing.

Beberapa orang telah berhasil dengan suplemen enzim pencernaan untuk anjing, termasuk beberapa produk yang mengandung papain, enzim yang membantu pencernaan. 

  • Produk yang menghindari rasa 

Teorinya adalah bahwa rasa dan bau tertentu sama menjijikkannya bagi anjing seperti halnya ide memakan kotoran bagi kita.

Jadi, menawarkan camilan pencegah pemakan kotoran atau menambahkan bubuk pencegah pemakan kotoran pada makanan akan membuat kotoran yang dihasilkan menjadi kurang menarik. 

Banyak dari produk ini mengandung monosodium glutamat, kamomil, turunan tanaman lada, yucca, bawang putih, dan peterseli. 

Semua anjing dalam rumah tangga perlu makan pencegah pemakan tinja agar kotoran mereka tidak dapat dimakan anjing yang memiliki kebiasaan memakan kotoran.

Beberapa pemilik anjing juga akan menggunakan semprotan dengan rasa pahit pada kotoran untuk membuatnya terasa lebih buruk.

Nah, itu dia cra menghentikan anjing memakan kotoran. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/21/191500576/normalkah-anjing-memakan-kotoran-ini-penyebab-dan-cara-menghentikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke