Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengusir Tikus Pakai Garam, Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama di rumah yang kehadirannya meresahkan. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, tikus bisa membawa banyak masalah ke rumah.

Yang terpenting, tikus bisa membawa penyakit dan parasit ke dalam rumah. Ini tentu saja berbahaya bagi Anda dan keluarga.

Dikutip dari House Digest, Jumat (28/7/2023), menurut Healthline, virus dan penyakit dapat disebarkan melalui kotorannya yang jumlahnya banyak. Risiko meningkat jika Anda bersentuhan dengan kotorannya di area yang berventilasi buruk, seperti ruang merangkak.

Selain itu, tikus juga bisa menyebabkan kerusakan di rumah. Tikus bisa mengunyah komponen rumah dan kabel listrik, yang dapat menyebabkan sesuatu yang serius seperti kebakaran.

Namun demikian, jangan panik jika ada tikus di rumah. Sebab, Anda bisa mengusir tikus pakai garam.

Anda dapat menggunakan garam sebagai pengganti perangkap tikus dan sebagai racun alami, dan Anda dapat menggunakannya sebagai cara untuk memastikan tikus tidak langsung mati di rumah.

Apa pun kebutuhan Anda, menaburkan garam di sekitar rumah akan membantu Anda menjauhkan tikus dari rumah.

Cara menggunakan garam untuk mengusir tikus

Garam beracun bagi tikus karena membuat mereka dehidrasi parah. Untuk menggunakan garam untuk mengusir tikus dari rumah, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa metode.

Yang pertama adalah memercikkannya langsung ke permukaan atau area yang Anda ketahui.

Jika Anda menemukan kotoran tikus di gudang, di dapur, di bawah tangga, atau di rak, taburkan banyak garam di sana untuk dikonsumsi tikus.

Jika Anda mencobanya dan tidak berhasil, Anda mungkin harus menggabungkannya dengan makanan yang secara alami membuat tikus tertarik, seperti selai kacang.

Letakkan tisu atau piring kertas, taruh segumpal selai kacang di atasnya, dan taburi dengan garam. Itu seharusnya cukup untuk menarik tikus ke umpan.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, jauhkan mereka dari area tempat Anda meninggalkan perangkap garam.

Meskipun garam tidak akan berakibat fatal bagi mereka, garam tetap bisa sangat berbahaya, karena mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan muntah dan diare.

Mengapa garam ampuh mengusir tikus?

Peretasan ini berhasil karena garam membuat tikus sangat dehidrasi, dan memakannya dalam jumlah besar akan menjadi racun bagi tikus, merusak hati dan ginjal mereka dan akhirnya mematikan tubuh mereka.

Mereka akan segera mulai mencari air untuk menetralkan racun, yang dapat mengusir tikus dari rumah Anda sebelum mereka mati.

Sementara beberapa orang lebih suka menyingkirkan tikus secara manusiawi dan melepaskannya ke alam liar, ini mungkin bukan ide terbaik jika Anda memiliki infestasi.

Tikus adalah makhluk yang cerdas dan cenderung kembali ke tempat yang menurut mereka adalah "rumah."

Karena tikus membutuhkan kekurangan air agar perangkap ini berfungsi, Anda harus rajin menutupi sumber air sebelum tidur.

Atasi kebocoran, bersihkan tumpahan, tutup penutup toilet, dan tutupi keran terdekat dengan lap. Ini akan memastikan garam melakukan tugasnya, mendorong mereka keluar dari rumah Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/28/185307976/cara-mengusir-tikus-pakai-garam-mudah-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke