Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Cat Dinding yang Tidak Boleh Digunakan di Kamar Tidur Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur kecil bisa sangat sulit untuk didekorasi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah warna cat dinding kamar tidur kecil atau kamar tidur sempit.

Dikutip dari Homes & Gardens, (22/7/2023), warna mungkin merupakan keputusan desain terbesar yang Anda buat saat mendekorasi kamar tidur dan dapat membuat tampilan kamar tidur bagus atau buruk. Sangat penting untuk mendapatkan pilihan warna dengan benar.

Berapapun ukurannya, kamar tidur adalah tempat di mana Anda harus merasa nyaman dan di mana Anda dapat bersantai dengan mudah, kata Patrick O'Donnell dari Farrow & Ball.

Warna apa yang mencapai hasil terbaik ini akan bervariasi untuk setiap orang, tetapi ada beberapa corak yang cenderung bekerja lebih baik daripada yang lain, imbuh dia.

Berikut beberapa warna cat dinding yang harus dihindari di kamar tidur kecil.

1. Putih 

Putih adalah warna cat dinding yang sangat umum diaplikasikan di kamar tidur, termasuk kamar tidur kecil. Namun, putih bisa menjadi warna yang keras dan membuat ruang kecil terlihat mencolok dan klinis.

Jika Anda mencari tampilan yang bersih dan minimalis, Anda mungkin perlu menggunakan warna putih, tetapi hindari yang terlalu kasar, terutama jika ruangan Anda kecil dan penerangannya buruk karena dapat membuat ruangan terlihat kotak dengan sudut yang sangat terlihat, saran O'Donnell.

Warna netral berbasis hangat dengan elemen merah atau kuning akan lebih cocok untuk menciptakan suasana yang ringan, namun lembut dan nyaman jika Anda memiliki kamar tidur kecil, ungkap dia.


Jika Anda tertarik dengan ide kamar tidur putih, pertahankan warna putih di sisi yang hangat atau pasangkan dengan warna netral yang lebih hangat, dan isi ruangan dengan banyak tekstur juga untuk melembutkan ruang.

2. Merah

Merah banyak muncul ketika pakar berbicara tentang warna yang harus dihindari di kamar tidur. Ini bukan warna yang paling mudah untuk dikerjakan karena dalam bentuk apa pun itu berani dan jelas.

Di kamar tidur kecil, ada risiko bahwa ruangan akan benar-benar tampak berlebihan, dan membuatnya terasa sangat sesak dan intens. Jauh dari suasana tenang dan menenangkan yang Anda inginkan di kamar tidur.

Di kamar tidur kecil, warna merah harus ditangani dengan hati-hati karena warna merah terang diketahui mengganggu orang untuk jangka waktu yang lama. Intensitasnya yang semarak bisa jadi terlalu berlebihan bagi Anda yang ingin bersantai.

Untuk warna yang menenangkan dan menghangatkan, burgundy yang gelap atau berry yang kaya bekerja paling baik untuk menciptakan efek yang menenangkan, saran Emma Bestley, salah satu pendiri & direktur kreatif YesColours.

3. Kuning

Kamar tidur harus menjadi tempat perlindungan Anda. Kuning cerah membutuhkan energi dan melelahkan mata seiring waktu.

Ini sebenarnya bisa memicu stres dan melelahkan, yang bukan sesuatu yang ingin Anda alami saat mencoba bersantai. Selain itu, warna ini cenderung lebih sulit dipadukan dengan warna kayu lainnya, jelas Jennifer Walter, pendiri Folding Chair Design.

Desainer interior Anne Marie Cousins setuju bahwa sebaiknya hindari warna cerah seperti kuning dan oranye, karena terlalu merangsang dan terlalu berlebihan di ruang di mana Anda tidak dapat menggunakan warna netral atau warna seperti biru tua, abu-abu, atau serupa untuk menyeimbangkannya.


Kuning dapat digunakan di kamar tidur kecil jika Anda tetap menggunakan warna kuning mustard yang lebih kalem. Selain itu, aplikasikan dengan menggunakan wallpaper kamar tidur kuning daripada dinding cat yang kokoh.

Garis yang digunakan sebagai dinding fitur di ruang ini bekerja dengan sempurna, menghangatkan ruangan dan menambah ketinggian.

4. Pink cerah

Warna yang lebih hangat dan cerah seperti merah jambu, merah, kuning, dan jingga cenderung terlalu intens di kamar tidur kecil.

Warna-warna yang memberi energi dan merangsang, seperti merah muda yang berani, adalah pilihan berisiko untuk kamar tidur kecil.

Warna berani ini dapat menciptakan kelebihan sensorik, yang tidak bekerja dengan baik di ruang di mana relaksasi dan istirahat adalah kuncinya.

Warna merah muda yang terang, dengan nada merah merona bekerja dengan baik di kamar tidur kecil untuk menghadirkan suasana santai dan tenang membantu Anda bersantai, tutur  Flora Hogg, konsultan desain interior di Craig & Rose Paints.

5. Hitam

Hitam adalah warna yang harus dihindari di kamar tidur kecil. Ini adalah warna yang harus dihindari di setiap kamar tidur. Bahkan jika Anda ingin menggunakan warna yang lebih gelap di kamar tidur kecil, Anda tidak ingin ruangan terasa seperti gua.

Kamar tidur hitam mungkin tampak agak dramatis dari norma yang dirasakan, tetapi ini bisa menjadi pilihan yang sangat sukses karena dinding yang lebih gelap cenderung surut.


Untuk pengalaman warna yang benar-benar imersif, cat kayu Anda dengan warna yang sama, terutama jika kamar tidur memiliki langit-langit yang cukup rendah karena ini akan membantu menonjolkan ketinggiannya, saran O'Donnell.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/22/214342276/5-warna-cat-dinding-yang-tidak-boleh-digunakan-di-kamar-tidur-kecil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke