Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Inspirasi Kamar Tidur Minimalis Skandinavia, Nyaman dan Bersih

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain kamar tidur minimalis banyak diminati pemilik rumah karena memberikan kesan nyaman, bersih, namun berkarakter. Salah satu gaya desain kamar tidur minimalis yang dapat dipilih adalah gaya Skandinavia.

Dikutip dari Real Homes, Jumat (21/7/2023), kamar tidur Skandinavia sebenarnya bisa memiliki banyak nuansa berbeda, tergantung pada gaya desain yang ingin Anda ambil. Sebagian besar kamar tidur bergaya Skandinavia minimalis, diisi dengan garis bersih, bentuk sederhana dan palet warna terbatas.

Kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia juga sangat praktis, dengan hanya memasukkan barang yang dibutuhkan ke ruangan, serta menjaga agar ruangan bebas dari kekacauan dan semuanya harus memiliki tempat.

Lalu ada versi gaya Skandinavia yang lebih tradisional, yang diasosiasikan dengan hygge yang mengutamakan kenyamanan, kesenangan, dan tekstur. Gaya ini dipadukan dengan benda-benda vintage, furnitur kayu berukir tebal, dan motid sederhana.

Saat menata kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia, pertama-tama pikirkan tentang penampilan yang Anda inginkan.

Gaya Skandinavia sangat beragam, jadi apakah Anda ingin menempuh gaya tradisional atau minimalis yang lebih modern? Atau mencampurnya bersama?

Apa pun yang Anda putuskan, skema warna adalah aspek yang baik untuk memulai. Sebagian besar kamar tidur bergaya Skandinavia menggunakan palet warna netral putih, krem alias beige, abu-abu, dan hitam.

Jika Anda ingin menambahkan warna, tempelkan pada warna sejuk seperti hijau sage, kuning pucat, biru muda, oranye tua.

Karena tekstur sangat penting untuk tampilan kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia, tambahkan juga beberapa sentuhan kayu pedesaan dengan furnitur, bahkan rak kayu yang mengapung.

Selain itu, perhatikan hasil akhir atau finishing lembut dengan menambahkan karpet, bantal dekoratif, dan tirai tipis. Sebab, ketika menggunakan tampilan minimalis, Anda tetap perlu kamar tidur terasa nyaman dan menarik.

Berikut beberapa inspirasi kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Pilih skema warna netral

Gunakan berbagai tekstur dan nada, memadukan warna abu-abu, krem, dan warna gading untuk menambah daya tarik pada skema warna netral. Anda juga bisa menambahkan sentuhan warna peach atau merah muda yang pucat juga.

2. Tekstur berlapis

Tekstu adalah kunci desain kamar tidur minimalis, termasuk yang bergaya Skandinavia. Lapisi tempat tidur dengan bantal dan bantal bertekstur untuk memberi tempat tidur tampilan hidup yang inda.

Tetap berpegang pada palet warna terbatas hanya satu atau dua warna dan biarkan tekstur menjadi yang menambah daya tarik ruangan.

3. Pajang karya seni sederhana

Jika ingin menambahkan karya seni di kamar tidur minimalis, sederhanakan jumlahnya. Misalnya, pajang dua atau tiga karya seni saja jika Anda menginginkan estetika minimalis.

Selain itu, coba temukan warna umum yang akan memberikan kesan kohesif pada karya seni. Alih-alih menggantungnya sebagai dinding galeri, yang bisa terlihat sibuk, buatlah agar tetap berbaris untuk kesan yang lebih bersih.

4. Gunakan permukaan reflektif dan warna untuk membuat ruangan terasa lebih cerah

Kamar tidur Skandinavia adalah tentang memaksimalkan cahaya, jadi pilihlah tidak hanya dinding pucat dan furnitur putih, tetapi juga cermin. Padukan dengan lantai putih dan tirai tipis dan bahkan kamar tidur yang menghadap ke utara akan terasa ringan dan lapang.

Panel dinding adalah cara yang brilian untuk menciptakan karakter di kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia. Anda bisa menggunakan warna abu-abu untuk alternatif yang lebih nyaman daripada putih.

6. Padu padankan finishing lembut

Motif geometris terlihat bagus di kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia. Jika Anda menginginkan tampilan yang sangat modern, Anda dapat menggunakan aksen warna cerah.

Namun demikian, untuk tampilan yang lebih nyaman, cobalah warna pucat, nada warna alami, atau rajutan dan kain geometris. Lihat itu sebagai semacam perpaduan antara gaya Skandinavia dan boho, padu padan tak terduga yang sedang populer saat ini.

Penyimpanan juga bisa menambah estetika Skandinavia. Rel pakaian sederhana adalah cara yang bagus untuk memajang barang-barang, juga merupakan ide bagus jika Anda tidak memiliki ruang untuk lemari pakaian.

Pastikan Anda memilih beberapa gantungan yang lucu, dan jangan memenuhi rel, jadi lemari pakaian terbuka lebih merupakan fitur bergaya di kamar tidur daripada tempat berantakan untuk menyimpan luapan lemari.

Gantung juga pasak untuk tambahan pedesaan pada penyimpanan di kamar tidur.

8. Pilih aksesori yang praktis

Kepraktisan penting dalam interior bergaya Skandinavia. Semuanya harus mendapatkan tempatnya saat Anda menggunakan gaya minimalis, jadi jaga agar ruangan tetap rapi dengan aksesori dengan benda-benda yang juga memiliki fungsi.

9. Tampil lebih berani dengan semburat warna

Gaya kamar tidur minimalis Skandinavia lebih serbaguna daripada yang Anda pikirkan, jadi pikirkan lebih dari sekedar abu-abu dan putih. Jika Anda mencari gaya minimalis dengan kehangatan, pilihlah motif tradisional yang sederhana dan warna yang kaya seperti mustard atau oranye.

Pink juga merupakan warna trendi yang dapat dengan mudah digunakan di kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia.

10. Hadirkan cahaya alami

Maksimalkan cahaya alami dengan mengganti gorden tebal dengan yang lebih tipis. Jika jendela Anda tidak terlalu besar, pertimbangkan untuk membukanya sedikit lebih banyak dengan tirai tipis.

11. Jaga agar pencahayaan tetap lembut

Tingkatkan faktor hygge di kamar tidur minimalis bergaya Skandinavia dengan menjaga pencahayaan tetap lembut dan rendah. Gunakan bohlam warna hangat dan letakkan lampu yang lebih kecil di seluruh ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/21/180255076/11-inspirasi-kamar-tidur-minimalis-skandinavia-nyaman-dan-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke