Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Bunga yang Aman Dikonsumsi, Bisa untuk Teh hingga Masakan

Namun, sebelum mengonsumsi bunga, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bunga yang dapat dikonsumsi ditanam secara organik. Artinya, tanaman bunga tidak pernah disemprot herbisida atau pestisida. 

Banyak bunga dari pembibitan dan toko bunga diberi bahan kimia sehingga tidak layak  dikonsumsi. Maka itu, menanam bunga yang dapat dimakan sendiri dari biji sering kali merupakan pilihan paling aman.

Kedua, mengetahui cara mengidentifikasi bunga yang dapat dikonsumsi. Petik bunga yang dapat dimakan pada hari kering dan cerah.

Sebagian besar bunga harus dipetik saat mekar sempurna dan belum mulai layu, kemudian bilas bunga dengan cepat di bawah air dingin atau aduk-aduk dalam mangkuk besar berisi air dingin untuk menghilangkan kotoran serta serangga kecil.

Setelah itu, kibaskan air dengan lembut, tetapi jangan terlalu kuat sehingga tidak menghilangkan serbuk sari, yang sering kali memiliki banyak rasa.

Nah, dilansir dari The Spruce, Jumat (21/7/2023), berikut sejumlah bunga yang aman dikonsumsi. 

Begonia umbi lebih unggul udimakan, sedangkan begonia lilin memiliki rasa yang sedikit pahit. Secara umum, begonia memiliki rasa asam, seperti lemon dengan tekstur renyah.

Bunga utuh dapat ditambahkan ke dalam salad atau kelopak bunganya dapat digunakan sebagai hiasan. Pastikan tanah tanaman begonia sedikit lembap, tetapi tidak basah.

Bee balm (Monarda didyma)

Bee balm adalah tanaman tahunan dengan bunga berbentuk tabung yang runcing. Bee balm menjadi bunga yang aman dikonsumsi, baik daun maupun bunganya. 

Varietas bunga yang direkomendasikan dimakan, termasuk 'Adam,' 'Cambridge Scarlet,' 'Croftaway Pink,' dan 'Snow White.

Bee balm bisa dikonsumsi untuk teh, hiasan salad, dan dimasukkan ke es krim. Matikan bunganya (buang kuntum bunga yang sudah mekar) untuk mendorong mekar lebih lanjut.  

Chamomile Jerman (Matricaria recutita) lebih manis sehingga lebih disukai untuk tujuan kuliner. Chamomile memiliki rasa bunga seperti apel yang sering digambarkan sebagai sedikit pahit.

Chamomile biasa dikonsumsi untuk teh, koktail, dan makanan penutup. Bunga segar atau kering dapat digoreng dengan mentega serta diaduk ke dalam sereal panas, seperti oatmeal.

Tanam chamomile di tanah yang dikeringkan baik dan jangan menyiramnya secara berlebihan. 

Calendula (Calendula officinalis)

Calendula atau marigold pot adalah tanaman semusim yang memiliki bunga seperti bunga aster. Calendula menjadi bunga yang aman dikonsumsi, tapi hanya kelopaknya saja yang dapat dimakan. Jadi, lepaskan kelopak dari kepala bunga sebelum digunakan.

Bunga calendula memiliki rasa pedas atau pahit, tergantung varietasnya. Bunga ini bisa digunakan dalam hidangan, hiasan salad, dan dapat dikeringkan dan ditambahkan sebagai hiasaa sup, seperti sup kentang, daun bawang, atau labu musim dingin. 

Untuk dapat dimakan, tanam bunga krisan (Glebionis coronaria) dari biji dan menamanya  setelah ancaman embun beku atau cuaca dingin berlalu.

Bunga krisan banyak digunakan dalam masakan Jepang dengan nama shungiku. Krisan memiliki rasa yang tajam, herbal, berumput, dan sedikit pahit. 

Lavender (Lavandula angustifolia)

Bunga yang aman dikonsumsi lainnya adalah lavender. Munstead dan Hidcote adalah varietas lavender yang dapat dimakan dan paling populer dikeringkan.

Panen tangkai dengan bunganya ketika hanya sekitar sepertiga hingga setengah kuntum bunga yang terbuka dan hindari mencucinya,

Ikat batang lavender menjadi beberapa ikatan dan gantung terbalik untuk dikeringkan di tempat berventilasi baik. 

Lavender memiliki rasa bunga, tanaman herbal, serta rasa manis dengan aroma mint, jeruk, dan rosemary.

Bunga lavender bagus untuk makanan penutup, minuman, dan jeli. Namun, lavender bisa sangat kuat, jadi gunakan secukupnya. 

Kembang sepatu memiliki rasa manis dan asam yang halus, seperti cranberry atau delima. Bunga ini sangat ideal dimasukkan ke minuman, termasuk es teh dan koktail serta digunakan dalam es krim dan makanan penutup lainnya.

Bunga keringnya juga dapat digunakan dalam teh. Pastikan menjaga tanah tanaman ini tetap lembap, tetapi tidak tergenang air.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/21/145600476/7-bunga-yang-aman-dikonsumsi-bisa-untuk-teh-hingga-masakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke