Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Keuntungan Menggunakan Pelapis Dinding Vinil untuk Eksterior Rumah

Namun, penting memperhatikan masalah struktural serta melakukan perbaikan dan peningkatan tepat waktu. 

Sebelum melakukan proyek perbaikan rumah, teliti dalam memilih bahan dan kontraktor terbaik untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Kerusakan dinding adalah salah satu masalah yang sering diabaikan sebagian besar pemilik rumah dan menunda penggantiannya.

Namun, kontraktor terkemuka dapat mengganti pelapis dinding yang sudah tua, kusam, dan rusak dengan pelapis dinding vinil berkualitas. Biasanya, pelapis dinding ini digunakan untuk eksterior rumah. 

Dikutip dari My Decorative, Rabu (19/7/2023), berikut sejumlah keuntungan menggunakan pelapis dinding vinil untuk eksterior rumah. 

Pelapis dinding vinil kokoh, tahan penyok, serta tahan lama, yang berarti dapat melindungi bagian interior atau dalam rumah selama bertahun-tahun.

Berbeda dari pelapis dinding kayu dan logam, pelapis dinding vinil tidak berkarat, melengkung, bengkok, atau retak karena elemen cuaca.

Selain itu, rayap tidak dapat merusak pelapis dinding vinil, yang berarti perawatannya rendah setelah pemasangan. 

Mengurangi pemanas dan pendingin

Selanjutnya, keuntungan menggunakan pelapis dinding vinil untuk eksterior rumah adalah mengurangi biaya pemanas dan pendingin.

Pelapis dinding vinil berinsulasi mencegah penghubung termal, yang terjadi ketika pelapis dinding bersentuhan dengan dinding.

Vinil berinsulasi mencegah perpindahan panas serta menjaga rumah tetap hangat pada musim dingin dan sejuk pada musim panas.

Karena itu, pemilik rumah menghabiskan lebih sedikit untuk biaya pemanas dan pendingin sepanjang tahun.

Selain itu, pelapis dinding vinil meningkatkan kenyamanan dengan mengatur suhu dalam ruangan meski terjadi perubahan kondisi cuaca eksternal. 

Sebagai solusi, dapat menggunakan pelapis dinding vinil. Keuntungan menggunakan pelapis dinding vinil untuk eksterior rumah adalah melindungi hunian selama bertahun-tahun dengan perawatan minimal.

Tidak perlu khawatir tentang pembersihan yang rumit, pengecatan ulang, membersihkan debu, atau mengatasi pertumbuhan jamur.

Umumnya, pembersihan menyeluruh setahun sekali sudah cukup untuk menjaga pelapis dinding vinil tetap menarik serta dalam kondisi baik.

Ini berarti pemilik rumah menghemat uang yang seharusnya mereka gunakan untuk proyek pengecatan ulang dan pembersihan rutin. 

Perlindungan hama

Hama adalah masalah umum yang mempengaruhi pemilik properti. Mereka berusaha keras untuk menemukan bahan yang tidak menarik hama atau sulit dihancurkan hama. 

Vinil adalah salah satu dari sedikit bahan konstruksi yang tidak terpengaruh hama, seperti rayap, kecoak, dan hewan pengerat atau tikus. Ini menjadi keuntungan menggunakan pelapis dinding vinil untuk eksterior rumah. 

Selain itu, pelapis dinding vinil membentuk segel ketat yang mencegah hewan pengerat mengakses rumah sehingga melindungi keluarga Anda dari hama dan elemen eksternal lainnya.

Pemasangannya mudah

Beberapa pemilik properti menunda proyek renovasi karena biaya dan waktu yang dibutuhkan. Namun, pelapis dinding vinil membutuhkan proses pemasangan yang sederhana.

Bahannya memiliki desain yang saling mengunci untuk memudahkan pemasangan pelapis dinding vinil. Kontraktor yang berpengalaman  membutuhkan waktu singkat memasang atau mengganti pelapis dinding vinil karena bahannya ringan.

Karena itu, pemilik rumah dapat mengubah rumah mereka dalam beberapa hari. Waktu pemasangan yang cepat memangkas biaya tenaga kerja dengan mengurangi total jam kerja. 

Elemen cuaca, seperti hujan es, panas, angin, terik matahari, dan badai dapat merusak properti serta menyebabkan perbaikan yang mahal.

Untungnya, pelapis dinding vinil dapat menahan elemen cuaca dan melindungi interior. Selain itu, pelapis dinding vinil tidak cepat pudar saat terkena terik matahari, melindungi rumah  dari kelembaban, serta meminimalkan kemungkinan kerusakan oleh jamur, hama, juga lumut. 

Tidak perlu dicat

Beberapa bahan pelapis dinding, seperti logam, memerlukan llapisan cat. Ini berarti lapisan tersebut akan aus seiring berjalannya waktu dan perlu dicat ulang suatu saat.

Namun, pelapis dinding vinil berbeda karena hadir dengan warna yang dipanggang, yang membuatnya sulit dihancurkan. Warna yang terlihat pada permukaan pelapis dinding vinil biasanya menyebar ke seluruh material.

Jika ada sesuatu yang menggores atau mengikis material, warna asli vinil tidak akan terpengaruh. Ini menjadi keuntungan menggunakan pelapis dinding vinil. 

Harga terjangkau

Terakhir, keuntungan menggunakan pelapis dinding vinil untuk eksterior rumah adalah harganya terjangkau. Anggaran adalah faktor penting ketika melakukan proyek perbaikan rumah.

Pemilik rumah dengan anggaran ketat sering kali mencari bahan yang murah, tapi dapat diandalkan, seperti vinil. Dibanding pelapis kayu dan logam, pelapis dinding vinil memiliki harga lebih murah atau terjangkau. 

Selain itu, memiliki desain dan pola berbeda sehingga pemilik rumah memiliki ragam pilihan.  Pelapis dinding vinil juga menawarkan lebih banyak manfaat penghematan biaya, seperti meningkatkan efisiensi energi, yang dapat menghemat uang selama bertahun-tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/19/172256476/8-keuntungan-menggunakan-pelapis-dinding-vinil-untuk-eksterior-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke