Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dijamin Berhasil, Ini 7 Cara Menyejukkan Rumah Saat AC Rusak

Hal ini tak lain karena AC efektif dan cepat menyejukkan ruangan. Namun, AC tiba-tiba rusak atau mati saat cuaca panas terik dan menginginkan kesejukan. 

Jika unit AC rusak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi profesional untuk menjadwalkan perbaikan, lalu mencari cara mengatasi panasnya udara hingga sistem kembali bekerja.

Tanpa AC, suhu di luar yang panas dan lembap dapat dengan cepat membuat rumah terasa sangat panas, tidak nyaman, serta menyebabkan sulit tidur. 

Untuk mengakali, berikut sejumlah cara menyejukkan rumah saat AC rusak dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (18/7/2023).  

Singkirkan seprai, bantal, atau selimut yang berat dan ganti dengan seprai katun atau bambu yang ringan.

Selain itu, menggunakan bantal dan seprai pendingin yang membantu mengatur suhu agar tetap sejuk di tempat tidur. Pilih juga bahan yang menyerap keringat untuk piyama Anda.

Mandi air dingin

Selanjutnya, cara menyejukkan rumah saat AC rusak adalah mandi dengan air air dingin. Mandi dengan air dingin atau berendam dapat mendinginkan diri secepatnya.

Air dingin  membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat dan rambut yang basah akan membuat Anda tetap sejuk selama berjam-jam.

Jika tidak punya waktu untuk mandi secara keseluruhan, rendam kaki dan percikkan air ke wajah Anda. 

Berada di tempat teduh

Area yang teduh jauh lebih sejuk daripada area yang berada di bawah sinar matahari langsung. Jika berada di luar ruangan, carilah tempat berteduh, seperti payung teras atau pohon besar yang rindang untuk berteduh.

Saat berada di dalam ruangan, jauhkan panas berlebih dengan menempatkan penghalang cahaya di atas jendela dan pintu.

Selain itu, hindari penggunaan lampu berdaya tinggi atau peralatan besar yang mengeluarkan banyak panas pada siang hari. 

Apabila tidak memilikinya, bersantailah di lantai dasar sebagai pengganti lantai atas. Untuk menjaga tetap sejuk saat AC rusak, lakukan sesuatu yang menghabiskan energi sesedikit mungkin, seperti membaca buku, bermain permainan papan, atau menonton acara favorit Anda.

Nyalakan kipas angin

Menyalakan kipas angin menjadi cara menyejukkan rumah saat AC rusak. Nyalakan semua kipas angin yang ada di rumah, seperti kipas angin meja, blower, dan kipas angin plafon di rumah untuk menjaga udara tetap bergerak.

Untuk menambah faktor kesejukan, letakkan semangkuk es batu di depan kipas angin. Udara akan mengambil hawa dingin di sekitar es batu dan mendorongnya ke dalam ruangan. 

Cara menyejukkan rumah saat AC rusak adalah sebaiknya membuat hidangan buah dan sayuran segar, seperti salad dan es buah.

Namun, jika benar-benar harus menggunakan panas, gunakan oven pemanggang roti atau pemanggang di luar ruangan. 

Tetap terhidrasi

Hidrasi yang tepat membantu tubuh mengatur suhu, jadi minum air putih yang banyak saat cuaca panas. Coba minum setidaknya dua liter air dan cairan lainnya sepanjang hari.

Berhati-hati dengan apa yang Anda masukkan ke gelas. Minuman alkohol dan manis dapat membuat Anda dehidrasi.

Cobalah air yang dicampur dengan buah-buahan segar untuk menyegarkan dan menjaga Anda tetap terhidrasi. 

Nah, itu dia sejumlah cara menyejukkan rumah saat AC rusak. Selamat mencoba! 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/18/084900076/dijamin-berhasil-ini-7-cara-menyejukkan-rumah-saat-ac-rusak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke