Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda yang Harus Ada di Meja Nakas Samping Tempat Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tempat tidur, meja nakas atau meja samping tempat tidur adalah salah satu furnitur penting di kamar tidur. Meja nakas menawarkan tempat yang berguna untuk menyimpan barang-barang penting dalam jangkauan setiap kali Anda di tempat tidur.

Selain itu, meja nakas menyelamatkan kita dari bangun dari tempat tidur untuk mengambil sesuatu yang kita butuhkan.

Masalahnya, meja nakas sering menjadi tempat meletakkan atau menyimpan barang yang tidak perlu. Perangkat elektronik, dokumen, perhiasan dan produk perawatan diri dapat menumpuk di meja nakas.

Itulah mengapa penting untuk hanya meletakkan barang-barang tertentu di meja nakas.

Selain itu, beberapa benda di meja nakas dapat membuat kita tidak bisa tidur nyenyak. Kita kerap menyimpan ponsel atau tablet di samping tempat tidur, yang menurut para ahli dapat memengaruhi kualitas tidur.

Dalam hal merapikan meja nakas, yang terbaik adalah menjaganya tetap minimalis, rapi, dan hanya dengan barang-barang penting yang mungkin Anda perlukan.

Dikutip dari Tom's Guide, Jumat (14/7/2023), berikut beberapa benda yang harus ada di meja nakas.

1. Lampu

Setiap meja nakas membutuhkan lampu untuk menciptakan suasana nyaman, dan menawarkan pencahayaan lembut untuk membaca cepat sebelum tidur.

Selalu pertimbangkan ukuran lampu, karena Anda tidak menginginkan sesuatu yang terlalu besar dan tidak praktis.

Anda juga tidak boleh menggunakan cahaya yang terang, jadi pilihlah lampu dengan watt rendah, atau gunakan lampu sentuh yang dapat diredupkan untuk kecerahan yang dapat disesuaikan.

Lampu yang dapat diredupkan ini hadir dalam semua desain, warna, dan ukuran yang berbeda dan beberapa bahkan memiliki port USB yang praktis.

Namun, jangan mengisi daya ponsel atau perangkat elektronik lainnya saat Anda sedang tidur.

2. Jam alarm

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menggunakan jam alarm di ponsel, itu tidak disarankan. Selain itu, terus-menerus menjangkau untuk menekan 'snooze' dan memeriksa waktu dapat mengganggu tidur.

Sebaliknya, berinvestasilah pada jam alarm tradisional untuk tujuan itu. Saat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai jam alarm digital yang dilengkapi dengan tampilan LED yang dapat diredupkan, speaker bluetooth, pengisi daya USB, atau radio.

3. Buku atau jurnal yang bagus

Membaca dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu Anda bersantai sebelum tidur. Daripada menelusuri bahan bacaan di ponsel, pertimbangkan buku yang bagus untuk disimpan di meja samping tempat tidur.

Para ahli juga menyarankan untuk meletakkan buku harian alias jurnal dan pena, agar Anda dapat menuliskan ide, pemikiran, atau tujuan apa pun sebelum tidur. Ini juga cara yang bagus untuk mencatat hal-hal ini saat muncul di benak Anda, sebelum Anda lupa keesokan harinya.

Jika Anda memiliki banyak buku untuk dipilih, Anda dapat berinvestasi dalam alat pembaca buku digital yang menggunakan cahaya hangat bawaan untuk kenyamanan membaca tanpa melelahkan mata Anda.

Selain itu, ini jauh lebih baik daripada cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat pintar yang merusak siklus tidur.

4. Satu botol air

Meja samping tempat tidur penting lainnya adalah satu botol air. Jika Anda cenderung membawa segelas air setiap malam, Anda dapat menyelamatkan diri dari masalah dengan mendelegasikan sudut meja samping tempat tidur ke satu botol air.

Ini akan menghemat perjalanan Anda untuk mengambil air di tengah malam, dan mengganggu tidur Anda. Selain itu, botol air minum menambah gaya pada meja samping tempat tidur, dan akan memberikan kesan.

5. Senter kecil

Senter mungkin tampak aneh untuk dimiliki di meja nakas, tetapi ini penting dalam keadaan darurat. Baik itu pemadaman listrik, atau suara orang tak dikenal, ini untuk memastikan Anda selalu dapat menemukan jalan ke tempat yang aman, terutama jika Anda memiliki anak.


Bahkan jika Anda memiliki sedikit ruang di meja nakas, selalu simpan senter kecil di dekat Anda.

6. Kacamata

Jika Anda memakai kacamata setiap hari, Anda memerlukan tempat untuk mengaksesnya dengan mudah. Biasanya, kacamata disimpan di meja nakas agar Anda tidak kesulitan mencarinya saat bangun tidur.

Anda dapat menempatkan kacamata di wadah aslinya, atau Anda dapat menemukan wadah untuk meletakkan kacamata. Ini tidak hanya akan melindungi lensa dari goresan tetapi juga menambah gaya pada meja nakas.

7. Tisu

Apakah Anda menderita alergi, atau flu, selalu merupakan ide yang baik untuk menyimpan sekotak tisu.

Jika Anda tidak ingin kotak besar mengambil alih meja nakas, pilihlah kotak tisu berukuran kecil. Untuk menyembunyikan kotak tisu yang tidak sedap dipandang, Anda dapat membeli kotak tisu dekoratif.

Hal-hal lain yang dapat disimpan di meja nakas

Jika Anda memiliki lebih banyak ruang kosong di meja nakas, Anda dapat mempertimbangkan juga untuk meletakkan beberapa benda seperti vas bunga dekoratif, masker tidur, semprotan bantal, minyak esensial yang menenangkan, hingga wadah kecil untuk meletakkan barang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/14/072000876/7-benda-yang-harus-ada-di-meja-nakas-samping-tempat-tidur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke