Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Menata Ruang Tamu agar Tampak Rapi

Demi memberi kenyamanan, penting membuat ruang tamu tertata baik, tapi tetap mencerminkan sentuhan personal Anda.

Untuk menjaga ruang tamu bebas kekacauan, Anda perlu pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Dikutip dari Real Homes, Kamis (6/7/2023), berikut sejumlah cara menata ruang tamu agar tampak rapi.

Ruang tamu terkadang juga berfungsi sebagai ruang kerja, ruang makan, dan banyak lagi. Dalam situasi tersebut, penting berpikir kreatif dalam memilih perabot yang dapat berfungsi ganda.

Sembunyikan kabel

Ruang tamu tak jarang merupakan tempat sebagian besar teknologi berada, dari TV, konsol game, hingga komputer desktop, sehingga sering kali terdapat banyak kabel yang mengganggu dan membuat buruk ruangan. 

Untungnya, ada berbagai pilihan pengatur manajemen kabel yang memungkinkan Anda  mengatur atau menyembunyikan kabel perangkat.

Untuk ruang yang lebih bebas kekacauan, cobalah menyingkirkan teknologi apa pun yang tidak Anda gunakan setiap hari.

Pertimbangkan pencahayaan

Cahaya alami dapat memberikan manfaat pada suasana ruangan. Namun, kurangnya cahaya dapat membuat rumah terasa tidak teratur atau sempit.

Pertimbangkan mengganti penutup jendela yang mengganggu. Jika penutup jendela tidak dapat diubah, pertimbangkan menempatkan lampu guna mencerahkan ruangan.

Sebagai contoh, untuk menjaga ruangan nyaman dan tidak berantakan, sediakan tempat untuk barang, seperti bantal dan selimut, di ruang tamu. Gunakan keranjang untuk menyimpannya. 

Singkirkan dinding galeri

Dinding galeri dapat berfungsi sebagai pajangan indah untuk semua karya seni berbingai, foto, dan benda-benda favorit Anda.

Namun, koleksi bingkai yang terlihat saling berhimpitan tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk ruang tamu, terutama untuk ruang tamu yang tidak terlalu luas dan sudah terasa berantakan.

Alih-alih mengumpulkan objek dan bingkai yang tidak proporsional, pilihlah memasang objek yang lebih besar, seperti lukisan besar atau koleksi foto berbingkai bergaya serupa, untuk tampilan lebih ramping.

Hindari membeli tempat penyimpanan secara berlebihan

Hindari menambah kekacauan dengan terlalu banyak tempat penyimpanan. Sebelum membeli banyak barang, luangkan waktu di ruang tamu untuk menganalisa jenis wadah penyimpanan yang terbaik dan membuat daftar.

Setelah itu, mulailah berbelanja produk pengorganisasian terbaik untuk menciptakan ruang tamu yang bersih dan rapi.

Hindari terlalu banyak tanda dan tulisan

Terlepas dari popularitas tanda dekoratif, penting diingat, terlalu banyak barang juga dapat berkontribusi pada kekacauan visual.

Alih-alih menampilkan banyak tanda, pertimbangkan memfokuskan dekorasi pada satu tanda atau menukarnya dengan karya seni yang lebih menarik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/06/133600076/7-cara-menata-ruang-tamu-agar-tampak-rapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke