Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing yang Suka Menggonggong, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggonggong adalah ciri khas anjing yang paling mudah dikenali. Akan tetapi, beberapa ras anjing lebih sering menggonggong dibandingkan ras anjing lainnya.

Jika Anda tinggal di apartemen atau kompleks perumahan, Anda mungkin perlu menghindari memelihara anjing yang suka menggonggong agar tidak mengganggu tetangga atau penghuni lainnya.

Dikutip dari Hepper, Selasa (13/6/2023), salah satu alasan anjing menggonggong adalah bosan. Ketika anjing dibiarkan sendirian untuk waktu yang lama, mereka akan mencoba mencari cara untuk menyibukkan diri.

Hal ini dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan, seperti mengunyah, buang air kecil, atau menggonggong sembarangan pada orang yang lewat melalui jendela.

Pastikan Anda menjaga anjing tetap aktif dan berolahraga dengan mainan, jalan-jalan, dan aktivitas menarik untuk mengurangi gonggongannya.

Selain itu, seperti halnya anak kecil, anjing akan menggonggong saat sedang bersemangat.

Meskipun Anda dapat melatih anjing untuk tidak terlalu banyak menggonggong, anjing kemungkinan besar masih akan menggonggong saat Anda pulang kerja, saat Anda memberinya mainan baru, atau saat kurir paket datang.

Berikut beberapa ras anjing yang sering menggonggong.

1.Chihuahua

Anjing kecil yang penuh semangat ini pasti memiliki reputasi sebagai anjing yang gemar menggonggong.

Saat mereka merasa tidak yakin dengan seseorang, hewan peliharaan, atau situasi, atau saat mereka mengira manusia atau rumahnya dalam bahaya, mereka akan mulai menggonggong dengan nyaring.

Batasi gonggongan dengan mensosialisasikan anjing Chihuahua sejak usia dini. Selain itu, pastikan untuk memberinya banyak perhatian dan waktu bermain.

Kebosanan juga dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan, seperti menggonggong secara berlebihan.

Ras anjing yang menggemaskan dan menyenangkan ini dikembangkan untuk berburu. Namun, Beagle memiliki suara yang panjang, dalam, meringkik ketika dia mencium aroma.

Mereka juga dapat menangkap lolongan dari anjing tetangga, kereta api, atau suara keras lainnya.

3. Cairn Terrier

Anjing ini awalnya dibiakkan untuk berburu hama kecil, termasuk tikus dan tupai. Akar perburuan mereka sangat dalam karena Cairn Terrier suka menggonggong pada sesuatu yang lebih kecil, atau lebih besar dari mereka.

Anjing ini menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat bagi pemilik anjing berpengalaman dengan anak-anak yang lebih besar.


Jika Anda membiarkan Cairn Terrier keluar untuk bermain-main di sekitar halaman, pastikan tidak ada lubang di pagar karena anjing ini suka mengejar.

4. Pomeranian

Anjing yang menggemaskan ini mencintai kehidupan dan penuh dengan kepribadian yang ceria. Pomeranian dapat tumbuh sangat dekat dengan pemiliknya, yang menyebabkan kecenderungan banyak menggonggong.

Gonggongan mereka yang melengking terjadi ketika mereka merasa terancam atau tidak yakin dengan situasinya.

5. Miniature Pinscher

Berlawanan dengan kepercayaan populer, anjing Miniature Pinscher yang gagah bukanlah variasi kecil dari Doberman, meskipun ia benar-benar terlihat seperti itu.

Anjing ini akan menggonggong setiap ada kesempatan, terutama jika dia mendengar ketukan di pintu atau melihat orang asing mendekat.

Untuk membuatnya diam, sosialisasi awal dengan anjing lain dan manusia adalah keharusan mutlak.

6. Rat Terrier

Kecil tapi kuat, anjing Rat Terrier adalah anjing kecil yang tak kenal takut dengan banyak energi. Bukan hanya itu, tetapi mereka bisa keras.

Dengan gonggongan yang menusuk telinga, Rat Terrier akan selalu membuat kehadirannya diketahui. Meskipun mereka dapat hidup di apartemen, Anda perlu melatihnya sejak usia muda untuk mengekang gonggongannya yang berlebihan.

7. Dachshund

Dikenal oleh penggemar sebagai anjing sosis, anjing asal Jerman ini awalnya dibiakkan untuk berburu musang.

Mereka adalah salah satu ras anjing yang paling vokal dan benar-benar suka menggonggong pada apa pun yang menarik minat mereka, atau ketakutan. Anjing akan hidup dengan baik bawah asuhan pemilik yang berpengalaman dan sabar.

8. Australian Shepherd

Anjing ini suka menggonggong. Tapi mereka juga berkomunikasi dengan cara lain, seperti merengek.

Jangan biarkan anjing ini bosan atau kesepian. Jika dibiarkan terlalu lama, anjing ini akan melakukan perilaku yang mengganggu dan merusak.

Anjing penjaga yang halus dan anggun ini akan menggonggong saat anjing atau orang lain menyerbu ruang mereka, saat mereka merasakan bahaya, atau saat mereka sedang bersemangat. 

Anjing German Shepherd juga akan mengeluarkan suara rendah dan pendek dengan jarak berjauhan saat mereka bosan.

10. Alaskan Malamute

Meskipun anjing penarik kereta luncur salju ini tidak menggonggong, suara vokal mereka termasuk lolongan, rengekan, dengusan, dan desahan.

Bahkan dengan pelatihan yang tepat dan sabar, Anda tidak dapat membuat mereka benar-benar diam, dan mereka akan marah jika Anda mencobanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/13/200905376/10-ras-anjing-yang-suka-menggonggong-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke