Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Membersihkan Bak Cuci Piring Stainless Steel

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring waktu, wastafel dapur atau bak cuci piring stainless steel dapat menumpuk kerak sehingga kehilangan kilaunya dan terlihat kotor.

Untuk menjaganya tetap higienis dan tetap dalam tetap dalam kondisi prima, penting untuk membersihkannya secara teratur. Untuk membersihkan wastafel dapur stainless steel, Anda dapat menggunakan bahan-bahan rumah tangga.

Dilansir Homes and Gardens, Kamis (24/5/2023), berikut ini 5 langkah membersihkan bak cuci piring stainless steel.

1. Bilas bak cuci piring stainless steel

Wastafel harus bebas dari sisa-sisa makanan sebelum Anda mulai membersihkannya. Stainless steel tahan terhadap pertumbuhan jamur namun tetap harus dibersihkan dari sisa makanan.

Hal ini juga perlu dilakukan supaya tidak mengundang hama.

2. Gunakan spons dan sabun cuci piring

Menggunakan sabun cuci piring adalah cara yang efektif untuk membersihkan bak cuci piring stainless steel. Anda juga memerlukan spons antigores.

Lucy Searle, global editor in chief Homes & Gardens mengatakan, jangan pernah menggunakan wol kawat atau penggosok abrasif untuk membersihkan bak cuci piring stainless steel.

Bahan-bahan tersebut dapat menggores permukaannya. Usapkan larutan sabun cuci piring dengan spons untuk membersihkannya, lalu bilas, katanya.

Anda juga dapat mengunakan pembersih khusus untuk stainless steel. Gunakan produk sesuai petunjuk, yang mungkin termasuk mendiamkannya sebelum menggunakan kain atau spons.

4. Membersihkan noda dari bak cuci piring

Jika sabun cuci piring atau produk pembersih yang Anda pilih tidak dapat menghilangkan noda pada bak cuci piring stainless steel, cobalah untuk menggunakan soda kue.

Taburkan pada bak cuci piring yang lembap, lalu gunakan kain atau spons antigores untuk mengatasi noda. Bersihkan dengan mengikuti serat stainless steel, lalu bilas setelah selesai.

5. Menghilangkan kerak dari bak cuci piring stainless steel

Endapan kerak dapat menumpuk di bak cuci piring stainless steel sehingga merusak penampilannya. Anda dapat membersihkannya dengan bahan dapur, yakni cuka.

Buatlah larutan cuka putih suling dan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot. Semprotkan pada bak cuci piring, biarkan 1-2 menit, lalu seka dan bilas.

Sebaiknya bilas dan keringkan bak cuci piring setiap kali Anda menggunakannya untuk mencegah penumpukan kerak, ujar Lucy Searle. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk menghilangkan karat dari stainless steel.

Cara alternatif membersihkan bak cuci piring stainless steel

Club soda

Isi botol semprot dengan club soda, semprotkan ke wastafel. Pastikan untuk mengelap wastafel hingga kering dengan kain mikrofiber dan selalu mengelap searah dengan arah serat wastafel.

Cuka dan minyak

Masukkan cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada wastafel. Gunakan kain mikrofiber untuk menyeka wastafel dapur searah dengan arah serat stainless steel, lalu bilas. Jika sudah bersih dan bebas noda, ambil kain, celupkan ke dalam minyak zaitun atau baby oil.

Seka wastafel searah dengan arah serat menggunakan minyak tersebut. Hal ini akan menambah kilau pada stainless steeel.

Sabun cuci piring dan minyak

Campurkan sedikit sabun cuci piring dan air hangat. Terapkan larutan tersebut ke wastafel dan seka dengan kain mikrofiber.

Selalu seka dengan arah serat dan lap wastafel dengan sedikit minyak untuk membuatnya berkilau.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/25/113500376/5-langkah-membersihkan-bak-cuci-piring-stainless-steel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke