Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Karpet Wol dengan Alat dan Bahan Rumah Tangga

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah kenyamanan, karpet atau permadani yang terbuat dari wol juga mempercantik ruangan. Bahan ini terasa hangat di kaki dan dikenal tahan lama.

Meski dikenal awet, karpet wol juga tetap perlu dibersihkan untuk menjaga kondisinya. Untungnya, Anda dapat membersihkannya dengan beberapa langkah sederhana.

Dilansir The Spruce, Rabu (10/5/2023) berikut cara membersihkan karpet wol dengan alat dan bahan rumah tangga.

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Vacuum cleaner
  • Sapu
  • Ember
  • Spons
  • Handuk lama
  • Air dingin
  • 1 sampai 2 sendok deterjen pencuci wol

Cara membersihkan karpet wol

1. Bersihkan kotoran

Pilih hari yang cerah untuk membersihkan karpet wol. Bawa ke laur dan gantung di atas jemuran yang kokoh, pagar teras, atau beberapa kursi yang kuat.

Gunakan sapu atau pemukul karpet untuk melonggarkan kotoran yang menempel. Bersihkan pula alas karpet (rug pad) dan lantai di bawah karpet.

2. Gunakan vacuum cleaner

Bentangkan karpet di tempat yang rata dan bersihkan debu secara menyeluruh dengan vacuum cleaner. Balikkan karpet dan sedot debu di sisi lainnya.

3. Gunakan larutan deterjen

Gunakan larutan detergen yang lembut untuk membersihkan karpet wol dengan aman. Isi ember besar dengan air dingin, lalu tambahkan satu hingga dua sendok makan detergen dan aduk rata. Isi ember kedua dengan air bersih dan dingin.

4. Gosok ringan

Celupkan spons ke dalam larutan pembersih dan mulailah menggosok di salah satu ujung karpet. Kerjakan dalam area seluas sekitar 90 x 90 cm dan gosokkan spons pada larutan pembersih dengan tekanan lembut.

Bilas spons sesering mungkin. Jangan terlalu membasahi seratnya. Wol sangat mudah menyerap dan membutuhkan waktu lama untuk mengering.

5. Bilas busa

Celupkan spons bersih ke dalam air bersih, lalu bilas area yang telah Anda bersihkan dengan cara mengusapkannya ke setiap bagian. Jangan lewatkan hal ini untuk menghindari detergen tertinggal pada serat.

6. Keringkan kelembapan

Seka area yang sudah dibersihkan dengan handuk untuk menyerap kelembapan yang berlebih. Bergeserlah ke bagian yang berbeda dan ulangi langkah-langkah tersebut hingga Anda mengelap seluruh permukaan.

7. Biarkan mengering

Biarkan karpet kering sebelum meletakkannya kembali di atas alas karpet. Untuk mempercepat pengeringan, gantung karpet atau tempatkan karpet di tempat yang lebih tinggi.

Cara menghilangkan noda dari karpet wol

Ketika terjadi tumpahan, tangani dengan segera untuk mendapat hasil terbaik dalam membersihkannya. Berikut ini beberapa tips membersihkan noda dari karpet wol.

1. Jangan menggosok

Jangan menggosok noda yang baru. Segera angkat kotoran dengan alat yang memiliki ujung tumpul seperti sendok atau spatula, seka cairan dengan tisu basah.

Menggosok hanya akan mendorong noda lebih dalam ke dalam serat.

2. Biarkan lumpur mengering

Untuk noda lumpur, tunggu hingga mengering di karpet sebelum membersihkannya. Noda lumpur kering lebih mudah dihilangkan dengan menggunakan alat tumpul dan penyedot debu.

3. Oleskan penghilang noda

Jangan menuangkan jenis pembersih noda apa pun secara langsung pada karpet wol. Oleskan sedikit pada kain putih, lakukan uji coba untuk memastikan pembersih tersebut tidak menyebabkan warna luntur.

Hal ini juga membantu menghindari residu sabun berlebih yang tertinggal di serat wol.

4. Lakukan dengan lembut

Selalu gunakan penghilang noda yang direkomendasikan untuk karpet wol, atau sabun cuci piring dan air hangat.

5. Hindari pemutih

Jangan menggunakan pemutih klorin, amonia, atau pemutih oksigen pada karpet wol. Bahan-bahan kimia ini dapat merusak wol dan menyebabkan warnanya luntur atau hilang.


6. Coba gunakan soda kue

Bersihkan karpet wol menggunakan soda kue dengan menaburkannya di area yang terkena noda. Diamkan hingga satu jam, lalu bersihkan dengan penyedot debu.

Ulangi sesuai kebutuhan hingga noda terangkat.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/10/183900376/cara-membersihkan-karpet-wol-dengan-alat-dan-bahan-rumah-tangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke