Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 6 Tanaman Hias Ini Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Lingkungan yang tidak kondusif tidak akan membuat Anda merasa nyaman sekeras apa pun berusaha. 

Untungnya, ada banyak hal yang membantu tidur malam lebih cepat dan berkualitas, salah satunya meletakkan tanaman hias di kamar tidur. 

Erin Marino dari toko tanaman online The Sill, mengatakan tanaman hias tidak hanya mempercantik tampilan ruangan secara keseluruhan, tapi penelitian menunjukkan juga bisa meningkatkan suasana hati dan produktivitas, mengurangi stres, memberi ketenangan, menjaga kelembapan, menghasilkan oksigen, serta menyaring polutan udara. 

Namun, tidak semua tanaman hias bekerja baik di kamar tidur karena tidak semuanya memiliki kemampuan menenangkan dan memurnikan udara. 

Dilansir dari House Beautiful, Selasa (9/5/2023), berikut beberapa tanaman hias yang dapat membantu tidur lebih nyenyak. 

"Tanaman lidah mertua telah terbukti menyaring benzena, formaldehida, trikloroetilena, xilena, dan toluena," jelas Marino.

Lidah mertua juga merupakan salah satu dari sedikit tanaman hias yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari; sesuatu yang hanya dapat dilakukan  sebagian besar tanaman hias pada siang hari.

Peningkatan kualitas udara ini akan membuat tidur lebih nyenyak, khususnya jika Anda rentan terhadap alergi.  

English ivy 

Selanjutnya, tanaman hias yang dapat membantu tidur lebih nyenyak adalah English ivy. Jika Anda rentan terhadap alergi musiman yang buruk pada malam hari, tanaman English ivy dapat membantu mengatasinya.

Penelitian menunjukkan tanaman English ivy memiliki kemampuan mengurangi jamur dan kotoran di udara, membuat udara menjadi lebih bersih, dan mengurangi gejala asma.

Pastikan tanaman English ivy jauh dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak karena dapat menjadi sedikit beracun jika tertelan. 

Jesse Waldman dari Pistils Nursery, sebuah toko tanaman yang berbasis di Portland, Oregon, Amerika Serikat, mengatakan jika ada cukup cahaya, Anda bisa dengan mudah menanam lavender di dalam ruangan. 

"Dedaunan dan bunganya penuh dengan minyak wangi yang telah terbukti membantu orang untuk rileks, memperbaiki suasana hati, dan membuat mengantuk," imbuhnya. 

Namun, jika menanam lavender tidak memungkinkan, Waldman mengatakan Anda masih bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan menggunakan daun kering di bawah bantal untuk "sedikit aromaterapi."  

Pakis

Pakis juga merupakan tanaman hias yang dapat membantu tidur lebih nyenyak. Pakis terbukti dapat menyaring formaldehida, xilena, dan toluena.

Variasi yang cantik ini ditandai dengan daunnya yang berwarna hijau cerah dan bermata riak dan tumbuh subur di lingkungan lembap sehingga ideal di kamar mandi atau musim panas.

Tanaman pakis memiliki efek sangat besar terhadap polutan dalam ruangan, jadi sangat cocok ditanam di rumah.

"Tanaman ini menyaring udara, membuat tidur nyenyak, dan menghasilkan plantlet atau 'anakan' yang berlimpah yang dapat dipisahkan dari tanaman induk dan diberikan kepada teman atau ditimbun untuk pemurnian udara ekstra," ujar Waldman.  

Tanaman dengan perawatan rendah ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari yang terang dan tidak langsung.

Meski menjadi tanaman hias yang dapat membantu tidur lebih nyenyak, tanaman lili perdamaian beracun untuk hewan peliharaan dan anak-anak jika tertelan.  

Heartleaf philodendron

Menurut Marino. heartleaf philodendron adalah tnaman yang mudah dirawat serta sangat efektif menyerap formaldehida dari udara dalam ruangan.

"Udara dalam ruangan yang kering dapat menjadi penyebab sejumlah penyakit, termasuk masalah pernapasan, sakit tenggorokan, pilek, bahkan berjerawat," imbuhnya. 

Tanaman dalam ruangan membantu menjaga dan meningkatkan tingkat kelembapan dengan mengeluarkan uap air selama transpirasi.

"Heartleaf philodendron juga memberikan kesan hutan yang kental dan sangat cocok untuk rumah dengan pladon tinggi," ucapnya. 

Nah, itu dia sejumlah tanaman hias yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/09/213500776/catat-6-tanaman-hias-ini-dapat-membantu-tidur-lebih-nyenyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke