Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Membersihkan Microwave dengan Tisu Basah Antibakteri, Kenapa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave bisa sangat kotor karena kotoran dan sisa makanan akibat frekuensi penggunannya. Namun, untuk alasan kepraktisan, apakah aman membersihkan microwave dengan tisu basah antiseptik?

Dikutip dari House Digest, Rabu (19/4/2023), sebenarnya membersihkan bagian dalam microwave dengan tisu basah antibakteri bukan ide terbaik.

Tisu basah antibakteri dapat meninggalkan residu yang belum tentu sehat untuk dicerna dan menggunakannya mungkin bukan cara yang efektif untuk membersihkan microwave. Dalam beberapa kasus, tisu ini bahkan dapat menyebabkan microwave rusak.

Meskipun mungkin bebas pemutih, tisu basah antibakteri masih mengandung bahan kimia yang tidak boleh dimasukkan ke dalam makanan setiap hari.

Menurut Environmental Working Group, bahan aktif dalam tisu basah antibakteri memiliki pengaruh terhadap sistem kekebalan, endokrin, saraf, dan reproduksi.

Bila digunakan sebagaimana dimaksud, bahan-bahan ini mungkin belum tentu menyebabkan kerusakan, tetapi bila tertelan secara tidak sengaja, terutama secara teratur, bisa berbahaya.

Dengan demikian, tisu basah antibakteri dapat bekerja dalam keadaan darurat, tetapi setelah itu, Anda harus selalu menyeka secara menyeluruh dengan air dan mengeringkan bagian dalam microwave untuk menghindari residu yang tertinggal yang dapat dikeluarkan dengan uap.

Lebih baik Anda menggunakan tisu basah antibakteri untuk membersihkan bagian luar microwave.

Anda harus menghindari memasukkan bahan kimia keras seperti pemutih, amonia, atau pembersih bubuk ke dalam microwave.

Tidak hanya mengerikan untuk dicerna dan dihirup, tetapi juga dapat merusak microwave, merusak cat pelindung, melemahkan plastik, dan menyumbat lubang ventilasi.

Demikian pula, Anda harus menghindari penggunaan spons abrasif dan sikat gosok, dan gunakan spons lembut, kain katun, dan kain mikrofiber. Begitu dimasukkan ke dalam microwave, pembersih yang keras sangat sulit dibersihkan dan dapat merusak rasa dan keamanan makanan.

Cara membersihkan microwave

Tisu basah antibakteri berfungsi jika hanya itu yang Anda miliki, tetapi ada banyak cara lain untuk membersihkan microwave dengan sedikit usaha.

Yang terbaik adalah tetap menggunakan solusi yang tidak berpotensi membahayakan jika Anda secara tidak sengaja menelannya, seperti jeruk, cuka, soda kue, dan air biasa.

Untuk pembersihan sederhana dan sempurna, isi mangkuk tahan microwave dengan beberapa cangkir air dan tambahkan 2 hingga 3 sendok makan cuka putih atau cuka apel. Panaskan mangkuk dalam microwave sampai airnya hampir mendidih.

Waktu dapat bervariasi, tetapi ini biasanya memakan waktu sekitar tiga menit. Pastikan cuka dan air membuat semburan uap di dalam microwave sehingga dapat mulai melunakkan makanan yang berkerak.

Keluarkan semangkuk air panas dengan hati-hati dari microwave dan seka dengan lap basah atau tisu dapur.


Untuk kotoran yang berlapis, Anda dapat mengulangi metode ini dan menambahkan perasan air lemon ke dalam mangkuk. Asam dari cuka dan lemon akan membantu memecah makanan lebih lanjut.

Untuk kekuatan menggosok yang lebih besar, campurkan soda kue dan air menjadi pasta dan gosokkan dengan lembut ke makanan yang menempel untuk mengangkat kotoran.

Setelah selesai, seka bagian dalam microwave dengan air dan keringkan sebelum digunakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/19/180500876/jangan-membersihkan-microwave-dengan-tisu-basah-antibakteri-kenapa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke