Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memilih Handuk Mandi Berkualitas dan Warna yang Terbaik

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena digunakan setiap hari, handuk mandi kerap tidak diperhatikan dengan baik. Padahal, handuk dapat berdampak signifikan pada tampilan keseluruhan rumah.

Memilih warna handuk yang salah atau bahkan kain yang lebih murah yang tidak dapat dicuci dengan baik berarti Anda akan dibiarkan dengan handuk yang berjumbai di tepinya dan mengganggu tampilan rumah.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (19/4/2023), menurut desainer interior Jenny Allan dari Jenny Allan Design, handuk menambahkan sentuhan akhir yang sempurna ke kamar mandi mana pun. Oleh karena itu, memilih handuk berkualitas tinggi sangatlah penting.

Selain pilihan warna-warni, handuk putih klasik dengan sulaman atau monogram adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tampilan kamar mandi mana pun, ujar Allan.

Cara memilih handuk mandi berkualitas

Dalam hal menemukan bahan yang tepat untuk handuk, ada banyak pilihan untuk dipilih. Penting bahwa handuk lembut dan menyerap, meskipun daya tahannya juga diperlukan.

Pilihan yang lebih menarik termasuk handuk yang terbuat dari benang katun, termasuk katun organik.

Hati-hati dengan handuk yang bersertifikat Standar Tekstil Organik Global (GOTS), yakni pemrosesan tekstil terkemuka dunia untuk serat organik, jika Anda mencari sesuatu yang menghadirkan kelembutan dan umur panjang.

Joanna Ross dari pemasok handuk Sheridan menyatakan, warna adalah kunci dan memiliki kemampuan untuk mengubah kamar mandi.

Baik itu menambahkan semburat warna dengan warna merah yang berani atau mengencangkan kamar mandi dengan warna biru yang menenangkan.

Biru adalah salah satu warna paling populer di kamar mandi. Ini dapat memberikan efek positif pada suasana hati kita karena menghubungkan kita dengan langit biru atau lautan yang ditemukan di alam, yang membantu kita merasa rileks.

Warna biru diketahui dapat membantu menenangkan pikiran dan menghasilkan perasaan tenang, sensasi yang sempurna untuk bersantai di penghujung hari, tutur Ross.

Allan menambahkan, ketika memilih handuk, penting bahwa handuk melengkapi keseluruhan estetika kamar mandi. Bila Anda mencari handuk berwarna, pilih warna yang serasi dengan warna dasar ubin.

Misalnya, jika Anda memiliki ubin kamar mandi abu-abu, beberapa warna abu-abu memiliki warna coklat hangat sehingga kelabu tua akan ideal sementara abu-abu lainnya memiliki rona dingin, dalam hal ini handuk biru bisa bekerja dengan baik, saran Allan.

Cara merawat handuk mandi

Anda disarankan untuk mencuci handuk dengan mesin cuci lembut dengan suhu 40 derajat dan hanya mencuci handuk dengan air panas sesekali sebagai pembersihan mendalam. Handuk sebaiknya dikeringkan di luar di tempat teduh karena sinar matahari yang cerah dapat memudarkan warnanya.

Menurut Ross, dalam hal perawatan handuk dan memastikannya tahan lama, cuci handuk dengan mesin cuci pada siklus pencucian lembut dengan suhu 40 derajat celcius.

Meskipun Anda tergoda untuk mengeringkan handuk di pengering, hindari karena akan mengurangi kelembutannya.

Untuk handuk putih, pencerah optik boleh digunakan, tetapi hindari penggunaan pada handuk berwarna, dan coba pisahkan untuk menghindari warna luntur, saran Ross.

Dia merekomendasikan untuk segera mengatasi noda apa pun dan menggunakan penghilang noda berbasis oksigen.

Jika Anda melakukan banyak pencucian, cobalah untuk tidak membuat mesin cuci terlalu penuh. Dengan demikian, ada banyak air di sekitar handuk untuk direndam dan dicuci.

Ross merekomendasikan pembersihan mendalam sesekali pada siklus hangat ke panas untuk menghilangkan bakteri dan minyak. Pencucian pada suhu 40 hingga 60 derajat celcius sangat ideal untuk ini.

Ross juga menghindari penggunaan pelembut berbahan dasar silikon karena ini akan menolak air dan akan mengurangi daya serap handuk.

Pun Ross menyarankan untuk mengeringkan handuk di tempat teduh. Ketika cuaca memungkinkan, keringkan handuk di tempat teduh guna mengurangi penggunaan listrik dan juga berarti handukakan bertahan lebih lama.

Karena menjemur handuk di bawah sinar matahari langsung seringkali dapat mengubah warnanya, jadi sebaiknya hindari hal ini, ucap Ross.

Handuk dapat dimasukkan ke dalam mesin pengering selama beberapa menit saat hampir kering, karena ini akan memaksimalkan kelembutannya.

Ross menyatakan, sangat penting untuk memastikan handuk benar-benar kering sebelum disimpan di lemari linen. Kesalahan umum adalah tidak memeriksa apakah handuk sudah benar-benar kering.

Jika Anda menyimpan handuk yang sebagian basah, ini dapat meninggalkan bau yang tidak sedap dan juga dapat mengurangi masa pakai handuk.

Apabila Anda perlu mengeringkan handuk sepenuhnya, saya akan merekomendasikan untuk mengeringkannya pada pengaturan sedang hingga hangat dan memastikannya benar-benar kering sebelum disimpan di lemari linen, tutur Ross.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/19/163900076/cara-memilih-handuk-mandi-berkualitas-dan-warna-yang-terbaik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke