Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Idul Fitri, Ini 7 Cara Mendekorasi Rumah Secara Gratis

Mendekorasi rumah telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap kali bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri. 

Hal ini dilakukan untuk mempercantik rumah demi membuat suasana berkumpul bersama keluarga dan kerabat semakin meriah, hangat, serta segar. 

Namun, mendekorasi rumah untuk menyambut Idul Fitri kerap membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Hal ini pun menjadi salah satu kendala terbesar yang menghalangi untuk mendekorasi rumah secara sempurna. 

Akibatnya, beberapa pemilik rumah mendekorasi rumah seadanya. Namun, ternyata Anda tidak harus membeli furnitur dan dekorasi baru untuk mengubah gaya ruang keluarga.

Ruangan dapat didekorasi ulang tanpa mengeluarkan uang hanya dengan mencoba berkreasi dengan barang-barang yang ada. Dengan bantuan beberapa trik cerdik, Anda dapat memperbarui gaya rumah tanpa biaya.

Dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (10/4/2023), berikut cara terbaik mendekorasi rumah secara gratis untuk sambut Idul Fitri.  

Perubahan sederhana pada cara menata perabotan di dalam ruangan dapat memberikan dampak visual yang besar.

Pertimbangkan membuat titik fokus di mana Anda dapat memusatkan perhatian dan menertibkan desain secara keseluruhan.

Entah Anda ingin menekankan gaya perapian, meja konsol, atau sofa, trik sederhana ini bisa memberikan keajaiban untuk memperkenalkan rasa kesegaran pada ruangan.

Memiliki tempat di dalam ruangan yang secara alami menarik perhatian sangat penting untuk meningkatkan daya tarik visual. 

Cermin yang ditopang

Selanjutnya, cara mendekorasi rumah secara gratis adalah menggunakan cermin yang ditopang. Cermin dapat meningkatkan kesan kedalaman di dalam ruangan dan memiliki peran dekoratif yang berharga.

Biasanya, merupakan ide baik menggantung cermin berbingkai, tetapi cermin yang lebih besar dapat bekerja lebih baik ketika disandarkan ke dinding.

Ini adalah metode yang lebih nyaman mendekorasi rumah dengan cermin karena tidak perlu membuat lubang di dinding.

Jika memiliki cermin besar yang berdebu di suatu tempat, cermin tersebut dapat digunakan untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas sekaligus mengubah area tersebut dengan udara lebih mengundang. 

Membawa alam bebas ke dalam rumah sangat mudah dengan bantuan tanaman dalam pot. Anda dapat mendekorasi rumah dan menyuntikkan kehidupan ke dalamnya tanpa perlu mengeluarkan uang.

Anda bisa menggunakan tanaman pot, seperti sukulen. Bisa pula memakai bunga potong untuk mendekorasi rumah. Ini merupakan solusi bagi mereka yang tidak ingin merawat tanaman hidup. Hanya saja, tanaman dalam pot bertahan lebih lama.   

Tampilan buku

Jika memiliki banyak koleksi buku, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendekorasi rumah secara gratis. Buku-buku di rak bisa diatur dengan gaya yang tidak terlalu tradisional.

Favorit umum bagi banyak penggemar buku adalah metode pengaturan buku berdasarkan warna. Hal ini menghasilkan tampilan bergaya, tapi Anda mungkin harus menyerah pada kepraktisan untuk menemukan buku yang tepat dengan mudah.

Solusi dekorasi rak buku bagus lainnya adalah menambahkan gambar atau elemen lain yang memberikan kepribadian baru pada koleksi buku. 

Bahkan, jika Anda hanya melakukan perubahan kecil, dapat mengubah suasana ruangan. Coba atur posisi sofa dengan lebih kreatif atau campur susunan kursi untuk meningkatkan spasialitas tempat tersebut.

Pindahkan nakas ke sisi lain di kamar tidur atau posisikan perabot dengan gaya yang tidak terlalu konvensional untuk menghadirkan perspektif baru. 

Bingkai foto

Daripada membeli karya seni mahal, mengapa tidak menggunakan foto-foto keluarga yang berharga untuk menghiasi dinding?

Ini adalah solusi mendekorasi rumah secara gratis sekaligus memajang kenangan favorit Anda. Pertimbangkan membuat galeri bingkai yang dipersonalisasi, yang menampilkan koleksi foto keluarga Anda.

Bahkan bingkai hitam paling sederhana pun bisa terlihat sangat menarik jika Anda berhasil mempertahankan keterpaduan dengan latar belakang putih yang serupa untuk setiap foto.   

Ubah tampilan bantal sofa 

Terakhir, mendekorasi rumah secara gratis adalah mengubah tampilan bantal sofa. Memadupadankan sarung bantal bisa memberikan karakter berbeda pada ruangan. Perhatikan pendekatan desain Anda saat ini dan coba bayangkan berbagai cara memadukan warna, pola, dan tekstur.

Aturan praktis yang baik adalah fokus pada pola kecil atau besar dengan sedikit tekstur. Cobalah menggabungkan percikan warna solid untuk menghindari mata yang berlebihan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/10/085055776/sambut-idul-fitri-ini-7-cara-mendekorasi-rumah-secara-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke