Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Mendekorasi Rumah Kecil agar Tampak Fungsional

Rumah kecil atau apartemen berukuran 30, 40 ,atau 50 m2 saat ini menjadi pilihan banyak orang. Alasan utamanya, harga rumah atau properti yang terus meningkat. Akibatnya, tidak banyak orang yang mampu membeli rumah lebih besar. 

Namun, tinggal di rumah kecil juga memiliki ragam kelebihan. Secara ekonomi, rumah kecil lebih baik karena ruang yang lebih sedikit berarti lebih minim kebutuhan untuk elemen lain.

Kunci membuat rumah kecil menjadi sempurna terletak pada membuatnya fungsional sekaligus memanfaatkan setiap milimeter.

Untuk melakukan hal tersebut, berikut sejumlah ide mendekorasi rumah kecil agar fungsional dilansir dari Decor Tips, Selasa (28/3/2023).  

Dalam kasus rumah kecil, ini adalah aspek mendasar sekaligus pengingat untuk memanfaatkan ruang semaksimal mungkin.

Jadi, kita harus berpikir panjang dan keras tentang cara terbaik membagi ruang keluarga dapur, dan kamar tidur untuk memaksimalkan ruang kita. 

Kesederhanaan

Kesederhanaan adalah konsep subjektif, tetapi dalam hal dekorasi, pada dasarnya terdiri atas ruang yang tidak membebani.

Pilihlah gaya dekorasi yang Anda sukai, tapi jangan berlebihan. Ingatlah bahwa rumah kecil membutuhkan segala sesuatu berada pada tempatnya, tidak menghalangi, dan tidak mengganggu aliran cahaya alami.

Selanjutnya, ide mendekorasi rumah kecil adalah memanfaatkan ruang-ruang alami. Jadilah cerdas dan manfaatkan semua sudut dan celah di rumah kecil.

Salah satu cara melakukannya adalah menentukan ukuran furnitur atau membuatnya sendiri alias furnitur custom. Dengan demikian, furnitur tidak membebani atau membuat rumah kecil makin sempit serta pas dengan ukuran ruangan.  

Cahaya adalah hal mendasar

Cahaya tidak memiliki kekuatan magis, tetapi bisa menciptakan ilusi optik. Cobalah tirai tipis atau semi transparan. Cahaya alami akan membuat rumah kecil atau ruangan mana pun tampak lebih nyaman.

Pencahayaan juga penting karena membantu menciptakan kedalaman sehingga menjaga ruang tamu Anda, misalnya, agar tidak terlihat datar.

Anda juga bisa menghadirkan suasana segar dan ringan dengan warna-warna terang. Agar tidak terlihat kusam, tambahkan beberapa elemen warna-warna cerah ke dalam rumah kecil. 

Disarankan menggunakan bahan semi-buram karena dapat memungkinkan sinar matahari masuk dengan lembut. 

Furnitur ini memiliki nilai estetika sekaligus memaksimalkan ruang tanpa mengorbankan desain maupun fungsi. 

Ada beberapa pilihan furnitur multifungsi yang bisa digunakan, seperti. meja kopi yang dapat diperluas, tempat tidur sofa atau sofa bed, tempat tidur dengan penyimpanan, serta penggunaan cermin yang strategis. 

Cermin adalah bagian dekorasi yang fantastis untuk bermain-main dengan efek optik. Dalam kasus rumah yang lebih kecil, cermin membantu menciptakan dimensi, kedalaman dan amplitudo.

Cara terbaik  menggunakan cermin di rumah kecil adalah dmenempatkannya di dinding yang dapat memantulkan ruangan lain. 

Pisahkan ruangan

Sebuah hal normal untuk menemukan kamar gabungan di rumah-rumah kecil. Jika Anda menyukai gaya yang tinggi, itu bagus.

Namun, sebaiknya pisahkan ruangan-ruangan yang berbeda di rumah kecil dengan elemen-elemen tertentu. Berikut cara memisahkan ruangan. 

  • Untuk ruang tamu, cobalah warna-warna lembut, sementara di kamar tidur gunakan warna-warna yang lebih hidup.
  • Menggunakan furnitur seperti meja rias atau rak.
  • Dinding kaca sangat populer untuk ide-ide seperti memisahkan dapur dari ruang keluarga. Ini adalah cara membedakan kedua ruang tanpa menghalangi setiap ruang sepenuhnya dari pandangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/28/075900076/6-ide-mendekorasi-rumah-kecil-agar-tampak-fungsional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke