Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memilih Gorden Terbaik untuk Rumah Kecil

Hal ini dapat membuat rumah terasa lebih lapang, membiarkan banyak cahaya masuk, dan menciptakan kesan lapang. 

Salah satu faktor yang membuat perbedaan adalah jendela dan ada baiknya Anda mempelajari jenis tirai yang harus digunakan di rumah kecil.

Gorden pendek atau panjang, bermotif atau polos, dan material yang digunakan. Ada begitu banyak pilihan gorden di pasaran sehingga sering kali membuat bingung memilih yang tepat. 

Gorden juga memainkan peran kunci sebagai isolator termal dan merupakan penghalang terhadap kebisingan jalan.

Dalam kasus rumah-rumah kecil, peran gorden bahkan lebih menonjol. Namun, memilih gorden untuk rumah kecil, harus mempertimbangkan tidak hanya ukuran ruangan, tapi juga jenis jendela yang dimilikinya.

Sebagai contoh, jika memiliki balkon, tirai ganda yang panjang adalah pilihan paling cocok karena tidak menghalangi jalan keluar seperti halnya tirai.

Di sisi lain, tirai cocok dengan jendela yang bisa dibuka. Selain itu, jika meletakkan perabot seperti meja rias di bawah jendela, Anda dapat memanfaatkan ruang dengan lebih baik. 

Pesona kerai untuk rumah kecil  

Jika terjebak di antara kerai dan gorden, lihat tautan yang akan menjawab beberapa pertanyaan. Namun, perlu diingat, kerai bisa sangat praktis di rumah-rumah kecil.

Karena tirai bisa digulung dan diturunkan dan hanya membutuhkan sedikit ruang, ruang yang Anda dapatkan bisa membuat perbedaan nyata.

Pilihan bagus yang mungkin sudah Anda kenal adalah kerai ulung. Kerai ini terbuat dari PVC atau fiberglass dan memberikan estetika lebih modern.

Salah satu keuntungan kerai adalah sangat pas dengan jendela sehingga Anda dapat memaksimalkan ruang. 

Namun, jika lebih menyukai gorden, Anda tidak perlu mengorbankannya hanya karena rumah kecil. Ingatlah bahwa Anda membutuhkan beberapa inci ekstra di luar sisi jendela untuk dapat membukanya sepenuhnya.

Cara lain, menggunakan kain ringan seperti muslin, tulle, organza, dan sejenisnya. Ini membuat rumah kecil tampak lebih ringan.

Kain alami tidak pernah gagal dan akan membiarkan cahaya masuk untuk menerangi ruangan. Cobalah memilih kain dengan tenunan lebih terbuka karena tirai dengan tenunan tertutup akan menggelapkan ruangan. 

Jika memilih gorden, trik lain untuk mengoptimalkan ruangan adalah memasang rel di dekat plafon. 

Tirai polos atau bermotif di rumah kecil?

Warna-warna yang jernih dan netral dapat menangkap cahaya dengan lebih baik serta membuat rumah kecil tampak lebih lapang.

Pilihlah warna putih, abu-abu mutiara, atau warna tanah yang alami. Warna pastel seperti merah muda atau hijau juga bisa terlihat bagus. 

Sedangkan, untuk gorden bermotif, berhati-hatilah menggunakannya. Jauhi desain yang terlalu besar dan mencolok. Pilih motif kecil dan halus yang menambah tekstur, tapi tidak terlalu menarik perhatian.  

Kesimpulannya memilih gorden untuk rumah kecil adalah yang berwarna-warna terang, bahan yang ringan, dan pastikan  memilih jenis tirai atau kerai yang sesuai dengan jendela. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/26/125912676/cara-memilih-gorden-terbaik-untuk-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke