Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Urine Kucing dari Karpet

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet dapat terkena berbagai kotoran, termasuk urin kucing peliharaan. Meski telah dilatih untuk kencing di dalam litter box, dalam keadaan tertentu kucing dapat kencing di sembarang tempat.

Urine kucing dapat meninggalkan noda dan bau pada karpet. Untungnya, Anda dapat menggunakan pembersih alami seperti cuka dan soda kue untuk mengatasinya.

Perlu diingat, Anda harus bertindak cepat. Semakin sedikit waktu yang dimiliki noda untuk menyerap ke dalam serat, semakin besar peluang Anda untuk menghilangkan noda dan baunya.

Dilansir Real Homes, Jumat (24/3/2023), berikut ini cara membersihkan urine kucing pada karpet.

Cara membersihkan urine kucing dari karpet

1. Serap urine sebanyak mungkin

Dengan menggunakan tisu dapur, serap sebanyak mungkin noda urine, buang tisu ke tempat sampah.

Samantha Bell, cat expert di Best Friend Animal Society mengatakan, dia menuangkan cuka pembersih ke area tersebut, beberapa inci di luar area urine. Setelah mendiamkannya selama 5 menit atau lebih, dia menyeka cuka dengan kain.

3. Taburkan soda kue

Bell merekomendasikan untuk menaburkan segenggam penuh soda kue pada area tersebut. Pastikan soda kue menutupi semua area yang terkena urine.

4. Tambahkan pemutih

Berhati-hatilah dengan langkah ini, hanya gunakan pemutih jika karpet Anda berwarna terang atau putih. Lewati langkah ini jika karpet berwarna gelap.

5. Buat campuran 

Buatlah campuran seperempat cangkir atau sekitar 60 ml hidrogen peroksida dan satu sendok teh detergen bayi, lalu semprotkan di atas soda kue.

Dengan menggunakan sarung tangan karet, usap campuran tersebut sehingga masuk sedalam mungkin ke dalam karpet. Setelah itu, diamkan campuran tersebut di atas karpet selama 20 menit.

6. Bersihkan dan biarkan semalaman

Anda tentunya tidak ingin noda dari semua bahan pembersih menggantikan noda urine.  Bersihkan area tersebut sekali lagi dengan hati-hati menggunakan kain atau handuk kertas.

Kemudian, biarkan semuanya menyerap dan mengering semalaman. Anda juga bisa mempercepat prosesnya dengan menggunakan pengering rambut.

Setelah dibiarkan semalaman, bersihkan mengggunakan vacuum cleaner sebagai langkah terakhir. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/24/181200376/cara-membersihkan-urine-kucing-dari-karpet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke