Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mencegah Hewan Peliharaan Stres Saat Pindah Rumah

Bagi hewan peliharaan, pindah rumah juga merupakan situasi tidak nyaman dan membingungkan. Bahkan, dalam beberapa kasus, pindah rumah dapat menyebabkan masalah perilaku pada hewan peliharaan.

Karena itu, disarankan merencanakan prose pemindahan dengan baik agar berjalan tenang. Dilansir dari My Animals, Selasa (21/3/2023), berikut cara mencegah hewan peliharaan stres saat pindah rumah. 

Untuk anjing, pertimbangkan jenis dan tahap kehidupan sahabat bulu, Anjing peliharaan yang lebih tua, anak anjing, dan anjing yang memiliki masalah pelatihan harus sering keluar rumah.

Hal ini sering kali sulit dilakukan di rumah kecil, seperti apartemen, atau rumah tanpa halaman. 

Mengatur waktu pengemasan barang 

Selanjutnya, cara mencegah hewan peliharaan stres saat pindah rumah adalah mengatur waktu pengemasan. Jika memiliki kucing peliharaan, Anda pasti tahu bahwa mereka bukan penggemar perubahan.

Jika tidak dilakukan dengan benar, setiap proses yang kucing lalui dapat menyebabkan masalah kesehatan dan perilaku. 

Bantu kucing atau anjing yang ketakutan untuk beradaptasi dengan perubahan rumah dengan membawa kotak pindahan lebih awal serta membiasakannya dengan ruangan yang sudah kosong. Beri hewan peliharaan makan di sana serta siapkan tempat tidur dan mainannya. 

Pada hari pindah rumah, simpan hewan peliharaan di ruangan tersebut dan jangan mengganggunya.

Hal ini akan memastikan kucing atau anjing peliharaan tidak panik dan mencoba melarikan diri saat para pekerja pindahan memasukkan barang ke dalam truk.

Feromon adalah aroma alami yang tidak terdeteksi manusia, tetapi membantu hewan peliharaan tetap tenang. Anda juga dapat menggunakannya di rumah lama maupun di rumah baru. 

Biasakan hewan peliharaan dengan kandangnya

Banyak hewan peliharaan yang tidak menghabiskan cukup waktu di dalam peti, kandang, atau mobil.

Jadi, di dalam beberapa minggu atau bulan menjelang pindah rumah, sebaiknya membiasakan hewan peliharaan secara bertahap di dalam peti atau kandang mereka.

Untuk melakukan hal ini, Anda dapat meletakkan makanan hewan di dalam kandang atau memberinya camilan setelah naik mobil.

Hal ini akan membantu hewan peliharaan menghindari ketidaknyamanan pada hari pemindahan. 

Buat tempat yang aman untuk hewan peliharaan 

Terakhir, cara mencegah hewan peliharaan stres saat pindah rumah adalah membuat tempat yang aman untuknya.

Lingkungan dan rumah tidak hanya nyaman dan menyenangkan, tetapi juga aman bagi hewan peliharaan. Untuk melakukan ini, pastikan rumah baru memberikan rasa aman dan nyaman.

Mulai dari, singkirkan kabel listrik, tutupi sudut-sudut di mana hewan peliharaan dapat tersangkut, pastikan semua jendela memiliki kasa yang aman, singkirkan tanaman beracun, hingga pastikan tidak ada perangkap pembasmi hama beracun di rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/21/201500276/5-cara-mencegah-hewan-peliharaan-stres-saat-pindah-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke