Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Bunga Potong yang Bisa Ditanam Lagi dan Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda telah menerima karangan bunga atau buket bunga yang indah dari seorang teman, jangan hanya menggunakannya sebagai hiasan. Anda bisa menanam bunga potong kembali.

Daripada dibuang, ada baiknya Anda menanam bunga potong tersebut. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam bunga potong.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (14/3/2023), sangat penting bagi Anda untuk memotong bunga potong dari buket bunga sebelum Anda menanamnya kembali.

Ini akan menyelamatkan batang dari penggunaan energinya untuk melestarikan bunga yang layu dan mengarahkannya kembali ke akar yang sedang tumbuh.

Kemudian, ambil batang sepanjang 2 sampai 6 inci dengan satu set simpul daun. Buang semua daun bagian bawah.

Celupkan ujung potongan ke dalam hormon akar. Tempatkan stek dalam media tanam yang bersih dan lembap.

Tutupi tanaman dengan kantong plastik untuk mempertahankan kelembapan. Jaga agar media tanam tetap lembap dan tempatkan pot di tempat stek mendapatkan cahaya tidak langsung yang terang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pula saat menanam bunga potong. Pertama, stek bunga segar memiliki peluang perakaran tertinggi.

Jika Anda ingin memperbanyak stek, pastikan Anda melakukannya pada hari pertama Anda menerima buket bunga. Ingat, jika bunga layu, Anda tidak dapat menumbuhkan apa pun darinya.


Juga, terkadang karangan bunga sengaja diatur, sehingga tidak ada simpul pada bunga. Dalam kasus seperti itu, Anda tidak dapat menanam kembali tanaman dari karangan bunga potong.

Berikut beberapa bunga potong yang bisa ditanam lagi.

1. Hydrangea (Hydrangea macrophylla)

Hydrangea adalah bunga potong terindah yang bisa Anda tanam kembali dari karangan bunga. Cari yang bertangkai dengan daun, potong daun bagian bawah, biarkan bagian atas tetap utuh.

Tanam stek dalam campuran lumut gambut 50 persen dan perlit hortikultura 50 persen atau pasir 50 persen. Diperlukan waktu sekitar tiga sampai empat minggu untuk akarnya berkembang.

2. Mawar (Rosa)

Ambil potongan dari buket bunga mawar, potong setengah inci dari bawah, celupkan ke dalam hormon perakaran dan tanam dalam campuran awal benih. Anda juga bisa menggunakan media tanam yang tersedia khusus untuk menanam mawar.

3. Azalea (Rhododendron)

Tumbuhkan azalea dari stek dengan mudah hanya dengan memangkas setengah inci ujungnya. Setelah selesai, celupkan ke dalam hormon perakaran dan tanam dalam campuran pot yang mengering dengan baik.

Simpan di tempat yang mendapat cahaya terang dan tidak langsung. Ini akan berakar dalam empat sampai enam minggu.

4. Lilac (Syringa)

Lilac yang harum dapat ditanam kembali dari bunga potong. Prosesnya sederhana, potong setengah inci bagian bawah potongan, celupkan ujungnya ke dalam hormon rooting, dan tanam dalam pot.

Tutupi pot dengan kantong plastik untuk kelembapan, dan akan berakar dalam enam hingga delapan minggu.

5. Lavender (Lavandula)

Dengan menggunakan gunting tajam atau pisau, ambil beberapa milimeter dari ujung bawah pemotongan. Celupkan ujung potongan ke dalam hormon perakaran dan tanam dalam pot berisi campuran awal benih.

Tanaman akan berakar dalam tiga sampai lima minggu.

6. Krisan

Celupkan ujung bunga krisan potong ke dalam hormon perakaran dan tanam ke dalam wadah kecil berisi tanah lembap, liat, berdrainase baik, dan lapang. Simpan dalam cahaya tidak langsung yang terang, dan stek akan berakar dalam beberapa minggu.

7. Aster

Bunga potong yang populer dan tradisional ini dapat diperbanyak dari potongan 3 sampai 5 inci. Akar di media yang memiliki drainase baik seperti perlit atau pasir.

Tutup stek menggunakan kantong plastik, itu akan menahan kelembapan. Stek akan membentuk akar dalam empat sampai enam minggu.

8. Gerbera

Jika buket bunga memiliki potongan batang gerbera sepanjang 6 sampai 8 inci dengan daun, maka Anda dapat dengan mudah menumbuhkannya kembali.

Buang semua bunga atau kuncup dari bagian atas batang dan semua daun bagian bawah juga. Celupkan ujung potongan ke dalam hormon perakaran dan tanam ke dalam pot dengan media tanam berkualitas.

9. Dahlia

Untuk menanam bunga dahlia, Anda membutuhkan potongan sepanjang 3 sampai 6 inci. Celupkan ujungnya ke dalam hormon perakaran dan tanam di media tanam yang dikeringkan dengan baik.

Simpan di lokasi yang mendapat cahaya tidak langsung yang terang. Ini akan berakar dalam dua hingga tiga minggu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/14/113414076/9-bunga-potong-yang-bisa-ditanam-lagi-dan-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke