Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Mengganti AC Baru? Pertimbangkan 7 Hal Ini Dulu

Meningkatnya penggunaan AC saat ini tidak terlepas dari meningkatkan suhu panas belakang ini. AC berfungsi mendinginkan dan menyejukkan ruangan sert menghilangkan kelembapan di dalam rumah sehingga memberi kenyamanan pada hari-hari panas. 

Namun, seiring penggunaan, AC bisa mengalami masalah dan kerusakan seperti tidak lagi menyejukkan ruangan secara optimal, aliran udara buruk, AC berbunyi, dan freon AC bocor.

Beberapa masalah-masalah AC ini dapat diatasi, asalkan segera memperbaiki dan kerusakan tidak parah. Namun, ada sebagian kerusakan AC tidak bisa diperbaki sehingga perlu mengganti unit baru. 

Kalau pun bisa diperbaiki, sering kali hal ini menelan biaya lebih besar dibanding mengganti AC baru. Walhasil, lebih masuk akal untuk memperbaikinya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti AC dikutip dari Angi, Minggu (26/2/2023).  

Sebagai panduan, jika unit AC sudah berusia lebih dari 10 tahun dan garansi sudah habis, ini bisa membuat unit mengalami masalah lebih sering atau biaya perbaikan yang Anda terima cukup tinggi. 

Karena itu, mengganti AC baru mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Jika AC berusia kurang dari 10 tahun, terawat dengan baik, dan belum pernah mengalami kerusakan besar, mungkin lebih baik memperbaiki unit. 

Biaya perbaikan

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti AC adalah biaya perbaikan. Jika memiliki unit AC yang relatif baru, jarang sekali masuk akal secara finansial untuk menggantinya dengan unit yang baru, kecuali biaya perbaikannya sangat mahal. 

Banyak ahli HCAV menggunakan "aturan 5.000" sebagai panduan umum. Di sini, Anda mengalikan usia unit dengan biaya perbaikan.

Jika melebihi U$5.000 atau sekitar Rp76 juta, sebaiknya mengganti AC. Jika kurang dari itu, perbaiki saja.

Perawatan AC secara rutin

Bukan rahasia lagi bahwa melakukan servis AC setiap tahun dapat membantu menghemat biaya AC. Biaya rata-rata untuk tune-up unit AC berkisar antara Rp1 juta hingga Rp3 juta. 

Selain itu, merawat sistem dengan membersihkan kotoran, mengganti filter secara teratur, dan menghilangkan kebocoran udara dapat memperpanjang usia sistem AC. 

Semua unit AC memiliki peringkat SEER untuk mengukur efisiensi energinya. Unit AC dari tahun 1990-an membutuhkan peringkat SEER minimal 10.

Pada 2006, ini berubah menjadi 13, kemudian 14 pada 2015. Sistem modern yang efisien biasanya memiliki peringkat SEER di atas 20.

Unit dengan ukuran tidak tepat, jumlah refrigeran tidak tepat, atau komponen listrik yang sudah aus juga dapat mempengaruhi efisiensi energi.

Jika melihat biaya tagihan energi terus meningkat, membeli unit baru AC yang lebih efisien dapat menjadi investasi jangka panjang yang bermanfaat. 

Berapa lama berencana terus tinggal di rumah? 

Meski memiliki unit lebih tua, kecuali jika terjadi kerusakan parah atau perbaikan berlebihan, mengganti AC mungkin bukan investasi yang baik jika berencana pindah dalam beberapa tahun ke depan.

Namun, perlu diketahui, jika unit AC sudah tua atau tidak terawat baik saat Anda menjualnya, pembeli mungkin akan meminta pengurangan harga jual rumah untuk memperhitungkan hal ini.

Jika tidak berencana menjual rumah dalam waktu dekat, ketenangan yang akan didapatkan dari unit baru dan garansi yang diperpanjang mungkin bisa menjadi motivasi yang cukup untuk mengganti AC.  

Komponen interior dari setiap unit harus kompatibel satu sama lain agar dapat beroperasi secara efisien. Jadi, jika memiliki sistem yang tidak kompatibel, sistem tidak akan berjalan lancar dan kemungkinan besar akan rusak.

Jika terus mengalami masalah yang berasal dari sistem yang tidak kompatibel, sebaiknya memperbarui salah satu atau kedua unit sehingga keduanya dapat bekerja bersama-sama. 

Pertimbangan estetika

Terakhir, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti AC adalah estetika rumah.

Jika mendekorasi ulang rumah, Anda mungkin telah memutuskan bahwa unit AC yang sudah tua dan terlihat berkarat terlalu mengganggu pemandangan untuk dipertahankan, terlepas dari seberapa baik unit tersebut dapat beroperasi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/26/105000176/ingin-mengganti-ac-baru-pertimbangkan-7-hal-ini-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke