Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal, Begini Cara Membersihkan Mesin Cuci Pakai Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci sering kali luput dari pembersihan rutin. Padahal, sebenarnya Anda perlu membersihkan mesin cuci secara berkala, untuk menghilangkan bakteri, lumut, dan jamur penyebab bau tidak sedap.

Anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkan mesin cuci. Akan tetapi, takaran cuka yang digunakan harus tepat.

Dikutip dari Homes & Gardens, Jumat (17/2/2023), membersihkan mesin cuci sangat penting karena dapat menimbulkan bau, dan bakteri, jamur, dan jamur dapat mulai tumbuh semakin lama Anda membiarkan alat tidak dicuci.

Ada cara mudah dan alami untuk membersihkan mesin cuci yang hanya membutuhkan satu bahan utama, yakni cuka.

Menurut ahli kebersihan Becky Rapinchuk, yang juga pendiri Clean Mama, cuka putih adalah rahasia untuk menjaga kebersihan mesin cuci bukaan atas dan depan, sehingga tidak bau.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas pakai cuka

Untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas dengan cuka, Anda hanya membutuhkan empat gelas cuka. Berikut caranya.

1. Atur siklus mesin cuci

Setel mesin cuci ke setelan terpanas dan terpanjang, dan pastikan Anda juga memilih kapasitas tertinggi.

2. Tambahkan cuka

Setelah siklus dimulai dan mesin cuci diisi dengan air, saatnya menambahkan cuka. Buka tutupnya dan tambahkan empat cangkir atau sekitar 945 ml cuka putih.

3. Jalankan siklus mesin cuci

Biarkan siklus berjalan selama sekitar lima hingga 10 menit agar campuran cuka dan air memiliki waktu untuk mengaduk dan menghilangkan kotoran di dalam mesin cuci.

4. Jeda siklus

Buka tutup mesin cuci dan jeda siklus. Rapinchuk menyarankan untuk membiarkan siklus tersebut setidaknya selama satu jam agar cuka dapat melakukan tugasnya untuk menghilangkan bakteri, jamur, dan lumut.

Saat cuka dan air didiamkan selama satu jam, Anda juga dapat memanfaatkan waktu untuk membersihkan bagian luar mesin cuci.

Anda bisa mencelupkan lap pembersih ke dalam cuka dan menyiramnya sendiri dan menggunakannya untuk membersihkan bagian luar, atau gunakan larutan pembersih favorit Anda.

5. Nyalakan kembali siklus

Setelah satu jam berlalu, hidupkan kembali siklus mesin dan biarkan berjalan hingga selesai dan terkuras habis.

Jika ada kotoran atau bau yang tertinggal, Anda dapat mengulangi prosesnya.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan pakai cuka

Untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan, Anda membutuhkan satu cangkir cuka.

Mesin cuci bukaan depan juga mendapat manfaat dari cuka, karena cenderung lebih menjebak bau yang tidak diinginkan daripada mesin cuci bukaan atas.

Prosesnya sedikit berbeda, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk khusus untuk mesin cuci Anda. Berikut cara membersihkan mesin cuci bukaan depan menggunakan cuka.

1. Pilih siklus

Pilih setelan air panas pada mesin cuci. Jika mesin Anda tidak memiliki opsi air panas, pilih setelan 'putih' atau 'noda'. Jika mesin cuci Anda memiliki setelan 'bilas ekstra', pilih juga.

2. Tambahkan cuka

Tambahkan satu cangkir atau sekitar 250 ml cuka putih ke dalam tabung mesin cuci atau dispenser deterjen.

3. Mulai siklus

Mulai siklus dan biarkan berjalan hingga selesai. Saat siklus berjalan, bersihkan bagian luar mesin cuci menggunakan cuka dan air panas atau larutan pembersih favorit Anda.

4. Bilas

Setelah siklus selesai, luangkan waktu beberapa saat untuk menyeka segel karet di pintu dan dispenser mesin menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam cuka putih.

Tindak lanjuti dengan membilasnya dengan kain lembap dan keringkan dengan kain kering terpisah agar kelembapan tidak menumpuk.

Apakah mesin cuci akan rusak jika dibersihkan dengan terlalu banyak cuka?


Menggunakan terlalu banyak cuka atau jenis yang salah dapat merusak segel karet di mesin cuci, jadi penting untuk memastikan Anda hanya menggunakan cuka putih dan melakukannya secukupnya.

Tetap gunakan jumlah cuka putih yang disarankan di atas dan mesin cuci Anda akan tetap dalam kondisi prima.

Jika menggunakan cuka untuk membersihkan mesin cuci belum memberikan hasil menyeluruh yang Anda inginkan, Anda dapat melanjutkan dengan siklus kedua, tetapi gunakan soda kue untuk membersihkan daripada cuka.

Setelah itu, tindak lanjuti dengan siklus panas dan bilas dengan baik sebelum menjalankan cucian, memastikan semua jejak baking soda hilang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/17/075900376/jangan-asal-begini-cara-membersihkan-mesin-cuci-pakai-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke