Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SESA Hadirkan Panci GreenPan, Tanpa PFAS Pemicu Kanker

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masih banyak peralatan masak yang dijual di pasaran, seperti panci, wajan, hingga rice cooker, yang menggunakan lapisan antilengket berbahaya.

Salah satu unsur yang paling sering dipakai untuk peralatan masak adalah substansi PFAS (Per- and Polyfluoroalkyl Substances). PFAS adalah sebuah substansi kimia yang bersifat oleophobic (antiminyak) dan hydrophobic (antiair).

Karena sifatnya, substansi ini banyak dimanfaatkan dalam industri elektronik, dan otomotif. Namun, jika digunakan dan terkonsumsi oleh manusia dan hewan, PFAS dapat menimbulkan beberapa gejala efek samping, di antaranya gangguan hormon tiroid hingga kanker.

PFAS akan terlepas dari permukaan panci ketika terkena panas yang berlebih, dan bercampur dengan makanan yang sedang dimasak.

Mengingat efek berbahaya substansi PFAS merupakan efek jangka panjang yang tidak akan terasa dalam waktu dekat, risikonya merupakan silent toxic bagi tubuh.

Kondisi ini mendorong SESA, perusahaan yang memproduksi, menjual dan mendistribusikan produk sehat, untuk menghadirkan GreenPan sebagai jawaban dari masalah tersebut.

GreenPan adalah merek panci sehat berlapis keramik antilengket dan antigores yang berasal dari material alami.

Lapisannya yang aman bagi kesehatan dinamakan Thermolon, yang terbuat dari bahan turunan pasir, sehingga tidak memerlukan bahan kima beracun seperti PFAS dan PFOA dalam proses produksinya.

“Karena terbuat dari bahan alami dan nol persen racun, GreenPan 100 persen sangat aman jika bereaksi dengan panas seperti terkelupas atau tidak sengaja terbawa masuk ke dalam masakan. Jadi selain tetap dapat menyajikan masakan bergizi, para ibu juga tak peru khawatir akan bahaya karsinogenik pemicu kanker yang terbawa masuk ke dalam tubuh,” ungkap Reni Rahmawati, ahli gizi dari SESA dalam siaran pers, Jumat (3/2/2023).

GreenPan menjadikan Thermolon sebagai lapisan penghantar panas terbaik yang pernah diciptakan.

Selain tahan panas hingga 450 derajat celcius, Thermolon memungkinkan Anda memasak cepat dengan lower heat sehingga hemat energi, namun dengan hasil maksimal.

Bahan keramik antilengketnya juga tidak memerlukan banyak margarin atau minyak untuk menggoreng, serta secara mudah dapat dibersihkan dengan kain lembut dan air sabun tanpa menggosok berkali-kali.

“Karena tidak ada bahan kimia berbahaya seperti PFAS dan PFOA yang terlepas saat dipanaskan, maka GreenPan sangat wajib dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui, serta masa MPASI," ujar Renny Hasibuan, Chief Marketing Officer DESA.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/03/105200976/sesa-hadirkan-panci-greenpan-tanpa-pfas-pemicu-kanker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke