Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Vacuum Cleaner HEPA dan Kelebihannya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini banyak dipasarkan produk penyedot debu atau vacuum cleaner dengan filter HEPA atau vacuum cleaner HEPA. Vacuum cleaner HEPA diyakini bermanfaat bagi Anda yang memiliki alergi.

Dikutip dari Gadget Review, Jumat (27/1/2023), apakah Anda membutuhkan kelegaan dari gejala alergi atau hanya ingin menarik udara yang lebih bersih, vacuum cleaner HEPA adalah pilihan yang tepat.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli vaviim cleaner HEPA. Apa yang dimaksud dengan vacuum cleaner dengan filter HEPA dan bagaimana cara membersihkan filter HEPA tersebut? Berikut penjelasannya.

Apa itu vacuum cleaner HEPA?

Jadi, apa itu vacuum cleaner dengan filter HEPA? Sederhananya, itu hanya jenis vacuum cleaner yang memiliki filter dengan peringkat HEPA di dalamnya.

Ini adalah peralatan elektronik yang ampuh untuk kinerja pembersihan Anda. Baik itu pembersihan mendalam atau pembersihan harian, memiliki vacuum cleaner dengan filter HEPA bukanlah ide yang buruk.

Apa itu filter HEPA?

HEPA adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air atau Udara Partikulat Efisiensi Tinggi. HEPA sangat efisien untuk mengeluarkan partikel di udara sehingga aman untuk pernapasan Anda.

Standar HEPA ditetapkan oleh Departemen Energi AS dan sangat ketat.

Cara kerja filter HEPA

Filter udara mekanis ini berfungsi sebagai penghalang antara udara yang dihisap oleh vacuum cleaner dan udara di luar yang Anda hirup. Vacuum cleaner mendorong udara melalui filter, yang menahan dan menjebak partikel yang tidak diinginkan.

Ini memberi Anda udara yang lebih segar untuk dihirup karena vacuum cleaner membersihkan karpet dan juga oksigen.

Untuk memilih vacuum cleaner HEPA terbaik, Anda sebaiknya melihat daftar fitur penting yang disertakan.

Cara menggunakan vacuum cleaner HEPA

Vacuum cleaner HEPA akan bekerja dengan cara yang sama seperti vacuum cleaner lainnya. Anda perlu mengikuti instruksi pabrikan dan menyambungkannya atau mengisi daya.

Dari sana, gunakan saja seperti yang Anda lakukan pada vacuum cleaner lainnya. Namun, jika Anda tinggal di apartemen, ingatlah untuk menyedot debu pada waktu yang tepat agar tidak mengganggu tetangga.

Memilih vacuum cleaner HEPA

Untuk memilih vacuum cleaner HEPA terbaik, Anda sebaiknya melihat daftar fitur penting yang disertakan. Karena semuanya akan memiliki filter berperingkat tinggi, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Alih-alih, pikirkan tentang jenis vacuum cleaner yang Anda butuhkan, apakah perlu portabel, dan fitur penting lainnya. Gaya hidup Anda akan sangat menentukan jawaban atas pertanyaan ini.

Cara merawat filter HEPA

Anda tidak boleh mencoba dan membersihkan filter HEPA yang kotor kecuali memang dibuat khusus untuk dapat dicuci. Jika tidak, lakukan penggantian dan perhatikan frekuensi penggantian filter yang disarankan.

Jika Anda memiliki filter HEPA yang bisa dicuci, ikuti langkah-langkah berikut. Pertama, keluarkan filter dengan hati-hati agar tidak menyentuh bahan filter.

Siram filter di bawah air dingin, gerakkan maju mundur dengan lembut untuk membantu menghilangkan kotoran. Biarkan filter mengering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali di vacuum cleaner.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/27/172500876/apa-itu-vacuum-cleaner-hepa-dan-kelebihannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke