Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Fakta Menarik Sugar Glider, Bersuara Keras dan Bisa Membeku

Sugar glider adalah hewan omnivora kecil yang hidup di pepohonan. Sugar glider dikenal energik, sosial, menyenangkan, serta punya rasa ingin tahu yang besar. 

Meski dapat hidup di berbagai habitat, lingkungan yang disukai sugar glider adalah kayu akasia dan kayu putih. 

Sugar glider memiliki tampilan lucu serta menawan yang terlihat seperti hewan pengerat. Namun, sugar glinder sebenarnya adalah hewan berkantung kecil yang memiliki hubungan paling dekat dengan kanguru serta koala. 

Sugar glider, yang juga dikenal Petaurus breviceps, merupakan hewan asli Australia dan banyak ditemukan di bagian timur negara ini, seperti Tasmania dan Queensland.

Sugar glide juga banyak ditemukan di Papua Nugini dan Indonesia. Hewan kecil ini lebih menyukai kehidupan di hutan hujan, menghabiskan waktunya meluncur di pepohonan dan hidup di pohon-pohon berongga. Dalam banyak kasus, sugar glider liar tidak pernah menghabiskan waktu di lantai hutan.

Sugar glider terus mendapatkan popularitasnya sebagai hewan peliharaan sejak terakhir belakangan ini. Walau begitu, masih banyak yang belum mengetahui tentang hewan kecil ini.

Jika Anda berniat ingin memelihara sugar glider atau mengetahui lebih banyak tentangnya, berikut sejumlah fakta menarik sugar glider dilansir dari PetKeen dan AZ Animals, Rabu (25/1/2023).

Nama sugar glider mengisyaratkan preferensi makanannya

Sugar glider mendapatkan namanya dari kecintaannya terhadap makanan manis dan keahliannya meluncur seperti tupai terbang.

Di habitat aslinya dan penangkaran, sugar glider sangat menyukai makanan manis. Apa pun makanan manisnya, sugar glider akan menikmatinya.

Sugar glider bersuara keras

Sugar glider adalah memiliki suara yang keras, bahkan sering dibandingkan dengan gonggongan anjing.

Mengingat sugar glider hewan nokturnal atau aktif pada malam hari, pemilik akan mendengar cukup banyak suara ketika mereka seharusnya tidur saat memeliharanya.   

Selanjutnya, fakta menarik sugar gilder adalah dapat membahayakan anak-anaknya ektika stres, bahkan membunuhnya. Karena itu, tidak disarankan memindahkan sugar glider atau mengubah lingkungannya ketika baru saja melahirkan. 

Bayi-bayi sugar glider membuka mata sekitar satu hari setelah keluar dari kantong. Penyapihan selesai sebulan kemudian, setelah itu sang induk menjadi sedikit agresif untuk mengusir mereka sehingga ia dapat mengasuh anak yang lain.

Karena sugar glider tidak mencapai kedewasaan hingga sekitar enam bulan, pemindahan bayi secara dini sangat penting untuk mencegah perkawinan sedarah dan perkelahian.

Stres juga dapat menyebabkan sugar glider memutilasi dirinya. Jika memelihara sugar glider, Anda mungkin akan melihat bintik-bintik botak pada kulit, helaian bulu di dalam kandang, juga menggigit bagian tubuh seperti tangan, kaki, ekor, dan alat kelamin.

Luka-luka ini dapat meninggalkan darah yang dapat terlihat pada jeruji kandang, sarang, atau kulit. 

Sugar glider memiliki telinga ramping dan tidak berbulu yang cukup besar dibanding bagian lain di kepalanya.

Kemampuan setiap telinga untuk bergerak secara independen memungkinkan sugar glider menentukan asal suara paling kecil sekalipun dengan cepat. 

Telinga ini juga membantu sugar glider mendengar predator yang mendekat atau menemukan mangsa. Sugar glider memiliki kecerdasan yang sebanding dengan banyak kucing dan anjing. Setelah menjalin ikatan kuat, sugar glider dapat mengidentifikasi suara pemiliknya. 

Telinga yang sangat sensitif ini menjadi fakta menarik sugar glider. Namun demikian, telinga sugar glider membutuhkan perawatan dan perhatian tepat. Jika tidak, telinganya dapat menjadi kering dan pecah-pecah. 

Sugar glider bisa sangat berantakan

Ini mungkin merupakan masalah besar bagi mereka yang memelihara sugar glider. Sugar glider bisa sangat berantakan dan kotor.

Sugar glider diketahui sering buang air kecil dan buang air besar sembarangan, terutama saat bangun tidur serta setelah makan, seperti dilantai, bahkan saat sedang bermain dengan Anda.

Sugar glider akan buang air kapan pun mereka mau. Mereka juga memiliki kelenjar bau yang akan digosokkan kepada Anda ketika bersentuhan dengannya. 

Seperti dijelaskan sebelumnya, fakta menarik sugar glider adalah hewan yang sosial. Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa sugar glider sangat dekat dengan pemiliknya saat dipelihara.

Kedekatan ini membuat sugar glider menjadi salah satu hewan peliharaan paling dicari untuk dimiliki.  

Tidak suka hidup sendirian 

Sebagai hewan sosial, sugar glider tidak suka hidup sendirian. Hal ini sama saja di alam liar maupun di penangkaran.

Sugar glider lebih suka hidup berkoloni di hutan. Dalam koloni ini, biasanya terdapat tujug hingga sembila sugar glider dewasa dan anak-anaknya yang hidup bersama. 

Lantaran menjadi hewan sosial, idealnya memelihara sugar glider lebih dari satu atau minimal dua ekor, satu jantan dan satu betina. 

Sugar glider jantan memiliki titik botak

Fakta menarik sugar glider lainnya adalah setiap sugar glider jantan memiliki bintik botak di atas kepalanya.

Bintik ini merupakan kelenjar aroma yang muncul ketika jantan mencapai kematangan seksual dan digunakan untuk membantu mereka menandai betina, keturunan, dan wilayah mereka. 

Beberapa sugar glider lebih mudah bergaul daripada yang lain dan mungkin sangat merindukan pasangan.

Ada situasi di mana beberapa sugar glider menjadi sangat menderita dan tenggelam dalam depresi. Akibatnya, menolak makan sampai mati kelaparan. Pada kasus parah, yang hanya terjadi sesekali, sugar glider dapat melakukan mutilasi diri. 

Kulit sugar glider bisa membeku

Sugar glider dapat menghasilkan empat jenis suara dalam keadaan normal, yakni menggonggong, mendesis, mengoceh, dan mendesis atau mendengkur. 

Suara-suara ini dapat mewakili banyak hal, seperti tangisan, teriakan, atau cicit manusia yang digunakan untuk menandakan berbagai situasi.

Ketika pemangsa mendekati wilayah koloninya, sugar glider akan menggonggong untuk memperingatkan yang lain tentang bahaya yang datang.

Suara peringatan ini dapat menyebabkan semua sugar glider di sekitarnya membeku sehingga menyulitkan pemangsa melihat dan memakannya. 

Nah, itu dia sejumlah fakta menarik sugar glider. Bagaimana Anda tertarik memelihara sugar glider di rumah? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/25/120420276/10-fakta-menarik-sugar-glider-bersuara-keras-dan-bisa-membeku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke