Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, 8 Tanaman Hias Ini Beracun untuk Kucing

Namun, apabila rumah memiliki kucing peliharaan, Anda perlu berhati-hati menghadirkan tanaman ke rumah, terlebih membawanya ke dalam ruangan. 

Pasalnya, ada beberapa tanaman hias yang beracun dan berbahaya bagi kucing bila tertelan. Apalagi, mengingat kucing suka mengunyah sesuatu. 

Karena itu, penting mengetahui jenis tanaman hias apa yang beracun bagi kucing dan menghindari membawanya ke rumah. 

Dikutip dari The Spruce, Jumat (19/1/2023), berikut deretan tanaman hias beracun untuk kucing peliharaan.  

Seluruh bagian tanaman ini, dari batang, daun, bunga, serbuk sari, dan air di dalam vas, beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan gagal ginjal dalam waktu tiga hari.

Sebaiknya, hindari tanaman keluarga "lili" karena sebagian besar merupakan kombinasi yang mematikan untuk rumah yang memiliki kucing peliharaan.  

Bunga lili perdamaian (Spathiphyllum)

Terlepas dari namanya, bunga lili perdamaian bukan bunga lili yang sebenarnya, tetapi salah satu tanaman hias berbunga yang paling umum.

Daunnya yang gelap, bunganya yang putih, dan perawatannya yang rendah membuat tanaman ini populer. Namun, bunga lili perdamaian mengandung kalsium oksalat yang beracun bagi kucing jika memakannya, tapi tidak dengan menyentuh. 

Lidah buaya memiliki ciri khas daun yang tebal, seperti sukulen dengan tepi bergerigi yang tumbuh ke atas dari pangkalseperti roset. Namun, lidah buaya menjadi tanaman hias beracun untuk kucing jika tertelan.  

Tanaman giok (Crassula)

Tanaman giok, yang juga dikenal sebagai "tanaman uang" atau "tanaman dolar", adalah tanaman sukulen yang mudah tumbuh dan dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya dalam feng shui.

Tanaman ini memiliki ciri khas daun berdaging hijau tua dan batang yang tebal seperti kayu. Ada beberapa varietas tanaman giok yang berbeda, semuanya termasuk dalam keluarga Crassula. Sayangnya, tanaman giok sangat beracun bagi kucing, anjing, dan kuda. 

Meski tidak beracun bagi manusia, Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (ASPCA) melaporkan lidah mertua menjadi tanaman beracun untuk kucing dan anjing jika tertelan. 

English ivy (Hedera helix) 

English ivy memiliki daun kecil dan runcing dan tampilan yang lembut. English ivy merupakan tanaman tanaman hias yang populer dijadikan tanaman gantung.

Tanaman gantung English ivy juga membuatnya tampak seperti camilan menarik bagi kucing yang penasaran. Padahal, English ivy merupakan tanaman hias beracun untuk kucing jika tertelan.

Salah satu zat berbahaya dari buang krisan adalah pyrethrin dan biasanya digunakan dalam pestisida serta obat kutu dan sampo anjing, tapi beracun jika digunakan pada kucing.

Sago palm (Cycas revoluta)

Sago palm atau palem sago menambahkan sentuhan tropis pada rumah dan dapat memberikan keajaiban bagi kualitas udara dalam ruangan.

Strukturnya yang unik membuat sago palm menjadi bahan pembicaraan menarik dan aksen yang indah. Namun, tanaman ini sangat beracun bagi teman-teman berbulu. Jika memiliki kucing di rumah, Anda harus menghindari tanaman ini dengan cara apa pun. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/20/174822576/hati-hati-8-tanaman-hias-ini-beracun-untuk-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke