Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa Biaya, Ini Cara Mendekorasi Rumah dengan Murah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan suasana hati pemiliknya. Namun, hal ini tidak semurah terlihatnya, sebab harus ada beberapa elemen dekorasi yang diganti untuk menjadikan ruangan berbeda dari sebelumnya.

Sebaliknya, berkreasilah dengan apa yang sudah ada di rumah.

Dilansir The Spruce, Jumat (6/1/2023) ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendekorasi rumah tanpa mengeluarkan biaya dan memanfaatkan yang ada di dalam ruangan, antara lain sebagai berikut. 

1. Atur ulang furnitur

Akan sangat boros ketika ingin mendesain ulang harus membeli sofa baru. Cara paling sederhana untuk membuat ruangan terasa baru adalah mengatur ulang furnitur, kata Katie Simpson dari Mackenzie Collier Interiors.

Pindahkan furnitur dari satu area ke area lain, ubah fungsi dan nuansa ruangan.

Misalnya, ganti meja konsol pintu masuk Anda dengan bangku dan pot tanaman sebagai gantinya.Mungkin meja konsol itu akan menemukan rumah baru di ruang makan sebagai meja prasmanan mini.

Saat Anda melakukannya, pertimbangkan untuk memindahkan tempat tidur Anda ke dinding lain dan jika sofa Anda juga dapat diposisikan ke arah lain. 

2. Merapikan ruangan

Simpson mengatakan, ruangan cenderung terlihat kacau dan tidak teratur semakin banyak barang yang kami tambahkan, jadi cara mudah untuk menyegarkan adalah dengan membersihkan permukaan. 

Namun, jangan membebani diri sendiri. Lakukan proses decluttering satu ruangan (atau satu rak atau satu laci) pada satu waktu.

Tanyakan pada diri Anda apakah Anda masih memakai barang-barang tertentu, atau apakah Anda dan barang-barang itu sendiri akan lebih baik jika mereka menemukan rumah baru.

Letakkan barang yang paling berarti di depan dan di tengah tempat untuk ditampilkan, putar yang lain secara musiman, dan sumbangkan apa pun yang tidak lagi terpakai. 

3. Atur ulang elemen dekorasi

Cobalah memindahkan semua benda dekoratif kecil dan serbaguna ke beberapa tempat yang berbeda dari sebelumnya, ini bisa membuat ruangan lebih terasa baru. 

Cara favorit saya untuk mengubah suasana rumah tanpa menghabiskan biaya adalah dengan memutar semua aksen dekoratif saya di meja dan rak kopi saya, sebut Kathy Kuo, pendiri dan CEO Rumah Kathy Kuo. 

4. Gunakan tanaman hias

Tanaman hias membawa warna dan kehidupan ke ruangan. Namun, tanaman tidak murah, jadi alih-alih mengeluarkan banyak uang untuk tanaman baru, ambil gunting dan pergilah ke luar.

Tempatkan bunga dari pekarangan Anda atau cabang bertekstur kurus di dalam vasyang akan menghadirkan tekstur dan warna yang Anda cari tanpa label harga tanaman baru.

5. Gunakan karya seni


Kumpulkan karya seni atau aksesori favorit Anda dari sekitar rumah dan susun dengan cara yang unik untuk membuat dinding galeri, saran Simpson. Ini benar-benar akan memberi dampak dan menambahkan fitur dimensional ke ruangan.

Selain itu, ingat tidak ada aturan yang mengatakan dinding galeri atau karya seni apa pun harus tetap statis. Ganti secara rutin apa yang ada di bingkai agar tetap segar dengan item yang tidak terduga. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/06/095045176/tanpa-biaya-ini-cara-mendekorasi-rumah-dengan-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke