Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Wastafel Kamar Mandi yang Tersumbat Pasta Gigi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel kamar mandi dapat menampung banyak hal. Akan tetapi, salah satu masalah terbesar dalam hal pipa wastafel adalah residu dari sikat gigi.

Pasta gigi kental dan dapat mengering menjadi zat yang sangat keras dan hampir tidak dapat digerakkan, yang pada akhirnya akan membuat wastafel kamar mandi tersumbat.

Pipa yang tersumbat ini bahkan dapat membuat wastafel tidak dapat digunakan dari waktu ke waktu.

Namun demikian, dilansir Hunker, Minnggu (25/12/2022), ada beberapa cara membersihkan pipa saluran air wastafel dari penumpukan pasta gigi.

Penyebab wastafel tersumbat

Anda menyikat gigi setidaknya dua kali setiap hari, yang berarti ada banyak pasta gigi yang masuk ke saluran pembuangan kamar mandi secara teratur.

Anda mungkin pernah memerhatikan betapa sulitnya pasta gigi kering untuk dibersihkan, jadi tidak heran hal itu menimbulkan masalah besar di lingkungan yang relatif kecil dari pipa PVC yang terletak di bawah sumbat pembuangan wastafel.

Akan tetapi, wastafel kamar mandi Anda juga rentan terhadap penumpukan lainnya. Itu cenderung kombinasi pasta gigi dengan rambut, sabun dan minyak berminyak yang bisa menjadi musuh sebenarnya.

Salah satu cara pasti untuk mengetahui apakah pipa PVC tersumbat adalah jika Anda mengalami masalah dengan saluran pembuangan wastafel. Jika membutuhkan waktu yang lama untuk air mengalir, ini merupakan tanda utama wastafel tersumbat.

Selain itu, ada tanda lain yang sedikit lebih kotor bahwa Anda perlu membersihkan pipa adalah adanya lumpur hitam yang mungkin Anda perhatikan merayap keluar dari saluran pembuangan.

Kemungkinan ini adalah kombinasi dari semua kotoran saluran pembuangan Anda dan perlu dibersihkan secepatnya.

Menggunakan pembersih saluran air yang dijual di pasaran

Tukang ledeng sering merekomendasikan penggunaan penutup saluran air kamar mandi untuk menangkap kotoran yang lebih besar dan mencegahnya menyumbat saluran air seiring waktu.

Jika Anda khawatir tentang penyumbatan tertentu, Anda juga dapat membeli alat pembersih wastafel atau saluran air, yang dapat dengan mudah menghilangkan sumbatan saluran air.

Namun, produk pembersih saluran air yang dijual di pasaran tidak hanya ada risiko bahan kimia ini bersentuhan dengan tubuh, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada pipa PVC seiring waktu.

Pembersih saluran kimia ini juga cenderung bukan pilihan yang paling hemat biaya. Karena alasan ini, semakin banyak orang beralih ke alternatif alami.

Pembersih saluran air buatan sendiri 

Salah satu cara paling efektif untuk membersihkan pipa PVC menggunakan pembersih buatan sendiri adalah campuran soda kue dan cuka putih. Assured Comfort merekomendasikan untuk memasukkan setengah cangkir soda kue ke dalam saluran pembuangan, diikuti dengan setengah cangkir cuka putih.

Sumbat harus ditempatkan di saluran pembuangan untuk memaksa campuran ke bawah dan melalui area penyumbatan. Air perasan lemon juga bisa digunakan untuk menetralkan bau saluran pembuangan.

Simple Green merekomendasikan penggunaan air mendidih untuk melarutkan sumbatan yang tersisa.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/25/162309676/cara-mengatasi-wastafel-kamar-mandi-yang-tersumbat-pasta-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke