Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Ikan Guppy Tidak Mau Makan? Ini 5 Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan guppy adalah salah satu ikan hias yang paling populer dan biasa dipelihara di akuarium. Ikan guppy diminati tidak hanya oleh pemula, namun juga pehobi ikan hias berpengalaman.

Ikan guppy menambah warna pada akuarium, murah, dan mudah dirawat. Namun, Anda mungkin melihat ikan guppy kadang-kadang tampak bertingkah aneh, tidak seperti biasanya.

Dikutip dari Betta Care Fish Guide, Jumat (16/12/2022), ikan guppy cenderung membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru, yang dapat menyebabkannya menolak makanan untuk jangka waktu tertentu.

Ikan guppy juga cenderung memiliki preferensi makanan yang bervariasi dan bahkan mungkin menolak makan makanan tertentu jika kondisi akuarium tidak optimal.

Berikut beberapa penyebab ikan guppy memuntahkan makanannya dan bahkan tidak mau makan yang perlu diketahui.

Mengapa ikan guppy memuntahkan makanannya?

Ada berbagai alasan ikan guppy memuntahkan makanannya, berikut beberapa di antaranya.

1. Makanan terlalu besar

Ikan akan sering menggigit sepotong makanan sebelum memuntahkannya. Gigi ikan guppy ditemukan di bagian belakang tenggorokan, dan mereka cenderung menghancurkan makanan daripada mengunyah.

Akibatnya, potongan makanan yang lebih besar biasanya hancur beberapa kali sebelum diselesaikan.

2. Ikan guppy tidak menyukai makanannya

Ikan Anda mungkin makan sedikit, tetapi mereka tidak akan memakan makanan yang sama lagi. Mereka mengambil banyak gigitan daripada mengabaikannya karena mereka tidak tahu apa itu.


Pada waktu makan, perhatikan apakah ikan guppy mencoba makanannya tetapi tidak memakannya. Ini mungkin saatnya untuk beralih ke jenis makanan lainnya.

3. Makanan keras

Gigi ikan guppy terletak di bagian belakang mulutnya. Bukan ide yang baik untuk memberi makan ikan seperti pelet makanan.

Ikan guppy akan makan lebih baik jika Anda memberi mereka makan serpihan makanan basah, karena mereka dapat menjangkaunya lebih dekat ke gigi mereka. Ikan guppy juga tidak ingin ikan lain memakan makanannya.

Mengapa ikan guppy tidak mau makan?

Jika saat ini Anda memberi makan ikan guppy dengan peletdan ingin menggantinya, Anda dapat mencoba memasukkan beberapa serpihan pada waktu makan.

Namun demikian, jika ikan guppy tidak mau makan, berikut beberapa penyebabnya.

1. Kehamilan

Ikan guppy mungkin tidak dapat mengonsumsi cukup makanan sebelum melahirkan. Pindahkan ikan betina ke akuarium penangkaran jika Anda merasa dia hamil.

Dia dapat memiliki privasinya di sini, dan dia tidak perlu mengkhawatirkan keselamatan anak-anaknya. Bercak gelap dan perut bengkak di dekat sirip bawah merupakan gejala kehamilan.

2. Gelisah

Saat ikan gelisah, mereka mungkin menolak untuk makan. Saat membersihkan atau memindahkan ikan dari satu akuarium ke akuarium lainnya, hal ini bisa terjadi.

Variasi suhu akuarium memiliki efek yang sama. Saat Anda memperkenalkan teman seakuarium baru, stres mungkin terjadi, menyebabkan ikan menghindari makan terlebih dahulu.


Anda dapat mengurangi stres dengan melakukan penggantian air sebagian secara teratur alih-alih pembersihan akuarium secara keseluruhan.

3. Penyakit

Jika ikan guppy sakit, ia tidak akan mau makan. Indikator penyakit lainnya termasuk ikan tetap berada di satu area akuarium, tampak lesu, atau berenang secara tidak wajar.

Ini bisa menjadi indikasi penyakit yang dapat diobati, atau bisa juga merupakan perkembangan alami yang berkaitan dengan usia ikan yang lebih tua.

4. Takut

Ketakutan bisa membuat ikan menolak untuk makan. Ketika berlomba-lomba mencari makanan di akuarium komunal, ikan yang lebih besar dan lebih agresif biasanya mengintimidasi teman akuarium yang lebih kecil dan lebih jinak.

Pilih ikan untuk akuarium komunal yang memiliki ukuran dan temperamen yang serupa untuk membantu mengatasi masalah ini, atau beri makan secukupnya untuk mengurangi persaingan memperebutkan sumber makanan yang terbatas.

5. Ikan makan berlebihan

Ikan guppy tidak mau makan jika Anda memberi mereka makan terlalu banyak. Pastikan Anda memberikan jumlah yang tepat.

Saat memberi makan ikan guppy, awasi mereka untuk melihat seberapa banyak mereka makan dan bagaimana perilaku mereka. Cobalah berbagai jenis makanan pada pemilih makanan untuk menentukan apakah nafsu makan membaik setelah dokter hewan menyaring masalah kesehatan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/16/082800776/kenapa-ikan-guppy-tidak-mau-makan-ini-5-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke