Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 5 Alasan Mengapa Harus Mengecat Plafon Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain ruangan, banyak orang mempertimbangkan warna dinding, lantai, dan furnitur, namun mereka melupakan untuk memilih warna langit-langit atau plafon rumah. 

Pemilik rumah biasanya memilih warna putih untuk plafon rumah karena merupakan warna netral yang akan selalu melengkapi warna lain di dalam ruangan. Meskipun ini mungkin menjadi norma, itu juga menghadirkan peluang dekorasi yang menarik.

Jika Anda mulai menganggap langit-langit sebagai dinding kelima, Anda mungkin menyadari berapa banyak pilihan desain yang Anda lewatkan.

Dilansir House Digest, Selasa (13/12/2022), warna plafon rumah tidak hanya memberikan elemen desain, tetapi juga menawarkan beberapa manfaat visual untuk ruangan Anda.

Anda dapat dengan mudah mengecat plafon rumah, mulai dari ruang tamu, kamar mandi hingga kamar tidur. Bahkan, ketika plafon tidak ada dalam daftar proses pengecatan ruangan, ini akan menampilkan kesan yang kurang pada ruangan tersebut. 

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mulai memikirkan warna plafon rumah. 

1. Nuansa yang tidak terduga

Sederhananya, mengecat langit-langit rumah dengan warna selain putih akan memberikan nuansa yang tidak terduga.

Saat Anda masuk ke ruangan dengan langit-langit yang dicat atau berpola, mata langsung tertuju ke atas untuk memeriksanya karena itu adalah sesuatu yang jarang Anda lihat. Desainer interior yang baik menggunakan unsur kejutan di seluruh desain mereka.

Trik yang digunakan desainer adalah menyeimbangkan hal yang tak terduga dengan beberapa elemen yang lebih khas.

Misalnya, jika Anda mengecat langit-langit, sebaiknya jangan mengecat lantai atau memasang mural besar di dinding. Satu elemen kejutan memiliki faktor luar biasa, tetapi terlalu banyak dapat membuat Anda kewalahan.

Ini tidak berarti Anda harus puas dengan langit-langit berwarna solid dan dinding putih polos. Alih-alih, pilihlah warna yang kontras namun saling melengkapi untuk menciptakan elemen visual.

Kemudian, di seluruh sisa ruangan, Anda mungkin ingin menyimpan furnitur, dekorasi, dan karya seni di sisi yang lebih sederhana agar langit-langit bersinar.

2. Langit-langit yang dicat dapat membuat ruangan terasa lebih besar atau lebih nyaman

Sebaliknya, Anda juga bisa memberikan kesan ruang yang lebih kecil dan nyaman dengan mengontraskan langit-langit dengan dinding.

Mengecat langit-langit lebih gelap dari dinding dapat membuat langit-langit tampak lebih rendah, menciptakan ruang yang tampak lebih kecil, kata Ecos Paints. Ini dapat digunakan untuk ruangan yang terasa terlalu luas atau saat Anda perlu membuat ruangan yang terasa jauh lebih intim.

3. Langit-langit yang dicat dapat digunakan sebagai kanvas kreatif

Karena mengecat langit-langit rumah dengan warna selain putih sangat tidak biasa, ini adalah kesempatan bagus untuk berusaha sekuat tenaga dan melakukan sesuatu yang kreatif dengan ruang tersebut.

Anda tidak harus terpaku pada satu warna cat. Coba beberapa rona dalam pola yang berbeda seperti garis, motif bunga, atau bentuk abstrak.

Anda bisa menjadi lebih kreatif dengan mural langit-langit yang menggambarkan langit atau yang terinspirasi dari lukisan renaisans.

Jika Anda tidak mahir menggunakan kuas, wallpaper adalah alternatif yang bagus untuk langit-langit yang dicat.

Pakar seperti desainer interior Kate Lovejoy mengatakan untuk mendekati desain interior dengan cara yang terasa nyaman bagi Anda. Rumah Anda harus mencerminkan kepribadian dan gaya individu Anda yang seharusnya memberi Anda izin untuk lebih kreatif dengan pilihan desain interior yang Anda buat.

Jadi, jika Anda menyukai warna-warna cerah, jangan segan-segan menambahkan warna-warna cerah ke ruangan Anda, terutama di tempat yang tidak terduga seperti langit-langit.

4. Langit-langit yang dicat terlihat lebih berbeda

Jika Anda menyukai detail tak terduga dari langit-langit yang dicat tetapi tidak menyukai warna-warna cerah, Anda masih dapat berpartisipasi dalam tren desain.

Interior yang cantik bisa dibuat dengan memadukan elemen halus dan nyaman di dalam ruang. Lakukan ini dengan mencampurkan warna, tekstur, bahan, dan perabotan.

Sekali lagi, Anda tidak perlu merombak besar ruangan untuk mendapatkan tampilan ini. Bagi banyak rumah, menggunakan warna yang tepat dapat langsung menciptakan interior yang canggih.

Saat memilih warna, pikirkan warna yang abadi.

Warna-warna netral seperti coklat muda yang hangat, buttermilk krem, kelabu tua, dan abu-abu berwarna adalah pilihan bagus untuk palet warna yang canggih.

Jika Anda ingin menambahkan sedikit warna, nuansa hijau, biru, dan biru tua tertentu juga bisa terlihat cukup canggih.

Hitam, seperti biasa, adalah pilihan abadi. Menggunakan warna-warna ini di langit-langit Anda tidak terduga dan terlihat halus pada saat yang bersamaan.

5. Sedikit cat di langit-langit bisa memamerkan elemen desain

Seperti disebutkan di atas, cat di langit-langit menarik perhatian, tetapi mencoba membuat ruangan tampak lebih besar mungkin bukan satu-satunya alasan Anda ingin mata tamu Anda mengembara.

Anda mungkin memiliki elemen langit-langit yang patut mendapat perhatian. Mengecat langit-langit dapat membuat fitur ini sedikit lebih menonjol.

Pertimbangkan fitur-fitur seperti cetakan mahkota, papan dan reng, dan lainnya yang semuanya menambah keanggunan dan karakter pada ruang interior.

Bahkan jika Anda menambahkan hiasan langit-langit modern nanti, itu tetap akan meningkatkan karakter dan kepribadian rumah Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/13/110600176/catat-5-alasan-mengapa-harus-mengecat-plafon-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke