Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Mencuci Sweater Natal agar Tidak Rusak

Biasanya, hal ini dilakukan untuk saling menghibur lantaran rata-rata sweater Natal memiliki warna dan motif atau gambar yang cukup mencolok. Inilah yang membuatnya disebut sebagai “ugly Christmas sweater”.

Terlepas dari desainnya yang dapat menarik perhatian, beberapa orang merasa senang  menerimanya, terutama jika sweater diberikan kerabat terdekat.

Walhasil, sweater Natal akan dirawat dengan baik supaya tidak rusak dan tahan lama. Salah satu cara merawatnya adalah mencuci sweater dengan tepat. 

Dilansir dari The Maids, Senin (5/12/2022), berikut ragam cara aman mencuci sweater Natal agar tidak rusak.

Wol adalah material yang sangat hangat. Jadi, tidak heran banyak dipilih sebagai material untuk membuat sweater Natal. Material ini juga antibakteri sehingga tidak perlu sering dicuci dan mencucinya cukup mudah. 

Membersihkan area bernoda

Kamu hanya perlu membasahi area yang kotor atau bernoda dengan kain lembap, lalu tambahkan satu atau dua tetes sampo bayi.

Untuk noda besar, tambahkan handuk di sisi lain sweater agar noda tidak menyebar ketika sedang dibersihkan. Setelah itu, gunakan kain lembap bersih untuk menghilangkan residu sampo bayi dan kotoran, gelar sweater di permukaan datar, dan biarkan mengering dengan sendirinya. 

Mencuci sweater

Untuk pencucian secara menyeluruh, periksa dulu label swaeter karena banyak label pakaian wol merekomendasikan teknik dry clean.

Jika aman dicuci dengan teknik lain, isi ember dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes detergen khusus bahan wol atau sampo bayi.

Kemudian, putar sweater hingga seluruh permukaan benar-benar terendam dan detergen atau sampo meresap, lalu diamkan selama 20 menit.

Bilas sweater dengan air hangat hingga residu air yang mengalir terlihat jernih, kemudian bilas kembali dengan air dingin. Peras kelebihan air pada sweater, baringkandi permukaan datar, dan diamkan hingga mengering. 

Sweater Natal berbahan akrilik

Biasanya, akrilik dan material sintetis lainnya dapat dicuci dengan mesin cuci. Namun, sebaiknya periksa dulu label pada sweater.

Material mungkin tahan lama, tetapi beberapa ornamen yang menempel pada sweater mungkin tidak bisa dicuci di mesin cuci. Jika ragu, cuci secara manual atau menggunakan jasa laundry.

Untuk sweater akrilik yang bernoda dan sangat kotor, bisa dibersihkan dengan penghilang noda alami seperti cuka putih suling.

Setelah itu, masukkan ke mesin cuci, tambahkan detergen, dan sedikit pelembut kain untuk menghilangkan statis. Selanjutnya, cuci sweater Natal dengan pakaian bermaterial serupa dengan air dingin. Pilih pengaturan siklus putaran rendah jika punya dan setelah pakaian melalui siklus pembilasan, jemur hingga kering.

Sweater dengan hiasan

Jika sweater Natal berbahan akrilik memiliki hiasan seperti peluit dan lonceng atau label petunjuk pencucian hilang, sebaiknya cuci secara manual.

Caranya, isi ember dengan air dingin, tambahkan beberapa sendok teh detergen dan satu sendok teh pelembut kain. Putar sweater di dalam air sabun selama 30 detik dan rendam selama lima menit.

Setelah itu, bilas dengan air dingin dan gulung sweater ke atas untuk menghilangkan air berlebih serta jemur hingga mengering.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/05/214300476/cara-aman-mencuci-sweater-natal-agar-tidak-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke