Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terlalu Banyak Detergen Bisa Buat Pakaian Lebih Kotor, Betulkah?

Sebab, detergan dapat bekerja lebih efektif menghilangkan bau dan kotoran serta membuat pakaian lebih harum daripada mencucinya dengan takaran detergen yang sesuai.

Namun, nyatanya dilansir Apartment Therapy, Jumat (2/12/2022), menggunakan terlalu banyak detergen justru bisa membahayakan material pakaian, bahkan membuat kotor. 

Bahkan, terkadang menyebabkan muncul beberapa titik pada pakaian setelah mencucinya. Hal ini karena busa dapat menahan kotoran yang ditarik dari pakaian dan tersangkut di area yang tidak selalu bersih, seperti di bawah kerah, sehingga menyebabkan penumpukan bakteri. 

Selain itu, terlalu banyak busa bisa mencegah proses pencucian berjalan baik lantaran pakaian tidak bisa saling bergesekan yang dapat membantu pakaian menjadi sebersih mungkin.

Lantas, berapa takaran detergen yang tepat untuk mencuci pakaian? 

Juru bicara American Cleaning Institute, Brian Sansoni, mengungkapkan kepada Consumer Reports bahwa banyak orang menggunakan detergen dua kali lipat dari jumlah yang disarankan. 

Jika tidak ingin boros dalam penggunaan detergen maupun air cucian, perhatikan takaran detergen yang tepat pada masa mendatang.

Adapun takaran yang direkomendasikan adalah setengah dari jumlah yang sering digunakan, kemudian tingkatkan sedikit demi sedikit hingga pakaian bersih seperti yang diinginkan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/02/121815376/terlalu-banyak-detergen-bisa-buat-pakaian-lebih-kotor-betulkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke