Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Tanda-tanda Kucing Mau Melahirkan, Jangan Sampai Diabaikan

Namun, ketika perut kucingmu yang sedang hamil sudah semakin membesar, kamu perlu segera menyiapkan tempat yang aman untuknya melahirkan.

Selain itu, ketahui pula tanda-tanda kucing akan melahirkan sehingga kamu bisa berada di sekitarnya untuk menemaninya.

Dikutip dari channel YouTube Majalah Bobo, Selasa (29/11/2022), berikut ini adalah tanda-tanda kucing mau melahirkan yang perlu diketahui.

Pada satu atau dua minggu sebelum melahirkan, kucing akan mulai mencari tempat sepi dan terpencil untuk dijadikan sebagai tempat ia melahirkan nanti.

Kalau akan melahirkan di rumah, kemungkinan induk kucing akan mondar-mandir ke lemari pakaian, kolong tempat tidur, atau kolong lemari.

Jika kamu bertanya mengapa kucing mencari tempat sepi dan terpencil ketika ingin melahirkan, rupanya ini dilakukan untuk menghindari predator, hewan lain, atau manusia asing yang bisa mengganggu bayi-bayinya.

Setelah dilahirkan, bayi-bayi kucing belum bisa melakukan banyak hal, apalagi melindungi dirinya sendiri.

Oleh karena itu, induk kucing harus menjauhkan bayi-bayinya dari jangkauan predator.

Selera makannya berkurang


 

Biasanya selera makan kucing akan berkurang ketika sudah dekat masa melahirkan. Hal ini bisa disebabkan karena kucing sudah mulai lelah dan sulit bergerak.

Namun, selera makan induk kucing yang berkurang ini bisa juga disebabkan oleh hal lain sehingga perlu ditanyakan pada dokter hewan.

Dibandingkan dengan manusia, waktu tidur kucing memang lebih lama. Umumnya, kucing bisa tidur selama 16 hingga 18 jam per hari.

Tapi, apabila kucingmu yang sedang hamil besar tidur lebih lama dari biasanya, bisa jadi dia sudah mulai mendekati masa melahirkan.

Mengeong terus-menerus

Biasanya kucing akan terus-menerus mengeong beberapa jam sebelum melahirkan.

Kalau sudah begini, siapkan kardus atau kotak yang dialaskan kain dan tempatkan di ruangan yang sepi.

Hal ini biasanya terjadi di detik-detik kucing akan melahirkan. Ketika induk kucing mengeluarkan air seperti pipis, pastikan segera siapkan tempatnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/29/202800676/ketahui-tanda-tanda-kucing-mau-melahirkan-jangan-sampai-diabaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke