Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Trik Desain Rumah agar Sejuk Saat Cuaca Panas

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda tidak memiliki AC di rumah atau rumah terasa panas saat siang hari, ada beberapa perubahan visual kecil yang dapat dilakukan. Dengan demikian, rumah akan terasa lebih sejuk saat cuaca panas.

Dilansir Apartment Therapy, Selasa (22/11/2022), hal-hal kecil seperti tidak menggunakan bahan kulit yang berbulu halus dan menambahkan warna dasar biru dapat membuat rumah terasa lebih segar dan sejuk tanpa harus menyalakan AC.

Berikut beberapa trik desain rumah agar lebih sejuk saat cuaca panas.

1. Minimalis

Desain rumah minimalis sangat cocok untuk cuaca panas. Interior yang lapang dengan dinding putih bisa terasa menciptakan kenyamanan dan kesejukan saat cuaca panas.

Kurangi kekacauan visual di sebuah ruangan dengan menyimpan barang-barang yang tidak perlu di tempat yang tidak terlihat.

2. Pilih warna yang sejuk

Mainkan aksen rumah dalam warna-warna sejuk, seperti hijau dan ungu berbasis biru dan biru. Warna-warna ini dianggap membuat ruangan terasa lebih sejuk, dan memandangnya diyakini memiliki efek menenangkan.

3. Kurangi tekstur

Singkirkan semua benda lembut dan tidak jelas yang membuat Anda tetap hangat saat musim hujan. Simpan karpet ekstra, selimut, dan kulit imitasi.

Meskipun Anda tidak menyentuhnya, efek visual dari permukaan mewah ini adalah untuk menghangatkan ruangan.

4. Pikirkan ulang pencahayaan di rumah

Mengganti bohlam dapat mengubah perasaan sebuah ruangan. Saat memilih bohlam, lihat tidak hanya kecerahannya, tetapi juga suhu warna cahayanya.

Bohlam yang diberi label "cool white" akan memancarkan cahaya lebih biru daripada yang bertanda "warm white".

5. Permukaan yang sejuk

Jika Anda pernah berjalan tanpa alas kaki di atas lantai marmer, Anda pasti tahu bahwa beberapa permukaan “lebih dingin” daripada yang lain. Bahan-bahan ini, seperti batu dan logam, merupakan penghantar panas yang baik.

Jadi saat Anda menyentuhnya, Anda mentransfer kehangatan ke dalamnya, membuat Anda merasa lebih sejuk. Meskipun Anda mungkin tidak dapat memasang meja marmer saat ini, Anda dapat menonjolkan permukaan dingin di rumah.

Singkirkan karpet dari lantai ubin, atau gunakan bahan-bahan yang paling menyegarkan dan sejuk, khususnya di dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/22/203446476/5-trik-desain-rumah-agar-sejuk-saat-cuaca-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke