Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inspirasi Warna Cat Untuk Berbagai Ruangan di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dapat bekerja dengan sangat baik untuk mengubah perasaan lapang di sebuah ruangan, jadi sangat penting untuk memahami mana yang paling cocok untuk proyek Anda.

Dilansir Living etc, Selasa (22/11/2022) Sue Wadden, direktur warna di Sherwin-Williams, mengatakan, untuk ruangan kecil, ada beberapa prinsip desain dasar yang biasanya diterapkan. Salah satunya adalah semakin kecil ruangnya, semakin terang warnanya.

Sebab, cahaya alami memantulkan warna-warna terang, sehingga dalam ruangan kecil, memiliki warna cat yang terang akan menciptakan kesan kelapangan visual.

Jika Anda ingin membuat ruangan kecil tampak lebih luas, maka cahaya netral adalah cara yang bagus untuk digunakan, namun, pendekatan alternatif adalah bersandar pada ukurannya untuk menciptakan ruang yang nyaman.

Namun, cahaya netral bukan satu-satunya pilihan untuk ruang kecil. Rangkul ruangan kecil dan ciptakan interior intim yang nyaman dengan warna yang lebih gelap seperti coklat tanah, merah ceri tua, atau.

Berikut panduan memilih warna cat dinding sesuai dengan ruangan di rumah. 

1. Warna cat untuk dapur

Setelah Anda mempertimbangkan cahaya yang diterima ruangan Anda dan ukurannya, ada juga palet tertentu yang bekerja dengan indah di ruangan tertentu karena cara seseorang hidup di dalamnya.

Dapur seringkali menjadi pusat rumah, dan selain menjadi tempat yang ingin kita rasakan energinya, rasa membumi adalah kuncinya.

Wadden mengatakan, pihaknya melihat ide warna dapur yang lebih dalam seperti biru tua dan hijau tua menjadi semakin populer, serta warna netral yang terinspirasi dari alam.


Ini karena mereka memberikan keseimbangan yang diperlukan di ruang yang merupakan tempat berkumpul yang hidup, dan tempat istirahat bagi mereka yang suka memasak dan bersantai di sudut dapur mereka.

2. Warna cat ruang tamu

Ini adalah tempat Anda pergi setelah hari yang panjang untuk melepas lelah dan bersantai, jadi skema warna ruang tamu harus selalu mendukung rasa ketenangan apa pun yang Anda rasakan.

Hijau adalah warna santai universal dan pilihan yang bagus, karena ini mengingatkan pada alam dan semua kualitasnya yang indah dan menenangkan. Ini juga rona yang sempurna untuk mendorong Anda keluar dari zona nyaman netral.

Warna hijau selalu menjadi pilihan bagus untuk ruang tamu, karena warnanya antara netral dan warna yang lebih cerah, kata desainer interior yang berbasis di New York, Nicole Cohen.

Semakin besar ruangan, semakin santai warna catnya. Karena orang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di ruang keluarga, warna redup seperti sage green menciptakan suasana yang menenangkan.

3. Warna untuk lorong rumah

Koridor, dan lorong adalah ruang sementara, itu adalah tempat yang dilewati dan membantu menghubungkan ruangan lain yang lebih sering ditempati. Akibatnya, Anda mungkin ingin memilih warna cat yang memberikan istirahat dan pengaturan ulang visual.

Ruang-ruang ini juga cenderung kekurangan sumber cahaya alami, tetapi ide cat lorong dapat membantu mengatasi hal ini.

Area masuk ini kosong dari cahaya alami, yang sering terjadi karena lorong adalah ruang interstisial. Ini cenderung dapat ditutupi dengan menggunakan nuansa putih, karena putih memantulkan cahaya dan membantu mencerahkan dan memperbesar ruang.

4. Warna untuk ruang makan 

Apakah Anda memiliki ruang makan formal atau ruang makan terbuka, Anda pasti ingin menciptakan ruang yang terasa mengundang, nyaman, dan siap untuk menghibur.


Ini juga patut dipertimbangkan saat Anda menggunakan ruang, jika Anda memiliki banyak pesta makan malam, sebagian besar ruangan akan terlihat dalam cahaya buatan.

Karena ruang makan terutama digunakan pada malam hari dan seringkali untuk makan yang lebih formal, suasana adalah segalanya.

Untuk alasan ini, penting untuk memikirkan tentang bagaimana ide warna ruang makan akan merespons pencahayaan buatan, di sinilah warna yang lebih hangat muncul.

Dari warna merah bata yang kaya hingga warna pink dan terakota yang lebih lembut dan lebih lembut, masing-masing akan bersinar secara positif dengan lampu meja dan cahaya lilin yang penuh empati, jelas Patrick O'Donnell, konsultan warna untuk Farrow & Ball. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan warna langit-langit Anda, di ruangan tempat Anda ingin menciptakan pengalaman yang tenang, ini sangat penting.

Untuk langit-langit, hindari warna putih yang terlalu bersih dan pilih sesuatu yang lebih lembut. Hal ini membuat transisi menjadi lebih lembut, meminimalkan garis horizontal yang tajam di mana dinding bertemu dengan langit-langit.

5. Warna untuk kamar tidur

Kamar tidur harus selalu terasa seperti tempat perlindungan dan, selain tekstur tekstil dan furnitur yang nyaman, skema warna kamar tidur yang tenang adalah yang Anda butuhkan untuk mengatur suasana.

Pikirkan tentang warna apa yang membuat Anda tertarik secara emosional, karena ini akan menciptakan lingkungan yang mendukung yang membuat Anda ingin mundur.

Kamar tidur adalah ruang pribadi sehingga merupakan ruangan yang sempurna untuk mengikuti kata hati Anda dan memilih warna yang membuat Anda bahagia dan rileks. Palet warna hijau dan biru yang diredam alami dapat menciptakan skema yang nyaman dan menenangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/22/142500976/inspirasi-warna-cat-untuk-berbagai-ruangan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke