Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Membuat Kucing Pemalu Merasa Lebih Nyaman dengan Pemiliknya

Masalahnya adalah kucing yang pemalu akan melihat usahamu dengan rasa khawatir, bahkan ketakutan.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips atau cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu kucing pemalu mulai percaya dan merasa tidak terlalu cemas.

Dilansir dari Modern Cat, Sabtu (19/11/2022), berikut ini adalah tujuh cara membuat kucing pemalu merasa lebih nyaman dengan pemiliknya dan lingkungan barunya.

Kucing yang pemalu membutuhkan ruang terbatas agar dia bisa mendapatkan sikapnya.

Pikirkan tentang pencahayaan dan suara juga. Kurangi lampu agar dia tidak merasa terlalu terbuka dan pastikan tidak ada musik atau pembicaraan yang keras.

Kemampuan untuk bersembunyi adalah mekanisme koping (hal yang dilakukan oleh individu untuk menguasai situasi yang dinilai sebagai suatu tantangan, luka, kehilangan, atau ancaman) yang berharga bagi kucing pemalu.

Jangan melihatnya sebagai hal negatif yang ingin disembunyikan kucing. Saat kucing pemalu bersembunyi, dia menjadi tenang dan dapat mulai mengevaluasi lingkungannya.


Untuk mendorong kucing pemalu mulai menyelidiki lebih banyak wilayahnya, berikan opsi persembunyian di seluruh lingkungan.

Tempat persembunyian dapat dibuat dengan menyediakan terowongan, tempat tidur kucing bergaya gua, kotak terbuka atau kantong kertas yang diletakkan miring atau ide kreatif lain yang kamu buat.

Jika menggunakan kantong kertas, pastikan untuk melepas semua pegangannya dan jangan pernah menggunakan kantong plastik.

Bagi kucing, aroma adalah alat komunikasi yang berharga. Bantu kucingmu yang pemalu mengenal aromamu sambil tetap berada di zona nyamannya.

Letakkan beberapa kaos atau handuk di lantai dekat tempat persembunyiannya yang mengandung aromamu.

Dengan cara ini, dia dapat menyelidiki dan tidak perlu khawatir terlalu dekat dengan kamu.

Gunakan makanan untuk membangun kepercayaan

Saat kamu memberi makan kucing pemalu, letakkan mangkuk di tempat yang paling nyaman baginya, kemudian tinggalkan ruangan terlebih dahulu.

Gunakan jadwal makan agar kucing mulai mengasosiasikan kehadiranmu dengan pengiriman makanan.

Selain itu, sedikit suapan juga tidak ada salahnya. Jadi, bawalah beberapa camilan untuk dilempar dengan lembut saat kamu melewati kucing atau memasuki ruangan.

Gunakan permainan interaktif

Bermain adalah alat pembangun kepercayaan yang ampuh bagi kucing pemalu jika dilakukan dengan cara yang benar.


Gunakan mainan jenis alat pancing agar ada jarak antara kamu dan kucing. Ini akan membuatnya merasa aman di zona nyamannya.

Saat kamu memindahkan mainan, jangan mendekati kucing karena hal itu akan membuatnya bersikap defensif.

Gerakkan mainan dengan hati-hati melintasi atau menjauh dari bidang visualnya untuk memicu motivasi bermainnya. Lakukan gerakan yang mudah dan lembut untuk kucing pemalu.

Ini bukan waktunya untuk memintanya melakukan backflip dan berlari mengelilingi ruangan. Dia mungkin hanya merasa nyaman dengan mengulurkan kakinya sambil tetap bersembunyi.

Gunakan suaramu

Meskipun kamu sukses dengan anak anjing saat menggunakan suara bernada tinggi dan bersemangat, itu tidak akan diterima dengan baik oleh kucing pemalu.

Bicaralah dengan nada lembut dan tenang untuk membantu kucingmu yang pemalu terbiasa dengan kehadiranmu.

Kucing bereaksi jauh lebih baik terhadap suara yang menenangkan dan menyejukkan daripada suara memekik dan bersemangat.

Jika ada anak-anak di rumahmu, bantu mereka memahami konsep ini juga saat pertama kali bertemu kucing baru.

Biarkan kucing mengatur langkahnya

Jika kamu ingin kucing barumu yang pemalu merasa nyaman, penting untuk membiarkan dia mengontrol bagaimana dan kapan dia ingin berinteraksi dan lebih dekat denganmu.

Jangan pernah menariknya keluar dari tempat persembunyian atau mempercepat proses membangun kepercayaan.

Bahkan jika dia keluar dari persembunyiannya, jangan menggendongnya untuk memeluknya.

Kucing yang pemalu perlu tahu bahwa dia memiliki kendali untuk memutuskan seberapa dekat yang dia inginkan dan bahwa dia dapat mundur kapan saja.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/19/181000776/7-cara-membuat-kucing-pemalu-merasa-lebih-nyaman-dengan-pemiliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke