Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci dan Mengeringkan Seprai agar Tidak Lecek

Ketika seprai menjadi begitu lecek, kamu perlu menyetrikanya lebih lama untuk membuatnya halus kembali.

Tapi tenang, kamu bisa membuat seprai milikmu bebas lecek saat dicuci dan dikeringkan dengan menerapkan beberapa cara yang perlu dilakukan.

Dilansir dari Bedroom Style Reviews, Senin (31/10/2022), berikut ini adalah cara mencuci dan mengeringkan seprai agar tidak lecek.

Tanggalkan seprai dari tempat tidur dengan pelan-pelan. Hindari membungkus seprai dan sarung bantal menjadi satu gumpalan besar karena itu meningkatkan kusut yang merupakan awal dari kerutan sehingga menjadi lecek.

Sebagai gantinya, pisahkan sarung bantal dan guling, seprai, selimut, dan sebagainya.

Sekarang saatnya untuk mulai mencuci seprai dengan cara yang perlu dilakukan agar dapat mencegah kerutan.

Pertama, periksa label untuk memastikan bahwa kamu mencuci seprai pada suhu yang tepat dan siklus yang benar. Perhatikan informasi tambahan, seperti menghindari pemutih atau pelembut kain.

Kemudian masukkan seprai ke dalam mesin cuci dengan hati-hati agar tidak lecek. Selalu ide yang baik untuk mencuci seprai secara terpisah dari handuk, pakaian, dan cucian lainnya.

Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak mengisi tabung mesin cuci secara berlebihan karena itu dapat menyebabkan kusut dan kerutan.

Hindari penggunaan detergen maupun pelembut kain yang berlebihan karena dapat menimbulkan busa dan residu berlebih yang menyebabkan kerutan.

Sekarang, jika tidak bertentangan dengan petunjuk pada label perawatan seprai dan mesin cucimu memiliki pengaturan yang sesuai, kamu juga perlu memilih 'steam cycle' atau siklus uap (perhatikan bahwa ini dapat menyebabkan beberapa bahan menyusut).

Atau kamu mungkin ingin mencuci seprai dengan air hangat untuk membantu mengurangi kerutan, tetapi jangan sampai lebih panas dari suhu yang ditentukan pada label perawatan.

Juga, gunakan pengaturan pencucian paling ringan karena siklus yang berat dapat meningkatkan kekusutan dan kerutan.

Pelembut kain juga dapat membantu mengurangi kerutan, tetapi pastikan untuk memeriksa labelnya karena beberapa jenis lembaran satin dan kain lain mungkin tidak kompatibel dengan pelembut kain.

Jika tidak dapat menggunakan pelembut kain, kamu bisa menuangkan satu cangkir cuka putih suling ke dalam mesin cuci untuk membantu mengurangi lecek.

Tapi, pastikan kamu memeriksa instruksi penggunaan mesin cucimu untuk memastikan apakah penggunaan cuka diperboleh atau tidak.

Pengeringan

Jangan biarkan seprai yang sudah kamu cuci berada di dalam tabung basah karena ini akan meningkatkan kemungkinan kusut.


Jadi, segera keluarkan seprai dari mesin cuci dan uraikan. Kocok dan ratakan setiap seprai untuk mengurangi kusut dan membatasi kusut.

Periksa instruksi pada label perawatan sepraimu untuk melihat apakah kamu dapat menggunakan mesin pengering atau tidak. Jika bisa, pastikan pengaturan yang sesuai.

Cari pengaturan bebas kerutan (wrinkle free) atau pemeras permanen (permanent press) pada pengering (dryer) milikmu karena pengaturan tersebut dirancang khusus untuk membatasi kerutan.

Jika tidak, keringkan dengan panas rendah dan keluarkan seprai dari pengering saat sudah 80-90 persen kering lalu letakkan kembali di tempat tidur (ini akan membuat seprai kering tanpa kusut).

Jika mesin pengering tidak diperbolehkan, jemurlah sepraimu dengan hati-hati untuk membiarkannya tergantung bebas sehingga mendorong lipatannya terlepas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/31/205808676/cara-mencuci-dan-mengeringkan-seprai-agar-tidak-lecek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke