Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing Paling Berbahaya di Dunia

Namun, ada beberapa anjing yang dapat menyerang manusia jika tidak disosialisasikan dan dirawat dengan baik. Bahkan, anjing kecil seperti Chihuahua dapat menyerang manusia jika merasa terancam.

Dilansir dari Pet Keen, Senin (31/10/2022), ada beberapa ras anjing yang dikategorikan sebagai ras anjing paling berbahaya.

Namun, perlu dicatat, ras anjing kecil dengan berat di bawah sembilan kilogram (kg) tidak dianggap berbahaya. Terlepas dari seberapa agresif, anjing kecil terlalu minim untuk memberikan kerusakan signifikan. Akan tetapi, tidak semua anjing besar pun dianggap berbahaya.

Temperamen ras anjing bukan yang menentukan apakah mereka berbahaya atau tidak. Sebab, temperamen ditentukan tujuan anjing dibiakkan.

Tak mengejutkan bahwa ras anjing paling berbahaya sebagian besar terdiri atas anjing petarung dan penjaga. Sebab, sifat-sifat seperti agresi dan ketahanan sangat disukai ketika merancang ras anjing ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum ras anjing paling berbahaya di dunia. 

Pit bull dianggap sebgai ras anjing paling berbahaya karena beragam alasan. Mereka bisa menimbulkan ancaman besar bagi orang-orang di sekitarnya lantaran banyak yang dibiakkan untuk sabung anjing.

Jadi, sifat-sifat seperti agresi sangat diturunkan dalam darah ras ini. Bahkan pit bull memiliki gigitan paling mematikan dari semua anjing.

Mereka akan menahan, menggerakkan gigitan dengan ganas, dan menolak umelepasnya. Inilah mengapa sebagian besar serangan pit bull berujung pada cedera yang mengerikan, bahkan kematian

Rottweiler

Rottweiler terkenal akan serangan agresifnya yang ekstrem. Meski begitu, anjing dengan reputasi menakutkan ini sangat tenang dan jinak di sekitar keluarga mereka.

Sifatnya yang ganas hanya muncul ketika ada seseorang yang tidak dikenal berada di sekitarnya atau  pemiliknya. Perilaku ini masuk akal lantaran Rottweiler dibiakkan sebagai anjing penjaga.

Dahulu, Dogo argention dibiakkan untuk berburu hewan besar dan menjaga keluarganya. Jadi, mereka memiliki sifat-sifat seperti agresivitas dan kekuatan tidak terkendali. Untuk itu, sosialisasi lebih awal sangat dianjurkan.

Doberman pinscher

Doberman pinscher memiliki faktor intimidasi sangat kuat. Selain karena tampilannya, Doberman termasuk ras anjing paling berbahaya di dunia.

Namun, Doberman dapat menjadi anjing penjaga yang hebat serta setia pada meiliknya. Sayangnya, kesetiaan Doberman itu visa membuatnya sangat berbahaya bagi orang lain.

Doberman tidak segan menyerang siapa pun yang dianggap sebagai ancaman bagi keluarga manusianya. 

Inilah yang membuatnya sangat teritorial dan agresif terhadap anjing dan orang lain di luar keluarganya. Selain itu, Akita sangat protektif terhadap makanannya. Anjing ini akan bereaksi agresif terhadap siapa pun yang mendekat saat mereka sedang makan.

Namun, sama dengan anjing “ganas” lainnya, Akita dapat menjadi anjing yang sangat baik jika disosialisasikan dengan tepat.

Gull dong

Gull dong adalah salah satu ras anjing paling langka di dunia. Mereka adalah anjing Pakistan dengan sifat pemarah sehingga membuatnya menjadi sahabat bulu yang sangat tidak terduga.

Bahkan, mereka dikenal sering menyerang pemiliknya dan sulit dilatih karena dibiakkan sebagai anjing petarung dan pemburu.

Perro de presa canario pada dasarnya tidak agresif. Terlepas dari ukurannya dan kecerdasannya, mereka adalah anjing yang sangat tenang sehingga membuatnta menjadi anjing penjaga yang sangat baik.

Namun, mereka bisa menjadi berbahaya ketika berada di sekitar orang atau hewan tidak dikenal. Mereka sangat curiga terhadap orang asing dan memiliki dorongan mangsa sangat tinggi.

Dengan kata lain, Perro de presa canario bisa menyerang tanpa peringatan dan menyebabkan kerusakan besar.

Tosa inu

Tosa inu adalah ras anjing langka yang berasal dari Jepang. Mereka memiliki reputasi buruk lantaran dibiakkan sebagai anjing petarung.

Bahkan, ada beberapa kasus Tosa ini pernah menyerang pemiliknya serta termasuk salah satu anjing dengan rahang paling kuat.

Anjing Chow chow terlihat seperti boneka beruang raksasa, tetapi salah satu ras anjing paling berbahaya di dunia.

Anjing ini dapat menyerang pemiliknya hanya karena tidak ingin melakukan apa yang diminta. Mereka pun malas, mudah tersinggung,dan tidak toleran terhadap orang asing.

Cane corso

Anjing terakhir dalam daftar ras anjing paling berbahaya adalah Cane corso. Mereka dibiakkan untuk bertarung serta menangkap singa gunung dan babi hutan.

Meski penampilan dan reputasinya menakutkan, sahabat bulu ini adalah hewan peliharaan keluarga sangat baik bila mendapat perawatan tepat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/31/180500276/10-ras-anjing-paling-berbahaya-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke