Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Cat Eksterior Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Anda mempertimbangkan warna cat eksterior rumah, ingatlah bahwa warna cat terbaik adalah yang menonjolkan fitur paling indah dari rumah.

Sebab, pemilihan warna cat ini juga dapat menyamarkan kekurangan desain, meningkatkan daya tarik tepi jalan, sehingga pemilihan harus dipertimbangkan dengan baik.

Akan tetapi, dilansir The Spruce, Rabu (19/10/2022) selain pemilihan warna cat, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan saat pemilihan cat eksterior rumah, antara lain sebagai berikut. 

1. Daya tahan cat

Ingatlah bahwa warna yang sangat cerah atau sangat gelap akan memudar. Bahkan, warnanya bisa berubah sama sekali seiring bertambahnya usia cat.

Misalnya, abu-abu tua yang dalam dapat berubah menjadi lebih hijau atau biru seiring bertambahnya usia, meskipun catnya adalah merek ternama yang mahal. Semakin intens warnanya, semakin besar kemungkinannya memudar.

Setelah beberapa tahun, warna biru cerah dan merah tua mungkin tampak lebih tenang. Warna gelap juga dapat menimbulkan lebih banyak masalah perawatan.

Warna gelap menyerap panas dan mengalami lebih banyak masalah kelembapan daripada warna yang lebih terang. 

Selain itu, karena cat gelap memudar, mungkin sulit untuk mencocokkan dengan tepat saat Anda melakukan sedikit sentuhan. Ini tidak berarti Anda harus mengesampingkan warna gelap, karena ada juga keuntungannya.


Warna gelap tidak menunjukkan debu dan noda secepat warna terang, dan warna gelap juga memberikan kesan bermartabat atau dramatis pada rumah Anda.

2. Hasil akhir cat

Cat rumah datang dalam beberapa hasil akhir, mulai dari mengkilap hingga datar. Semakin mengkilap permukaannya, semakin besar kemungkinannya untuk menunjukkan ketidaksempurnaan, sapuan kuas, dan tanda sentuhan.

Namun, di sisi lain, permukaan mengkilap lebih mudah dibersihkan, faktor penting jika rumah Anda berada tepat di jalan raya yang sering terpapar debu.

Banyak pemilik rumah memilih untuk menggunakan cat datar untuk permukaan dinding dan cat semi-gloss atau glossy untuk pagar, dan kusen jendela.

3. Penipuan warna

Ketika hendak memilih cat dari toko, terkadang warna yang ditampilkan sangat berbeda ketika dibawa keluar dari toko dan dilihat di bawah sinar matahari alami. Hal ini dikarenakan warna selalu tampak lebih terang pada permukaan besar daripada pada sampel kecil.

Kemungkinannya adalah Anda membutuhkan warna yang lebih gelap daripada yang pertama kali Anda pilih saat membandingkan sampel.

Pelajari sampel warna di luar ruangan, tetapi jangan pernah di bawah sinar matahari langsung, karena sinar matahari yang cerah mendistorsi warna. Selalu uji warna pilihan Anda pada bagian rumah sebelum membeli cat dalam ukuran besar. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/19/102848376/3-hal-yang-harus-dipertimbangkan-saat-memilih-cat-eksterior-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke