Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Bunga Asoka untuk Kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bunga asoka (Ixora javanica) sudah lazim ditemui di Indonesia sebagai tanaman hias. Banyak pemilik rumah memanfaatkan tanaman bunga asoka sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Namun, tidak hanya cantik, bunga asoka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, di Indonesia, terdapat dua jenis tanaman bunga asoka yaitu yang memiliki batang besar dan bisa tumbuh hingga 7 meter. Adapula yang memiliki batang dan ukuran lebih kecil.

Tanaman bunga ini dikenal dengan beberapa nama seperti ganda puspa, anganapriya, asogam, asok, kankelli, kenkalimara, dan lainnya.

Tanaman bunga asoka memiliki sisitem perakaran, yaitu akar tunggang dan akarnya kecoklatan. Tanaman bunga asoka memiliki batang yang berdiri tegak dengan pohon berkayu bulat.

Tanaman bunga asoka memiliki sistem percabangan simbodial. Pangkal batang tanaman ini bisa mencapai diameter 40 cm.

Batang tanaman bunga asoka berwarna gelap terkadang terdapat bercak di batang, cabang, dan ranting. Tanaman ini mempunyai daun yang tidak lengkap karena hanya mempunyai tangkai daun dan helaian daun.

Bentuk daun bunga asoka lonjong dan ukirannya bisa mencapai 25 cm dan lebar 10 cm. Daun asoka adalah daun yang menyirip dengan anak daun yang berpasang pasangan.

Tangkai daunnya berukuran sekitar 1 sampai 2 cm. Bisanya daun asoka berwarna hijau dan coklat pada bagian yang dekat dengan batang.

Helaian daunnya berbentuk jorong, ujung daunnya meruncing, dan pangkal daun yang juga meruncing. Bagian tepi daun asoka mempunyai bentuk yang merata, pertulangan daunnya menyirip seperti sirip ikan dan daging daun berbentuk seperti kertas.

Permukaan daun asoka terasa halus dan mengkilat atau suram, serta warna daunnya hijau muda hingga hijau tua. Daun asoka akan gugur bila suhu lingkungan sekitar terlalu dingin.

Bunga asoka bersifat majemuk dan berkelamin dua serta bergerombol. Kelopak bunga berbentuk seperti corong, benang sari berjumlah empat dan kepala sari menempel pada bagian mahkota bunga.

Bunga asoka memiliki warna yang beragam, mulai dari merah muda, merah terang sampai jingga.

Tanaman bunga asoka bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai gangguan kesehatan. Berikut beberapa manfaat bunga asoka untuk kesehatan.

1. Mengobati disentri

Kandungan zat hematoksilin pada bunga asoka sangat bermanfaat dalam mengobati disentri. Caranya sangat mudah, cukup dengan menyeduh 2 genggam bunga asoka yang telah ditumbuk halus dengan setengah gelas air.

Setelah disaring, minum airnya dua kali sehari sampai sembuh.

2. Melancarkan haid

Bunga asoka dapat berfungsi sebagai astringent yang membantu meredakan stres sekaligus menenangkan otot rahim. Hasilnya otot rahim dapat lebih rileks dan siklus haid kembali lancar.

Cara membuat ramuan bunga asoka untuk melancarkan haid adalah pertama, siapkan segenggam bunga asoka. Ambil daging lidah buaya yang sudah dikupas kira-kira sepanjang 10 cm.


Rebus kedua bahan itu sampai mendidih atau bisa juga diseduh dengan dua gelas air. Konsumsi dua kali sehari dengan takaran sajian setengah atau satu gelas.

3. Mengobati kram pada kaki dan betis

Untuk mengobati kram, Anda dapat meminum air rebusan bunga asoka dengan daun sembung atau mawar. Cukup diminum sebanyak sehari satu hingga dua kali.

4. Mengobati luka memar

Bunga asoka juga diyakini dapat mengobati luka memar. Caranya adalah dengan merebus bunga asoka, bunga mawar kering, dan umbi daun dewa.

Minum air rebusannya secara teratur.

5. Mengatasi hipertensi

Air rebusan bunga asoka dapat juga digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya adalah merebus 1 genggam bunga asoka dengan 2 gelas atau 400 cc air.

Cukup minum setengah gelas dalam sekali konsumsi.

6. Mencegah peradangan atau pembengkakan

Tanaman bunga asoka juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan pembengkakan. Tentunya sifat ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya radang atau bengkak.

7. Mengatasi wasir atau ambeien

Ambeien merupakan penyakit yang bisa bertambah parah apabila tidak diobati dengan segera. Untuk membuat ramuan herbal demi mengatasi ambeien atau wasir, Anda dapat menggunakan 2 genggam bunga asoka yang ditumbuk sampai halus.

Kemudian, tambahkan setengah gelas air. Gunakan air perasan ekstrak bunga asoka sebagai ramuan alami dengan meminumnya saat pagi dan malam hari.


8. Mencegah anemia

Zat besi yang terkandung pada tanaman bunga asoka dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga sangat baik untuk mencegah tubuh kekurangan pasokan sel darah merah dan hemoglobin.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/13/223400276/tak-hanya-cantik-ini-manfaat-bunga-asoka-untuk-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke