Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Keuntungan Membersihkan Dinding, Tingkatkan Kualitas Udara Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi beberapa orang, membersihkan rumah mungkin hanya seputar menyapu dan mengepel lantai, serta mengelap debu dari permukaan meja, kaca, dan perangkat keras dapur.

Sementara untuk dinding, umumnya mereka sering terlewatkan selama pembersihan rumah. Padahal, mereka sama seperti permukaan lainnya di rumah yang mudah berdebu dan terkena kotoran.

Bahkan, seperti dilansir Rescue My Time Cleaning Service, Sabtu (8/10/2022), membiarkan dinding jarang dibersihkan cukup berbahaya. Mengapa demikian?

Debu adalah salah satu jenis kotoran yang bertebaran di mana-mana. Dengan kata lain, mereka juga bisa menempel di dinding.

Debu bisa menumpuk dengan cepat, terutama pada dinding atau wallpaper bertekstur. Jika dibiarkan, tumpukan debu dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan.

Lebih lanjut, menghirup partikel debu dapat menyebabkan masalah pernapasan, dan menyentuh debu dapat memicu alergi.

Cara terbaik untuk membersihkan dinding secara mendalam adalah menggunakan penyedot debu berujung sikat berbulu lembut.

Sementara untuk pembersihan di area-area tertentu, kamu cukup mengusap dinding dengan kain lap lembap saja.

Keuntungan membersihkan dinding

Salah satu keuntungan yang sudah diketahui oleh umum dari rutin membersihkan dinding adalah membasmi tumpukan debu. Namun, ada beragam keuntungan lainnya dari membersihkan dinding, yakni sebagai berikut. 


  • Mencegah keausan

Membersihkan dinding dapat membantu mereka bertahan lebih lama. Dengan menghilangkan noda, debu, dan kotoran lainnya, kamu membantu melindungi dinding dari keausan.

  • Membuat rumah terlihat bagus

Dinding yang bersih tentunya dapat membuat hunian terlihat lebih bagus, rapi, dan tertata. Sebab, kebersihan adalah cerminan dari rumah yang dipelihara dengan baik.

Selain itu, menjaga dinding tetap bersih dan bebas debu juga meningkatkan tampilan cat lantaran warnanya terlihat lebih segar, sehingga hunian terasa cerah dan mengundang.

  • Meningkatkan kualitas udara di dalam rumah

Debu dan kotoran lain yang menumpuk di dinding dapat berkontribusi dalam kualitas udara dalam ruangan yang buruk. Menjaganya tetap bersih membantu meningkatkan kesehatan penghuni rumah.

  • Memudahkan proses renovasi

Mengecat ulang dinding atau menempelkan wallpaper adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mengubah tampilan dan nuansa sebuah ruangan.

Namun, dua proses renovasi ini membutuhkan permukaan dinding yang bersih. Jika kamu menjaga dinding selalu bersih, kamu dapat mempercepat proses pengecatan atau pemasangan wallpaper.

  • Mencegah jamur dan lumut

Jamur dan lumut dapat tumbuh di dinding jika kebersihannya tidak dijaga, terutama di ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi seperti kamar mandi.

Dengan membersihkan permukaan dinding secara teratur, kamu dapat mencegah pertumbuhan jamur dan lumut.

Hal ini sangatlah penting. Sebab, paparan jamur dalam waktu lama dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/08/191000776/5-keuntungan-membersihkan-dinding-tingkatkan-kualitas-udara-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke