Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Ini Saat Mengelompokkan Tanaman Hias di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan beberapa tanaman hias di dalam ruangan menjadi hal yang sering dilakukan banyak orang. Selain memberikan nuansa yang lebih teduh, tanaman hias bisa menyegarkan sudut-sudut yang gelap di dalam ruangan. 

Saat meletakkan tanaman hias, banyak orang dengan sengaja mengelompokkan tanaman hias mereka.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan merawatnya dan juga sangat bermanfaat karena sejumlah alasan.

Dilansir The Spruce, Sabtu (24/9/2022), secara estetika, menyenangkan untuk mengelompokkan tanaman bersama-sama dan dapat langsung menambahkan sesuatu yang istimewa ke ruang Anda. Ini juga cara yang bagus untuk mengurangi waktu penyiraman. 

Jilana Thomas, spesialis tanaman di Grounded memaparkan tentang pengelompokan tanaman hias seperti berikut ini.

Mengapa tanaman hias harus dikelompokkan?

Thomas menjelaskan, udara dalam ruangan terkenal kering, terutama di bawah penggunaan AC dan sumber panas.

Tanaman tropis lebih menyukai tingkat kelembapan yang mencerminkan iklim alami mereka, yang membutuhkan perawatan rutin.

Mengelompokkan tanaman hias yang menyukai kelembapan bersama-sama dapat memaksimalkan kadar air di lingkungan terdekat, membuat mereka lebih bahagia dan lebih sehat.

Dengan mengelompokkan tanaman, Anda tidak perlu mengeluarkan pelembap atau menyemprotkannya sesering yang Anda lakukan jika tersebar di sekitar rumah. Sebaliknya, mereka menciptakan iklim mikro kecil di mana tingkat kelembapan akan lebih tinggi daripada di bagian lain rumah.

Alasan bagus lainnya untuk mengelompokkan tanaman hias adalah karena perawatannya lebih mudah. Jika Anda memiliki banyak tanaman yang memiliki jadwal penyiraman yang sama dan memiliki kebutuhan cahaya yang sama, kelompokkan dalam satu area. 

Cara mengelompokkan tanaman hias di rumah

Tempatkan tanaman hias di dekat satu sama lain dan Anda akan melihat bahwa itu tidak hanya menyederhanakan perawatan tanaman, tetapi juga terlihat bagus.

Buat cluster sesuai kebutuhan perawatan, ukuran, atau bentuk, kata Thomas. Penataan tanaman adalah cara yang sangat unik untuk memamerkan tanaman hijau favorit Anda, jadi temukan pot yang keren dan berkreasilah.

Selama tanaman memiliki kebutuhan yang sama, mereka bisa berkembang bersama.

Anda juga dapat melapisi tanaman Anda dengan menempatkan tanaman tertinggi di belakang dan yang lebih kecil di depan. Ini menciptakan sudut yang subur di rumah Anda atau di rak.

Thomas menambahkan, saat mengelompokkan tanaman, pastikan untuk tidak memadatinya. Tanpa aliran udara yang cukup, kelembapan akan menyebabkan penyakit dan hama. 

Adapun jika Anda memiliki tanaman yang berdekatan satu sama lain dan Anda menemukan  hama atau agas, mereka dapat dengan mudah menyebar dan menginfeksi seluruh koleksi Anda. Alih-alih menempatkannya sangat berdekatan, biarkan beberapa sentimeter di antara setiap pot.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/24/183353176/perhatikan-ini-saat-mengelompokkan-tanaman-hias-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke